12 September 2008

sejarah ROAKERTAMA


Group Perkusiku ROAKERTAMA sebenarnya memeiliki sejarah singkat yang patut di simak. Group ini sebenarnya terbentuk saaat diadakannya lomba perkusi antar kelas se- SMA N 1 Biak Kota. ROAKERTAMA sebenarnya adalah nama kedua dari group perkusi kami kami....

awalnya sich KOPASTAMA
Kopastama sebenarnya terbentuk secara iseng-isengan. Saat itu sekolahku (SMA N 1 Biak Kota tercinta) mengadakan sebuah perlombaan antar kelas atau yang biasa disebut class meeting. Salah satu perlombaan adalah lomba perkusi. What is it “perkusi”???? Menurut saya sih (klu gak salah) perkusi adalah kesenian music teratur menggunakan peralatan bekas yang dapat membunyikan suara merdu(cii ye merdu ni ye). Setelah berkonsultasi dengan temen-temen akhirnya kami memberanikan diri untuk mengikuti lomba tersebut. Saya mengajakl teman saya yaitu Kayama, Ishak, Karel, fauzan, Irbian, Ronny, Maryono, Danny untuk bergabung. Kami pun menyusun sebuah lagu (sebenarnya sich gk, Cuma edit2 dikit lagu) yang berjudul “balonku”. Lagu ini merupakan kumpulan lagu-lagu yang kami rubah dikit liricnya. Lumayan panjang durasinya sekitar 5 menit. Mungkin aliran music yang pantas disebut untuk kami (ciii ye) adalah PM (perkusi medley maksudnya). Setelah selesai kami mempersiapkan lagu kami pun membuat suatu nama group kami . Awalnya kami menggunakan nama kelas kami (XI IPA4) karena kebetulan kami adalan utusan kelas yang diutus mengikuti lomba perkusi itu. Namun, setelah menimbang, mengingat kami akhirnya memutuskan untuk memakai nama KOPASTAMA. Yang artinya Komando Pasukan Tahan Malu. Semenjak itu, Kopastama pun Resmi Terbentuk.

Juara 1 dan Juara Tunggal
Akhirnya, hari yang kami tunggu2 pun datang. Hari dimana lomba perkusi antar kelas itu diadakan. Deg deg an ? so pasti. Sebenarnya 5 menit sebelum bertanding (cii ye) nyali teman-teman saya sempat ciut melihat para penonton yang notabene adalah warga SMA N 1 Biak Kota yang jumlahnya sekitar 1000an. Tapi berkat Allah SWT (alhamdulillah) kami pun maju untu tampil membawakan lagu perdana kami (balonku gitu).
Kami pun membawakan lagu itu dengan penuh konsen. Setelah menyanyikannya kami pun berasa lega.
Tiba akhirnya, hari penentuan juara. Deg-deg an ya iya lah, duren aja di belah masa di bedong (kata P.pop she gtu). Tanpa di duga dalam sebuah apel sisiwa nama group kami (KOPASTAMA) di panggil dan dinobatkan sebagai juara tunggal sekaligus jura pertama. Senang so pasti.. kami pun menerima hadiah (walaupun gak sebanding dengan pengorbanan berhari-hari kami latihan)dari Pembina apel. Sekali lagi Alhamdulillah. Dari menjadi pemenang inilah nama kami mulai dikenal.

Bencana Alam, KOPASTAMA di tinggal?
Nama Kopastama semakin di kenal di SMANSA (julukan SMA N 1 Biak gitu). Once upon a time (pada suatu hari maksudnya) sekolah kami ditawarkan untuk mengisi acara dalam Pameran Daerah Kesiapsiagaan Bencana yang diselenggarakan oleh LIPI di daerah kami (biak tercinta gitu). Guru kami pun mengutus KOPASTAMA untuk mengisi acara itu. Kami pun menerima tantangan itu. Kami (sebenarnya saya sih gak) pun menyiapkan sebuah lagu. Setelah berhari-hari akhirnya jadi sebuah lagu medley kedua kami yang berjudul bencana alam.
KOPASTAMA pun tampil gregetan di ats panggung halaman RRI kab Biak (kebetulan pamerannya di selenggarakan di situ). Sayangnya, saya tidak dapat tampil bersama KOPASTAMA. Saat itu saya ditunjuk sebagai penjaga stand dalam pameran itu.
Walaupun sukses mengisi acara itu, Ada hal yang mengganjal di hati kami sesame anggota KOPASTAMA (lo kok..). Sebagian perkumpulan remaja menuding kami menggunakan nama (KOPASTAMA) gank mereka. Padahal menurut kami, kamilah yang membuat nama kopastama dikenal. Sejak saat itu kami memutuskan untuk tidak menggunakan nama KOPASTAMA lagi. Bye KOPASTAMA (hik,hik…)

Ikut 17an, Jadilah ROAKERTAMA
Dalam acara 17an 2008 sekolah kami (SMANSA GTU) mengikuti lomba karnaval antar sekolah sekab. Biak Numfor. Lagi-lagi kami dipanggil oleh sekolah untuk dapat tampil mengikuti arak-arakan barisan SMANSA dalam karnafal tersebut. Tanpa pikir panjang kami pun menerima tawaran tersebut (hitung2 promosi group kami ke masyarakat). Untuk itu Kami pun menyiapkan 2 buah lagu baru medley. Lagu ini kumpulan dari lagu2 pop,nasional, dan daerah.
2 buah lagu baru sudah kami siapkan, tapi nama baru group kami belum ada. Teman saya IShak senpat menawarkan untuk menggunakan naman ‘DRAGONTAMA’secara spontan anggota kami semua tertawa terbahak-bahak. Mereka berkata masa ada Naga (dragon) yang tahan mata. Namun, sesuai rapat kecil-kecilan kami pun memutuskan menggunakan nama ROAKERTAMA yang berarti Rombongan anak-anak kreatif tahan malu.
Dalam karnafal, Roakertama tampil atraktif, saya kebetulan menjadi pemimpin untuk teman-teman saya beryanyi.
Diakui maupun tidak, penampilan kami dapat di beri acungan jempol. Perjuangan ROAKERTAMA pun tidak sia-sia. Hal ini dapat dilihat, dengan dinobatkannya SMA N 1 BIAK KOTA sebagai jura 2 lomba saat itu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....