13 Juli 2014

Kraepelin dan Pauli Test : 15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi (Bagian 3)

Cara, Tips & Trik Mengerjakan Soal Psikotes Beserta Contoh untuk fresh graduates dan Profesional (Bagian 3 - pengantar dan tes kemampuan mengerjakan/menghitung Kraepelin Test dan Pauli Test )

#JOB HUNTING PREPARATION

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul 15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi - Bagian 1 (menggambar orang, rumah dan pohon) dan Bagian 2 - (Wartegg Test) . Melihat antusias dari para pembaca/pengunjung blog, saya pun membuat postingan lanjutan tentang tips dan trik ini. Dengan harapan, dapat bermanfaat dan digunakan bagi anda yang akan menghadapi tes psikologi untuk melamar pekerjaan maupun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti pada postingan saya sebelumnya (bila anda belum pernah membacanya,silahkan klik disini ), tes psikologi terdiri dari beberapa tahap. Salah satu tahap yang yang cukup membuat para peserta tes psikologi harus berpikir lebih keras adalah Kraepelin dan Pauli Test. Jika dalam tahap "Tes Kemampuan Menggambar (orang, pohon dan rumah) dan Wartegg Test" para peserta diharuskan menggambar sebuah obyek. Namun saat memasuki tahap Kraepelin dan Pauli Test, peserta harus dapat menghitung deretan angka dalam waktu tertentu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan saya tentang Kraepelin dan Pauli Test sebagai berikut :
Kraepelin dan Pauli test atau yang sering disebut "hitungan koran" adalah tes kemampuan dasar menghitung cepat. Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka dari 1-9 yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur. Pada saat tes anda harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan di setiap lajur dalam waktu tertentu. Adapun cara mengerjakannya adalah dengan menjumlahkan dua buah bilangan, kemudian hasilnya dituliskan disela-sela kedua bilangan yang dijumlahkan. Jika hasil dari penjumlahan berupa bilangan puluhan atau terdiri dari dua digit angka, maka cukup dengan menuliskan digit terakhir atau angka satuannya saja. Sebagai contoh lihatlah gambar 1 berikut :




Gambar 1 : Teknik Penulisan Hasil Penjumlahan

 

Elemen yang akan diukur dalam hasil tes ini adalah konsistensi, produktivitas kerja, sikap terhadap tekanan, daya tahan kerja, pengendalian emosi, kemampuan daya penyesuaian diri, keuletan kerja, sikap kerja, serta ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Lalu apa perbedaan antara Kraepelin dan Pauli test ?

Secara umum,kraepelin dan pauli test dikerjakan dengan cara dan teknik yang hampir sama. Adapun perbedaannya adalah dari segi penulisan hasil penjumlahan (dari atas-bawah atau daribawah-atas), penandaan pergantian waktu, banyaknya lembar kerja, dan waktu pengerjaan.

Dalam pauli test, penjumlahan angka dilakukan dari atas ke kebawah. Kemudian dalam interval waktu tertentu terdapat instruksi atau aba-aba "garis". Saat itu anda harus menggaris batas terakhir hasil kerjaan anda, kemudian dengan segera mungkin melanjutkan proses penjumlahan. Durasi waktu untuk pauli test biasanya sekitar 60 menit, dengan instruksi "garis" disetiap selang waktu beberapa menit. Lembar kerja dalam pauli test berupa kertas selebar koran yang sudah penuh dengan angka-angka bolak-balik disetiap lembarnya. Jika anda telah selesai menjumlahkan diseluruh lembaran kerja (bolak-balik), anda dapat meminta untuk menambah kertas lembar kerja. Sebagai contoh, lihatlah gambar 2 berikut.





Gambar 2 : Teknik Penulisan Hasil Penjumlahan Pauli Test


Sedikit berbeda dengan pauli test, dalam kraepelin test penjumlahan angka dilakukan dari bawah ke atas. Kemudian dalam interval waktu tertentu terdapat instruksi atau aba-aba "pindah". Saat itu anda harus berpindah dari kolom terakhir hasil kerjaan anda, kemudian dengan segera mungkin melanjutkan proses penjumlahan pada kolom berikutnya (sebelah kanan). Durasi waktu untuk kraepelin test biasanya sekitar 10-15 menit, dengan instruksi "pindah" disetiap selang waktu beberapa menit. Lembar kerja dalam kraepelin test berupa kertas seukuran A4 atau F4 yang sudah penuh dengan angka-angka bolak-balik disetiap lembarnya. Dalam tes ini anda tidak dapat menambah kertas lembar kerja. Sebagai contoh, lihatlah gambar 3 berikut.



Gambar 3 : Teknik Penulisan Hasil Penjumlahan Kraepelin Test

2. Psikotes tahap ketiga : Kraepelin dan Pauli Test
Peralatan : lembaran Kerja Kraepelin dan Pauli test , bolpoint, stop watch
lembaran kerja dapat diunduh disini (download via dropbox)
Tenggat waktu : 1 x 15 menit untuk kraepelin test (setiap menit instruksi "pindah"); 1 x 60 menit untuk pauli test (setiap 2 menit instruksi "garis")

PETUNJUK : Pada nomor-nomor berikut ini terdapat kolom dan deret angka-angka. Jumlahkanlah angka-angka tersebut dari bawah ke atas! Tuliskan hasil penjumlahan di sebelah kanan, di antara 2 angka yang dijumlahkan!

lembaran kerja dapat diunduh disini (download via dropbox)

Tips dan Trik :

1. Persiapkan alat tulis berupa pulpen atau pensil biasa yang terbukti lancar digu-nakan/tidak seret. Kalau perlu, sediakan cadangannya. Jangan memakai pensil mekanik. Tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanik membutuhkan reload/pengisian ulang ketika ujung granitnya habis. Mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Seandainya Anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti Anda kehilangan waktu 5-10 detik. 

 2. Pada soal tes Pauli yang sebenarnya, jumlah angka yang diberikan sangat banyak, yaitu sebesar lembar koran. Sehingga tes Pauli ini sering disebut dengan Tes Koran. Silakan anda berlatih mengerjakan soal psikotes jenis ini untuk memberikan pengalaman pada diri anda sendiri. Sehingga nantinya anda dapat mengerjakan soal yang sesungguhnya dengan kondisi mental dan fisik yang lebih matang. 

 Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil. Grafik yang terbentuk akan lebih baik dibandingkan jika Anda memaksakan diri menjumlah seluruh kolom di awal tes, namun sangat kewalahan di pertengahan, hingga akhir tes. Kendalikan diri untuk menghemat tenaga sampai lajur selesai mengingat lajur angka mencapai 45. Jika tes dilakukan secara komputerisasi, Anda tidak bisa mengetahui berapa lajur yang masih akan dijumlahkan. Maka lebih baik Anda berkonsentrasi dan menyimpan tenaga hingga tes benar-benar selesai. 

 3. Buatlah patokan penjumlahan yang benar-benar sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri untuk menggarap per deret hingga selesai di ujung atas, apalagi di deret 1 (pertama). Anda akan merasa sangat terburuburu dan keletihan dilajur berikutnya. Tapi,usahakan mematok lebih dari 11 perhitungan dan teruslah stabil mencapainya pada seluruh lajur. 

 4. Jangan melakukan kecurangan terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan Anda sendiri karena justru akan menghabiskan waktu sekian detik untuk memutuskan. Anda pasti membuang waktu untuk berpikirjumlah berikutnya. Hasilnya akan membuat grafik penjumlahan Anda tidak alami.

5. Hal mendasar untuk menyelesaikan keseluruhan tes Kraeplien/Pauli dengan baik adalah konsentrasi. Terkadang Anda akan merasa blank pada pertengahan tes. Namun Anda harus kembali fokus pada penjumlahan berikutnya. Lebih baik tidak mengingat hasil penjumlahan sebelumnya. Kalaupun Anda akan mengubahnya, Anda harus cermat mengatur waktu supaya grafik pengerjaan tidak terpengaruh.

6. Kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan perut terisi dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi.

to be continued......
Bagaimana, semakin penasaran mempelajari Tips dan Trik Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi ? :D Tunggu ulasan saya selanjutnya ya. Kita bisa belajar bersama :) Bila ada yang ingin didiskusikan, monggo mengisi kolom komentar.

Semoga bisa membantu anda lolos seleksi tahap psikotes.

Salam hangat,

Argo Satrio Wicaksono


361 komentar:

  1. thaks bang..
    Good bnget..
    Gua jdi apal intinya..
    Thaks banget..

    BalasHapus
  2. terima kasih . . . .

    BalasHapus
  3. Pak kalau untuk mendapatkan soal lengkap berikut jawabannya dan arti dari hasil test tersebut dimana ya? sy dah cape dapat supervisor yang cuma jago bicara tapi otaknya kosong pak. tlg info ya pak ke e-mail delicooljelly@yahoo.com
    tks

    BalasHapus
  4. Gan kalo standar test fisik, itu normalnya test apa aja?

    BalasHapus
  5. terima kasih atas informasi dan ilmunya sangat bermanfaat bsk saya ada tes mudah" saya dapat memberikan yang terbaik dan bisa lolos amin :D

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas komentar dari semua pengunjung.
    Untuk soal lengkap psikotes berikut jawaban dan arti, insyaAlllah jika ada kesempatan akan saya posting di blog ini tahap demi tahap.

    Untuk standar tes fisik :
    1. Lari aerobik (2400 meter selama 12 menit)
    2. Push up (minimal 30 kali per menit)
    3. Pull up (minimal 10 kali per menit)
    4. Sit up (minimal 30 kali per menit)
    5. Lari membentuk angka 8

    BalasHapus
  7. Untuk Felix Efendi, senang bisa berbagi dan membantu. Semoga bisa sukses di psikotesnya. Jangan takut gagal dan teruslah mencoba!!!
    Tetap ikhtiar dan tawakal.

    BalasHapus
  8. Trimaksih pak argo bermamfaat skali
    Tp yg slanjutnya bgaimna pak tentang arit Mtika dan deret sya blum paham.

    BalasHapus
  9. Terimakasih bgt atas infonya bermanfaat bgt buat sya yg bsk mau ikut test.. setidaknya saya jd lebih tau krna sblmnya blm prnh ikut test psikotes.

    BalasHapus
  10. udah berubah mas bro untuk sekarang latihan fisik khususnyalari di ubah jadi 3200m di hitung menitnya tidak ada patokan waktu, untuk nilai sempurna harus 12menit :)

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, mantaaap!
    thanks banget Gan.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, terimakasih Gan, manfaat banget, tambah ilmu deh.

    BalasHapus
  13. thanks infonya ya,,,semoga bermanfaat untuk persiapan interview saya :) selalulah berbagi informasi kepada semua orang.

    BalasHapus
  14. Arigatou Gozaimashita .hehe Makasih kang

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah
    saya besok akan melakukan tes psikotes. dengan adanya blog ini dapat membantu saya . amiin
    Do'a in ya :)

    BalasHapus
  16. Amalan buat bapak krn memberikan ilmunya
    Alhamdulilah..
    Thanks pak..

    BalasHapus
  17. terima kasih banyak ilmunya pak..
    saya baru baca ini jam 7.. nnti jam 9 saya ada tes.. semoga ilmunya bermanfaat,, :)

    BalasHapus
  18. wow, bang satrio, thanks banget nih, ilmu yg bermanfaat ^^
    pas banget besok saya psikotes & interview, ^^
    makasih udh di share, :)

    semoga sehat selalu buat bang satrio, rezekinya insha allah selalu lancar, aamin :)

    BalasHapus
  19. Terimakasih banyak Kakak :) Mudah-mudahan Allah balas dengan banyak keberkahan dan kebaikan yang melimpah tanpa batas buat kakak <3

    BalasHapus
  20. wahh berguna banget ini. Makasih ya mas :)

    BalasHapus
  21. Terima kasih telah berkunjung dan memberikan kritik, saran dan masukannya. Belakangan, penulis lagi disibukkan dengan beberapa kegiatan. Namun jika ada waktu luang lagi, penulis akan sempatkan untuk berbagi lagi, khususnya tentang aritmatika dan deret bilangan atau materi psikotes lainnya.

    Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dan semua doanya. Semoga rangkaian postingan tentang psikotes ini dapat membantu para pengunjung blog semua meraih cita-cita yang diimpikan.

    Salam sukses !!!

    BalasHapus
  22. Amin, terimakasih Adikky, atas doanya <3

    Adik juga harus tetap semangat dalam latihan dan mencoba serta pantang menyerah :)
    Sesungguhnya dibalik hasil yang manis, terdapat usaha yang keras.

    Sukses dik !!!

    BalasHapus
  23. terima kasih kk admin ilmux bermanfaat skalli... sy jd mudah faham dengan penjelasannya kakak... pembahasan selanjutnya lg dong kak... :)

    BalasHapus
  24. Sama persis yg sya jalani. Dan itu benar. Jgn lupa berdoa sebelum melaksanakn sesuatu. Biar berkah

    BalasHapus
  25. saya fresh graduated jadi belum tau. jadi test krapelin dan pauli itu hanya menjumlahkan dua angka. Saya kira kita harus menjumlahkan semua angka dari atas ke bawah ataupun sebaliknya tanpa alat bantu pensil.

    BalasHapus
  26. Mkshh bnyk kk ilmu nyaa...
    Sya mau tanya dunkk...
    Mksud garis itu?kita diperintahh apa yaaa
    Mksh sbmny

    BalasHapus
  27. Apakah setelah di tambahkan seperti contoh di atas perlu di jumlahkan tiap deret?

    BalasHapus
  28. Sangat bermanfaat terima kasih banyak mas satrio

    BalasHapus
  29. Ada yg tau soal psikotes seperti ini ngga?

    A > B > C, maka A > C
    Jawab: Benar (B) Salah (S) tidak pasti (?)

    Mohon info maksud dan cara pengerjaannya?

    Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. A lebih besar dari B, sedangkan B lebih besar dari C
      Jadi A lebih besar dari C
      Jawabnnya benar

      Hapus
  30. terima kasih untuk pembelajarannya. sangat brmanfaat

    BalasHapus
  31. Makasih banyak nih, manfaat banget ilmunya mas :))

    BalasHapus
  32. terimakasih bang! sangat bermanfaat! :)

    BalasHapus
  33. Selamat sore Pak. Trimakasih atas infonya

    Tapi saya mau bertanya. Saya 3x ikut psikotes. Dua tes soalnya sama dan saya sudah review sebelumnya sehingga merasa bisa mengerjakan. Namun hasilnya nihil. Apakah ada pengaruh bila nilai terlalu baik sehingga tidak diterima? Atau ada faktor lainnya? Paulli saya tambah kertas dan juga teliti. Trimakasih

    BalasHapus
  34. sangat membantu, terimakasihh :)

    BalasHapus
  35. terima kasih pak,,bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  36. Ditunggu selanjutnya ������������

    BalasHapus
  37. diantaranya untuk menghadapi psiko test yang paling penting adalah mental dan kesiapan kita untuk menghadapinya, terimakasih untuk ilmunya..

    BalasHapus
  38. Bang THX , infonya Armi Alpha sudah ad blom < soalnya saya belum terlalu paham. terima kasih

    BalasHapus
  39. terima kasih untuk sharingnya. sungguh bermanfaat :)

    BalasHapus
  40. Terimaksih infonya sangat membantu.. saya mau nanyak kalo terlalu banyak menjawab tes koran sampe nambah koran lagi itu normal nggak sih?? tlg share

    BalasHapus
  41. Terimakasih banyak atas postingannya, sangat bermanfaat ...

    BalasHapus
  42. Terima kasih atas postingannya...sangat membantu,

    BalasHapus
  43. Ditunggu postingan selanjutnya kakak :*

    BalasHapus
  44. Lanjutkan Postinganya Bro... Insya Allah Tuhan memberi keberkahan karena ini termasuk amal yang baik

    BalasHapus
  45. thank gan buat artikelnya
    ane mau blajar , soalnya snen ada test
    mnta doanya gan...
    amiiin

    BalasHapus
  46. thanks a lot min....

    BalasHapus
  47. infonya sangat bermanfaat min

    BalasHapus
  48. Oh iya . saya pernah tes ini juga di shop and drive astra otopart dan lulus. Kunci saya hanya menghafal angka karna sangat bermanfaat saat otak kita nge blank. Jangan lupa jaga kondisi fisik

    BalasHapus
  49. manpatbps sekali tips yang diberikan, Terima kasih :D ...

    BalasHapus
  50. Terimakasih.. Artikelnya sangat membantu :))

    BalasHapus
  51. Sangat membantu gan..
    Thanks buat masukan nya..

    BalasHapus
  52. Thanks
    Mantap penjelasannya buat tes pauli

    BalasHapus
  53. terimakasih untuk artikelnya... sangat membantu saya dalam mempersiapkan tes psikologi :D
    salam kenal yaa ^_^

    BalasHapus
  54. Terimakasih, sangat bermanfaat sekali.
    Untuk segi penilaiannya sendiri seperti apa pak?

    BalasHapus
  55. Thanks banget untuk postingannya, mas Argo Satrio Wicaksono... :D
    Sangat bermanfaat... ^_^b

    BalasHapus
  56. thankyou gan sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
  57. Sngat membantu tes psikotes SMA saya bsk, trma ksih bnyak kak 😂

    BalasHapus
  58. terimakasih banyak bang satrio :)

    BalasHapus
  59. Makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  60. Cukup melelahkan kalau ikutan tes hitung koran, diperlukan konsistensi dan terus menerus dan jangan berhenti dari setiap aba-aba garis pertama dan selanjutnya seimbang atau lebih baik

    BalasHapus
  61. thanks gan. keren banget blognya!

    BalasHapus
  62. Trimakasih atas informasinya.. smoga bsok bgni jnisx.. jd sdah ada bayangan..

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Semoga mendapatkan pahala yang terus mengalir :D

    BalasHapus
  65. Good bngt .. makasih bngt buat ilmu nya ..
    Semoga sukses ..

    BalasHapus
  66. Good bngt .. makasih bngt buat ilmu nya ..
    Semoga sukses ..

    BalasHapus
  67. Terimakasih atas infonya, sngat bermanfaat..
    Tapi saya mw tanya, kalau dlm pauli atau krepeli test grafiknya tdk tinggi atau penjumlahan yg dpt dilakukan sedikit tetapi konsisten, apa hasilnya termasuk baik?

    BalasHapus
  68. Permasalahan besar yang pernah saya alami, adalah kelelahan fisik terutama tangan yang menulis itu capeeee mas.. mungkin ada tips buat masalah ini...makasih ya..salam sukses.

    BalasHapus
  69. makasih banyak info nya sungguh membantu,
    untuk tahap selanjutnya mohon di upload juga mas, hehe

    jazakallahu kasiran mas

    BalasHapus
  70. terimakasih tips dan lembar kraepelinnyaa...

    BalasHapus
  71. terima kasih banget tipsnya, sangat berguna...

    BalasHapus
  72. Liar biasa sangat bermanfaat. Tks

    BalasHapus
  73. Trima kasih atas tips nya n ditunggu tips psikotes yg lainya

    BalasHapus
  74. Terimakasih infonya..sangat membantu..^^

    BalasHapus
  75. Terima kasih banyak gan info nya sangat membantu ^^

    BalasHapus
  76. Mksh om info nya...sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  77. Mksh om info nya...sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  78. Dan saya terlambat mempelajari ...hasilnya enol besar di saat tes

    BalasHapus
  79. Makasih infonya... Beberapa waktu yg lalu ikut pauli test ngerjainnya lama ... Eh tinggal nunggu penguman hasilnya nggak ada 5mnit udah jd padahal ada 25 lbih yg ikut test.
    Pertanya q.
    Apa ada kucijawaban yg bisa langsung tau benar salah di penjumblahan ...
    Apa cuma dihitung berapa jumlah garis yg didapat. (Smakin banyak garis tidak lolos)...
    Jd bingung...

    BalasHapus
  80. Mas minta document y mas kirim ke suryazuhri@gmail.com yang Tes defrensial ama Tes deret bawah ke atas .

    BalasHapus
  81. Mas saya mau tanya ni .
    Kalo hasil kreplin grafik nya naik itu gimana iya mas. Terims

    BalasHapus
  82. Makasih banyak semoga ilmunya bermanfaat amin

    BalasHapus
  83. Makasih banyak semoga ilmunya bermanfaat amin

    BalasHapus
  84. Mas saya mau tanya kalau misalakan tesnya hanya hasilnya 2 angka lalu ditulis 1 angka itu ada pengaruhnya ga ?

    BalasHapus
  85. Mas diantara soal soal physicotes yg menentukan lulus soal apa saja ya?

    BalasHapus
  86. terimakasih mas sangat membantu ,semoga diberikan pahala kebaikan yg setimpal dari Allah :) ditunggu pos selanjutnya :)

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. Terima kasih, akan aku coba semoga lolos: )

    BalasHapus
  89. Terima kasih pak argo, sangat membantu...

    BalasHapus
  90. Terima kasih pak argo, sangat membantu...

    BalasHapus
  91. Terimakasih.. sy nantikan tehnik pelajari psikotest yg lainnya.

    BalasHapus
  92. Thankyou mas ilmunya.. ditunggu mas kelanjutannya..

    BalasHapus
  93. Artikel yg sangat membantu sekali.
    Kita tunggu artikel aritmatika,deret dan gambar2 nya..
    Agak puyeng kalo soal gambar2 nya.

    BalasHapus
  94. Artikel yg sangat membantu sekali.
    Kita tunggu artikel aritmatika,deret dan gambar2 nya..
    Agak puyeng kalo soal gambar2 nya.

    BalasHapus
  95. Terimakasih atas berbagi ilmunya, semoga Alloh membalas serta meridhoi hajat dan mengabulkan apa yg menjadi hajat yang dicita citakan....

    BalasHapus
  96. Terimakasih sangat ilmu nya...
    Semoga selalu dalam lindungan allah swt....

    Kalo boleh minta tlg, mohon selengkapnya semua bahan test +jawabannya dapat dikirim ke email saya irman165@ymail.com

    Terimaksih atas bantuannya...

    BalasHapus
  97. terima kasih banyak gan

    BalasHapus
  98. Asli keren, masih ada orang pintar yang suka berbagi kepintarannya. Salut banget ����

    BalasHapus
  99. saya pernah mengukuti test ini , dan saya juga pernah mengalaminya saya memaksakan diri untuk menyelesaikan soal satu baris sampe bawah pada saat dewan juri bilang pindah saya blum pindah all hasilnya saya tidak lulus ternyata hasil nya berbentuk kurva .ohhhh baru tau saya

    BalasHapus
  100. terimakasih sekali, inshaaAllah sangat membantu.

    BalasHapus
  101. Maaf pak, sebaiknya posting mengenai lolos psikotes ini dihapuskan segera karena menyalahi kode etik dalam tes psikologi. Jika diteruskan, alat-alat yang bapak tuliskan akan menjadi tidak valid lagi sehingga merugikan perusahaan yang benar-benar mencari karyawan. Terima kasih.

    BalasHapus
  102. makasih ka sudah berbagi ilmu, sangat membantu banget.... ini blog yang kedua? ditunggu ka yang selanjutya

    BalasHapus
  103. Nice . sangat membantu , Thanks

    BalasHapus
  104. Terima kasih, dengan membaca postingan ini, bermanfaat buat saya. Di tunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
  105. Terima kasih, dengan membaca postingan ini, bermanfaat buat saya. Di tunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
  106. SEHARUSNYA DIJELASKAN LAGI SECARA RINCI, DAN MENGAPA HASIL PENJUMBLAHANNYA JIKA PULUHAN HANYA SATUANNYA YANG DITULIS .APA HASILNYA AKAN SAMA?

    BalasHapus
  107. Mantap, makasih tipsnya jadi lebih tau tentang trik biar bisa lolos tes Pauli :D

    BalasHapus
  108. Sangat Bermanfaat Artikelnya..

    Terimakasih Tipsnya untuk tes Pauli.. :)

    BalasHapus
  109. Terimakasih admin.. sangat membantu sekali informasinya 😃

    BalasHapus
  110. Terimakasih admin.. sangat membantu sekali informasinya 😃

    BalasHapus
  111. termakasih. ini sangat membantu :)

    BalasHapus
  112. termakasih. ini sangat membantu :)

    BalasHapus
  113. terima kasih sharenya gan,mantap..lanjutkan...

    BalasHapus
  114. makasih gan (y) semoga selalu bermanfaat :)

    BalasHapus
  115. Mohon maaf sebelum-nya untuk pak Satrio. Terkait postingan Anda mengenai alat tes psikologi, ini sudah menyalahi aturan Kode Etik Psikologi Indonesia yang diatur oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).
    Mengapa demikian, karena segala alat tes psikologi digunakan untuk evaluasi kepribadian seseorang, sehingga jika pak Satrio memberitahukan alat tes psikologi & jawaban-nya makan pak Satrio membuat banyak orang menjadi sama kepribadian-nya & akhir-nya menjadi tidak valid hasil-nya.
    Psikotes diperlukan untuk memprediksi seseorang apakah sesuai atau tidak dengan tempat dimana ia akan bekerja ataupun bersekolah. Saya ambil contoh: seseorang yang ingin menjadi dokter namun secara potensi inteligensi maupun kepribadian tidak mendukung,yang akhir-nya jika dipaksakan akan berdampak terhadal dirinya sendiri maupun lingkungan luar ataupun institusi, apakah ketika di pertengahan semester perkuliahan dia tidak tahan dengan mata kuliahnya ataupun pada saat sudah bekerja menjadi dokter, ia tidak dapat melakukan pekerjaan sebagaimana mesti-nya. Dan psikotes akan membantu memprediksi untuk mencegah ataupun mengurangi hal-hal seperti itu.
    Jadi sangat disayangkan sekali jika pak Satrio menyebarkanluaskan alat tes psikologi ini apalagi dengan jawaban-nya.
    Beramal ilmu akan lebih baik & berkah jika disertai dengan logika berpikir yang sehat serta dilandasi keyakinan akan baik-buruk atas konsekuensi yang diberikan. Tentunya dilandasi oleh keimanan kepada Tuhan YME.
    Saya harap pak Satrio bisa menghargai profesi psikolog & membantu kebaikan khalayak demi kemajuan bangsa.
    Dimulai dari hal ini.
    Terima kasih banyak atas perhatian-nya, saya mohon untuk segera ditindaklanjuti.
    Mohon maaf jika ada kalimat yang kurang berkenan.
    Salam

    BalasHapus
  116. Lah yang nge share kan bukan psikolog jadi gak melanggar kode etik dong, orang mau berbagi pengalaman saja kok dinyinyirin lagian menurut ane ini cuma buat pengenalan test kok..

    BalasHapus
  117. Gan mau Tanya nih untuk soal Pauli Dan kraepelin apakah Ada syarat minimal brp Baris yang harus di lengkapi dalam waktu yang ditentukan

    BalasHapus
  118. sangat bermanfa'at.,,,. di tunggu secepatnya yang berikutnya....

    BalasHapus
  119. thx infonya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  120. Makasih gan infonya.. sangat membantu nih

    BalasHapus
  121. Menurut saya psikotest itu salah datu penyumbang banyaknya pengangguran,karena menilai kepribadian,karakter org lain hanya dengan logika2 dan penalaran yang di ada adakan.mungkin seseorang tdk lulus ujian krna kurang istirahat,dsb,tetapi hasil tes menunjukan org tsb tipe pembangkang?wahai psikolog kalian menghambat rezeki org lain,menghambat jalan nafkah org lain dengan segala penalaran,logika,dan tes tes psikologi yg sangat tdk teraplikasi di dunia kerja dan dunia nyata! kalian hanya sekelompok orang sok tahu.wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri berpendapat psikotest itu adalah ilmu menghakimi orang lain yang akan A maka B. Hmmm.. seharusnya tidak digunakan sebagai satu2nya acuan dlm menerima karyawan di perusahaan..paling menggelitik dengan tes warteg alias warung tegal yang menentukan tingkat ketaatan pada aturan dan kreativitas seseorang. Well.. mungkin memang rizki saya tidak lewat perusahaan yg dulu pernah menolak saya.. hahahaaha

      Hapus
    2. Saya sendiri berpendapat psikotest itu adalah ilmu menghakimi orang lain yang akan A maka B. Hmmm.. seharusnya tidak digunakan sebagai satu2nya acuan dlm menerima karyawan di perusahaan..paling menggelitik dengan tes warteg alias warung tegal yang menentukan tingkat ketaatan pada aturan dan kreativitas seseorang. Well.. mungkin memang rizki saya tidak lewat perusahaan yg dulu pernah menolak saya.. hahahaaha

      Hapus
  122. Update Terus Dan sukses selalu

    BalasHapus
  123. Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

    BalasHapus
  124. Update terus gan dan sukses selalu

    BalasHapus
  125. Selamat sore pak,
    mohon bertanya, cara skoring untuk test kraepelin yang benar seperti apa ya?

    saya masih bingung untuk skoringnya.

    BalasHapus
  126. siang gan?
    mohon bertanya cara hitung test kraepelin manual gmn ya?

    BalasHapus
  127. makasih ya atas info nya...semoga ilmu yang saya dpat jdi manfaat bgi sya dan orang lain

    BalasHapus
  128. Terimakasih gan atas infonya dan sukses selalu

    BalasHapus
  129. terimakasih artikelnya
    semoga bermanfaat untuk murid murid saya kelas XII SMK Negeri 1 Brebes
    sukses selamu buat adminnya

    BalasHapus
  130. Terima kasih.
    Artikel ini sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  131. kak cara download file contoh soal kreplinnya gimana?

    BalasHapus
  132. Terimakasih gan... Semoga psikotes saya besok lancar.. :)

    BalasHapus
  133. Terima Kasih Artikel Yang Sangat Bermanfaat Ini Yah Gan, Ditunggu Artikel Selanjutnya Yah Gan.


    Agen Togel
    Prediksi Togel

    BalasHapus
  134. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  135. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....