04 Maret 2014

15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi (Bagian 1)

Cara, Tips & Trik Mengerjakan Soal Psikotes Beserta Contoh untuk fresh graduates dan Profesional (Bagian 1 - pengantar dan tes kemampuan menggambar orang, pohon dan rumah)

#JOB HUNTING PREPARATION

Setelah sebelumnya saya telah membuat postingan tentang cara membuat surat lamaran kerja dan riwayat hidup (curriculum vitae), kali ini saya akan berbagi kepada anda semua tentang teknik mengerjakan soal psikotes yang disertai dengan contoh agar mudah dipahami. Mengerjakan soal dalam tes psikologi (psikotes) memerlukan teknik tersendiri. Dalam tes ini, umumnya terbagi dalam beberapa tahap dan dibatasi dengan waktu yang terbatas. Proses belajarnya pun bukanlah hal yang instan. Semakin anda sering berlatih, semakin cepat anda menelesaikannya. Namun, jika anda telah mengetahui teknik mengerjakan soal psikotes, anda akan lebih mudah dalam mengerjakannya.

Seberapa pentingkah psikotes ?


Psikotes sendiri merupakan suatu tahapan yang selalu ada dalam proses seleksi untuk karyawan di perusahaan maupun instansi pemerintah. Tidak jarang, beberapa program beasiswa dan proses perguruan tinggi juga biasanya menagadakan psikotes dalam tahapan seleksinya. Dari hasil psikotes inilah dapat menggambarkan kondisi jiwa dan sesuai atau tidaknya kepribadian calon karyawan dengan jenis pekerjaan dan lingkungan kerja di perusahaannya kelak. Hasil psikotes bersifat kulitatif, artinya laporan hasil tesnya berupa data yang memberikan kesimpulan sesuai atau tidaknya kepribadian anda dengan jenis pekerjaan yang anda lamar. Sebagai contoh, standar hasil psikotes akan berbeda jika anda melamar pekerjaan sebagai engineer di sebuah perusahaan tambang bila dibandingkan dengan saat anda melamar sebagai teller disebuah bank. Bisa saja kulifikasi anda cocok dengan pekerjaan sebagai teller, namun tidak sebagai engineer. Begitu pun sebaliknya.

Apa saja yang diujikan dalam psikotes ?
Psikotes terdiri dari beberapa tahap. Secara umum, dalam tes ini anda akan diuji kemapuannya dalam menggambar, menghitung dan berpikir dengan logika. Dengan waktu yang terbatas (3-4 jam), anda harus mengerjakan ratusan soal dalam format pilihan ganda dan isian singkat. Adapun beberapa tahap dalam psikotes adalah :

1. Tes Kemampuan Menggambar (orang, pohon dan rumah)
2. Wartegg Test
3. Tes Kemampuan Berhitung Cepat (Kraeplien/Pauli)
4. Edward Personal Preference Schedule (EPPS) atau PAPI test
5. Tes Army Alpha
6. Tes Ketelitian
7. Tes Kode Ingatan
8. Tes Analog Verbal (analogi/padanan, sinonim dan antonim kata)
9. Tes Logika Penalaran
10. Tes Logika Aritmatika
11. Tes Angka
12. Logika Number
13. Tes Aritmatika
14. Tes Spasial
15. Deret Gambar
16. Pencerminan Gambar
17. Pasangan Gambar

Dengan banyaknya soal yang diberikan pada psikotes, postingan ini juga saya akan bagi dalam beberapa bagian. Kali ini saya akan bagikan tips dan trik mengerjakan soal psikotes beserta contoh dan pembahasan dalam tahap tes kemampuan menggambar orang, pohon dan rumah (Draw A Person, Tree and House-Tree-Person ). Simak ulasan saya berikut ini  :

1. Psikotes tahap pertama : kemampuan menggambar (orang, pohon dan rumah)
Peralatan : 3 lembar kertas HVS polos, pensil HB, stop watch
Tenggat waktu : 3 x 10 menit


a. Menggambar Orang Lengkap (Draw A Person Test)
Petunjuk : Gambarlah orang lengkap. Kemudian dibalik kertas beri keterangan berupa umur, jenis kelamin, pekerjaan, aktivitas yang sedang berlangsung, ciri fisik, kelemahan, kelebihan






Pembahasan : Tes ini dipergunakan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, dan ketahanan kerja dari peserta psikotes yang akan menjadi calon karyawan atau calon mahaiswa. Adapun poin yang dinilai dalam menggambar orang ini adalah : Proporsi anggota tubuh. Semakin proporsional (seimbang perbandingan ukuran satu anggota tubuh dengan anggota tubuh yang lain) maka semakin tinggi skor yang anda peroleh. Kelengkapan anggota tubuh. Semakin lengkap semakin tinggi nilainya. Diantaranya kepala, leher, badan, tangan, kaki, dan seterusnya. Detail gambar. Semakin detail gambar yang anda buat semakin tinggi pula nilai yang anda peroleh.

Tips dan Trik : Saat wawancara dengan psikolog, adakalanya gambar ini dibawa oleh dia dan tanyakan kepada anda. Mengapa anda menggambar orang seperti diatas dan anda akan disuruh mendeskripsikannya secara detil. Untuk itu, gambarlah orang yang benar-benar nyata, bukan tokoh kartun (anime) yang menyerupai orang. Ada baiknya anda menggambar orang yang sudah dikenal dan dekat dengan anda, sehingga anda tidak kesulitan dalam mendeskripsikannya. Biasanya saya menggambarkan dosen saya yang akan berangkat kerja ke kampus. Tentunya saya sudah hafal betul perawakan dan sifat beliau.

b. Menggambar Pohon (Tree Test)
Petunjuk : Gambarlah pohon berkayu atau berkambium. Tidak diperbolehkan menggambar pohon kelapa,pohon pisang, bambu, semak belukar, dan jenis tanaman monokotil. Setelah Anda selesai menggambar, tuliskan mama pohon tersebut di halaman kertas sebaliknya!





Pembahasan :Bagus tidaknya gambar bukanlah kriteria lolos tes karena Tree Test bukanlah tes kemampuan menggambar. Sebagai salah satu alat menggali kepribadian, setiap tarikan garis dan tebal-tipis garis pun akan dievaluasi dengan cermat oleh psikolog. Jadi yang bisa kita persiapkan hanyalah berlatih menggambar semirip mungkin dengan pohon yang dimaksud dan menyelesaikan gambar tepat waktu.

Tips dan Trik : Pada awalnya mengikuti tes psikotes, saya suka menggambar pohon seperti diatas. Kemudian saya beri keterangan bahwa gambar itu adalah pohon jati, pohon yang dikenal sebagai pohon yang kokoh dan kuat. Dengan harapan psikolog akan melihat saya sebagai pribadi yang tangguh hehehe. Namun saat mengikuti tes-tes untuk seleksi kerja, belakangan saya lebih suka menggambar pohon mangga lengkap dengan buahnya. Penampilan pohonnya pun, sangat berbeda dengan gambar pohon jati di atas. Ranting (besar dan kecil) serta daun (sampai urat daun) saya gambar  dengan teliti satu per satu. Dengan begitu mungkin psikolog akan berpikir saya adalah orang yang teliti (menggambar detil dari ujung akar sampai ujung daun) dan orang yang suka dengan hasil kerjanya (dilihat dari gambar buah mangga yang menggantung di batang pohon).

c. Menggambar Rumah-Pohon-Orang (House-Tree-Person)
Petunjuk : Gambarlah sebuah rumah, sebuah pohon dan seorang manusia.



Pembahasan : Garis dan dinding mewakili ego seseorang. Garis dan dinding yang terlalu samar menunjukkan ego yang lemah. Sedangkan bila terlalu tebal menunjukkan kecemasan yang berlebihan. Atap mewakili fantasi. Jika anda terlalu memperhatikan atap, maka artinya anda terlalu memperhatikan fantasi dalam kehidupannya. Pintu dan jendela mewakili keterbukaan untuk berinteraksi dengan orang lain dan berinteraksi dengan lingkungan. Jika anda menggambar gordin atau penutup jendela lain maka diartikan dia kurang terbuka dan kurang suka berinteraksi dengan orang lain. Pintu dan jendela yang terbuka menandakan orang tersebut sangat terbuka dan sangat suka berinteraksi dengan orang lain.


Tips dan Trik : Dalam beberapa versi ada yang memaknai rumah sebagai seorang ayah, pohon adalah ibu, dan orang adalah diri kita sendiri. Semakin besar ukurannya, maka semkin besar pengaruh kepada kehidupan kita. Saya juga sering menambahkan pagar disekeliling rumah. Dengan begitu, psikolog akan berpikir bahwa saya adalah pribadi yang memperhatikan keamanan dan cukup waspada.

Sumber : Pengalaman pribadi

Sekian Tips & Trik Mengerjakan Soal Psikotes Beserta Contoh untuk fresh graduates dan Profesional Bagian 1. Ini baru awal, selanjutnya insyaAllah akan saya bagikan lagi tips dan trik dalam mengahadapi tes psikologi bagian selanjutnya, yaitu tentang wartegg tes, dan bagian-bagian lainnya dalam psikotes. Sebagai gambaran awal tentang wartegg tes, silahkan lihat gambar berikut :




to be continued......


Bagaimana, semakin penasaran mempelajari Tips dan Trik Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi ? :D Tunggu ulasan saya selanjutnya ya. Kita bisa belajar bersama :) Bila ada yang ingin didiskusikan, monggo mengisi kolom komentar.

Semoga bisa membantu anda lolos seleksi tahap psikotes.

Salam hangat,

Argo Satrio Wicaksono


UPDATE : 18 mei 2014
Untuk membaca ulasan saya mengenai tips dan trik dalam mengahadapi tes psikologi bagian selanjutnya, yaitu tentang wartegg tes, dan bagian-bagian lainnya dalam psikotes silahkan klik disini

UPDATE : 13 Juli 2014 Untuk membaca ulasan saya mengenai tips dan trik dalam mengahadapi tes psikologi bagian selanjutnya (Bagian-3), yaitu tentang kraepelin dan pauli test, dan bagian-bagian lainnya dalam psikotes silahkan klik disini

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



227 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 227   Lebih baru›   Terbaru»
n mengatakan...

mas, yang lainnya kapan di share? :)

Unknown mengatakan...

wahhh hebat sekali kaka, terima kasih :)

Mencoba Mengisi Waktu Luang... mengatakan...

Akhir-akhir ini, admin sedang disibukkan dengan persoalan pekerjaan. Jika ada waktu luang, insyaAllah akan segera saya posting tulisan selanjutnya.

Terima kasih telah berkunjung

Tukang Kue mengatakan...

makasihh kak, ini bermanfaat bgt :D

Mencoba Mengisi Waktu Luang... mengatakan...

Senang bisa membantu. Salam SUKSES !!!

Unknown mengatakan...

gak boleh gambar kaya kartun / anime :v padahal setelah baca nianya mau gambar anime aja.. :3

Unknown mengatakan...

sip

Anonim mengatakan...

bagus banget

Anonim mengatakan...

good posting

Anonim mengatakan...

oke

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat mas, terimakasih :)
saya tunggu postingan selanjutnya !!

Soal psikotes mengatakan...

Sip gan.. Informasinya sangat bermanfaat, mari pelajari soal psikotes untuk menembus lowongan kerja bumn.

Rakhmawati mengatakan...

terimakasih infonyaaa

Unknown mengatakan...

Bermanfaat banget ini!! Makasihya jadi bekal buat masuk PTN &Stikes :-)

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum . selamat pagi mas .. saya muhammad tio laksono boleh minta soal tes psikotes untuk masuk ke perguruan negeri.

Unknown mengatakan...

tadi pagi saya ikut psikotes, dan setelah melihat blog ini saya rasa psikotes saya buruk :(
bermanfaat banget,, karena persis sama seperti ini.

Unknown mengatakan...

bermanfaat buat saya yang mau tes senin nanti. maksh yo mimin

Grow & Show mengatakan...

Postingannya sangat berguna pak . Saya menjadi tau dibagian mana saya melakukan kesalahan :) Kiranya di Tes Psikotes yang akan saya hadapi bisa mendapatkan hasil ya baik :) Terus posting ya pak , Tulisan bapak sangat berguna :) Terimakasih pak :)

D_Jung mengatakan...

mksih bgt bang atas sharingnya.. saya baru tamat kuliah dan sedang mencari kerja jadi ini sangat bermanfaat dan juga mudah dipahami penjelasannya..

Unknown mengatakan...

psikotes itu untuk apa ya kak fungsinya?apakah soal soal psikotes akan sama atau berbeda?saya tunggu jawaban kaka terimakasih

ENDANG SETIAWAN mengatakan...

wah terima kasih, sangat bermanfaat banget nih .. Lanjutkan Argo Satrio.
Salam SUKSES.

ahmad syarif mengatakan...

Good post,keep succes
Jadi was2 nieh gan pengen masuk ptn nanti :)

Anonim mengatakan...

Terlambat gua baca link ini...
kalau aja gua baca duluan, test2 yg sebelumnya bakal berhasil !!

tp thnks ya min...

Bimbim mengatakan...

Terimakasih, ini sangat membantu sebagai pengetahuan juga memperbaiki hasil psikotesnya :)

Andi mengatakan...

terimakasih informasinya mas,, sangat membantu,, mudah2an ujian psikotes saya selanjutnya bisa lulus,, amiin

Blue Nauka mengatakan...

terima kasih... sangat membantu.

Anonim mengatakan...

thanks informasinya sangat membantu,
saya mau nanya tes yg menghitung balok yg menempel itu bagaimana yach, share donx
thanks.

peluang usaha 2014 modal kecil mengatakan...

sangat membantu terima kasih atas infonya mas

Unknown mengatakan...

Thanks for information sir.

Puka Donga mengatakan...

Terimakasih pa.

Amir mengatakan...

Bermanfaat...

Anonim mengatakan...

terimakasih masukannya gan....

obat herbal pelancar haid mengatakan...

Sangat bermanfaat buat persiapan tes cpns. Terima kasih

Anonim mengatakan...

Mksih infonya Kak, semoga saya lulus psikotes

Amiiin. . .

^_^

Kikky mengatakan...

Terimakasih banyak Kakak :) Mudah-mudahan Allah balas dengan banyak keberkahan dan kebaikan yang melimpah tanpa batas buat kakak <3

Anonim mengatakan...

mantap.trms,sangat membantu

dan saya tambah percya diri ikut psikotes....

Anonim mengatakan...

makasih gan, tapi cuma sgitu yaa..

Unknown mengatakan...

Makasih gan, mantep bngt nie.
Numpang ninggalin jejak.

cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja mengatakan...

penting iniii. buat nyelesein test besok.
cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja

dinda mengatakan...

Bukannya nenggambar pohon yg berbuah itu berarti ada yg brmasalah dari diri anda?? Ini sih menurut pengalaman..

Anonim mengatakan...

terimakasih banyak mas/mbak sharing nya.

Semoga berkah

Anonim mengatakan...

makasih infonya gan

Unknown mengatakan...

makasih banyak infonya
bermanfaat banget neh bagi yg mau pisikotes tambah pengetahuan
di tunggu info yang lebih banyak lagi

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat..
di tunggu segera contoh test" lainnya beserta kelengkapan cara mengerjakannya, terimakasih :)

Nugraha mengatakan...

Waah bguss kk ;) dapat ilmu tambahan dan wawasan

Unknown mengatakan...

TERIMAKASIH SANGAT BERMAFAAT SEKALI

M.A. Nurendra mengatakan...

Tulisan itu ada referensinya?

Unknown mengatakan...

bagus gan, tapi continued ..
lanjutannya mana ??

Unknown mengatakan...

Ditunggu ulasan berikut nya :)

Unknown mengatakan...

mantap (y). tapi continiued lanjutnya mana ??

Deky Rohie mengatakan...

Terimakasih mas atas informasinya..

Unknown mengatakan...

mengatakan...
terimakasih mas, ini bermanfaat bangat

Anonim mengatakan...

Min, psikotest bukan masalah lulus nggaknya kita atau baik buruknya kita tapi lebih ke cocok atau tidaknya kita dengan tipe pekerjaan dan budaya dari perusahaan itu sendiri, nggak ada guna kita mengakali psikotest kalau pada akhirnya hanya akan menjjadikan kita orang lain.bayangkan jika anda pemilik suatu perusahaan yang ternyata anda mempekerjakan orang yang bukan ahlinya? Ane rasa bukan hanya mimin yang bakal rugi tapi karyawannya juga karena akan tertekan beban yang di berikan perusahaan.

Unknown mengatakan...

Terima kasih informasi yg sangat bermanfaat :)

alfani_iqbal mengatakan...

mantap sekali,! thanks ilmunya yg sangat brmanfaat :). .

Unknown mengatakan...

mantabbb... Terimakasih ilmunya pak.

Unknown mengatakan...

thanks broo

Unknown mengatakan...

Bagus,dan sangaaaat bermnfaat.tx

Anonim mengatakan...

Singkat dan penuh makna.

Unknown mengatakan...

ribet

@najibhilmy mengatakan...

sangat bermanfaat bwt yg msh fresh, thanks

Unknown mengatakan...

Nuhun kang ilmunya...

Unknown mengatakan...

blognya bermanfaat sekali.. terimakasih om infonya

Chalk mengatakan...

susah @_@ ga masuk di akal ato emang ga nyampe saya mikirnya :v tapi salut deh,... smoga sukses slalu gan :v

Unknown mengatakan...

Terima kasih bro..

Unknown mengatakan...

mantap oy

Unknown mengatakan...

mantap gan,coba liat and saran ke blog ane ya www.psikologisaya.blogspot.com

panji mengatakan...

sangat membantu sekali...thanks

Anonim mengatakan...

Makasi kak semoga besok bisa lolos psikolog

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat,,

Unknown mengatakan...

Great Post. Thanks Infonya, manfaat bangeet ...

Unknown mengatakan...

kalau menggambar pohon eringin boleh gak alasanya, karna akarnya kokoh dan daunnya rimbun??

Unknown mengatakan...

di wab please

Unknown mengatakan...

Mantap sekali, nice info, Insya Allah bermanfaat, terima kasih..

Jaka mengatakan...

terimakasih banyak Kak atas berbagi ilmu psykotestnya...
tapi apaboleh saya belajar psykotest untuk masuk KADET AAL..
kalo boleh Kak...?

Unknown mengatakan...

Thanks Kakak 👍😁

Unknown mengatakan...

Terima kasih infonya :) sangat membantu

Unknown mengatakan...

Terima kasih banyakkk kak...
Sangat amat membantu, Insya Allah berkah :)

Anonim mengatakan...

Sangat membantu, semoga Allah membalas kebaikan anda

Dampito Saharosa mengatakan...

terimakasih. informasinya sangat berguna

Expo Lowongan Kerja mengatakan...

Mantab gan infonya, sangat bermanfaat ini buat ane. hehe
Lowongan Kerja PT Sugar Group Companies - SGC Leadership Program - Juni 2015
http://expocpnsbumn.blogspot.com/2015/05/lowongan-kerja-pt-sugar-group-companies.html

Unknown mengatakan...

terima kasih kak :)

Unknown mengatakan...

terima kasih atas informasinya, sangat berguna untuk persiapan tes psikologi.

Unknown mengatakan...

msh belum ngerti

Anonim mengatakan...

Dank u well ^^ semoga semua informasi yang berharga ini menjadi ladang amal dan pahala tentunya :)

Unknown mengatakan...

Terima kasih mas, postingan ini sngt bermanfaat dan jelas 😊

VIE mengatakan...

thanks bangetss

Unknown mengatakan...

Secepatnya kang di posting sambungannya. :)

Unknown mengatakan...

Secepatnya kang di posting sambungannya :)

Anonim mengatakan...

tengkyu buat sharingnya om

obat tradisional jelly gamat mengatakan...

obat tradisional patah tulang
obat infeksi usus
obat pembengkakan lutut
obat radang paru paru anak
obat Nyeri Lambung
obat gatal selangkangan

justhkl mengatakan...

Terima kasih banyak ilmunya gan!

justhkl mengatakan...

Terima kasih banyak ilmunya gan!

P_man mengatakan...

good

Unknown mengatakan...

Trrimakasih sangat bermanfaat ..

Unknown mengatakan...

terima kasih :*

Unknown mengatakan...

Good post bro..

latihan psikotes mengatakan...

sangat bermanfaat,,,,

Unknown mengatakan...

Sangat membuka pengetahuan dan semakin mengisi otak hehe

m mengatakan...

Suka banget baca tips n trik nya mas mulai dari buat surat lamaran kerja .. bahasa mudah di pahamin n langsung ada contohnyaa.. gak ribet .. thank u mas

Unknown mengatakan...

Tips nya oke banget,mudah2n bisa jebol bumn nnti

Unknown mengatakan...

yg lainnya jdi share donk. makasie

Unknown mengatakan...

contoh psikotes yang lain di share ya kak.... byar lebih paham dan jlas :)

Unknown mengatakan...

Oke lah,,sip

Remaja Islami mengatakan...

Semoga bermanfaat yh bang buat masa depan saya dan semuanya , terima kasih , sukses selalu 👍

Unknown mengatakan...

ijin share ya mas :3

Unknown mengatakan...

ijin share ya mas :3

Jasa Desain mengatakan...

wah begitu ya rupanya :D saya baru tahu

Budioso mengatakan...

Persiapan untuk wawancara kerja besok :D

Hakameru Store mengatakan...

Sangat membantu,, terima kasih infonya

DP Profil BBM mengatakan...

Adakah contoh psikotes yang lain? terima kasih

Mebel Furniture mengatakan...

Mantap gan infonya

Toko edukasi mengatakan...

Info yang sangat membantu kedepan buat ujian psikotes, nice share gan. Keep posting.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Bagus sekali informasinya kunjungi juga http://www.pusatloker.info/

Unknown mengatakan...

Terima kasih bang mimin, mohon doanya semoga sukses ikut psikotest...

obat perangsang wanita mengatakan...

terimakasih infonya..

Author mengatakan...

Masukkan komentar Anda...terima kasih infonya sangat bermanfaat.

Unknown mengatakan...

trims, sgt bermanfaat

Asvi mengatakan...

Saya pengen belajar tentang psikotes,....
cara pling gampang gmn yah...???


smentara share di atas bermanfaat juga.

Anonim mengatakan...

Saudara yang terhormat, dalam Psikotes sebenarnya intepretasinya tidak per Subtes atau jenis tes karena alat Psokotes itu salin cekcross diantaranya, sebagai ilustrasi tes Inteligensi itu juga bisa untuk intepretasi Kepribadian misalkan anak nakal akan dilihat perbandingan IQ Verbal dengan non Verbal (IQ Perfomance ), demikian juga menurut Tabel Haris bahwa menggambar Orang bisa untuk mengetahui berapa IQ seseorang, maka kalau memang bukan ahli jangan coba-coba dan menerka secara logika, karena Psikotes itu diperoleh dari Penelitian dan dilakukan sebagaian besar adalah Psikiater atau Dokter Psikolog.

Pelatihan psikotes mengatakan...

Solusi 99% LOLOS CPNS 2016.
Logic solution Yogyakarta, lembaga Pelatihan Psikotes Dan Tpa.
Pengajar DOSEN - DOSEN UGM .
Office: 089698329712
bukti alumni http://psikotes-logicsolution.blogspot.co.id/

Pelatihan psikotes mengatakan...

Solusi 99% LOLOS CPNS 2016.
Logic solution Yogyakarta, lembaga Pelatihan Psikotes Dan Tpa.
Pengajar DOSEN - DOSEN UGM .
Office: 089698329712
bukti alumni http://psikotes-logicsolution.blogspot.co.id/

Pelatihan psikotes mengatakan...

Solusi 99% LOLOS CPNS 2016.
Logic solution Yogyakarta, lembaga Pelatihan Psikotes Dan Tpa.
Pengajar DOSEN - DOSEN UGM .
Office: 089698329712
bukti alumni http://psikotes-logicsolution.blogspot.co.id/

Pelatihan psikotes mengatakan...

Solusi 99% LOLOS CPNS 2016.
Logic solution Yogyakarta, lembaga Pelatihan Psikotes Dan Tpa.
Pengajar DOSEN - DOSEN UGM .
Office: 089698329712
bukti alumni http://psikotes-logicsolution.blogspot.co.id/

Pelatihan psikotes mengatakan...

Solusi 99% LOLOS CPNS 2016.
Logic solution Yogyakarta, lembaga Pelatihan Psikotes Dan Tpa.
Pengajar DOSEN - DOSEN UGM .
Office: 089698329712
bukti alumni http://psikotes-logicsolution.blogspot.co.id/

Pelatihan psikotes mengatakan...

Solusi 99% LOLOS CPNS 2016.
Logic solution Yogyakarta, lembaga Pelatihan Psikotes Dan Tpa.
Pengajar DOSEN - DOSEN UGM .
Office: 089698329712
bukti alumni http://psikotes-logicsolution.blogspot.co.id/

Pelatihan psikotes mengatakan...

Solusi 99% LOLOS CPNS 2016.
Logic solution Yogyakarta, lembaga Pelatihan Psikotes Dan Tpa.
Pengajar DOSEN - DOSEN UGM .
Office: 089698329712
bukti alumni http://psikotes-logicsolution.blogspot.co.id/

Bismillah mengatakan...

thanks for your informations

Unknown mengatakan...

Terimakasih. D tunggu pelajaran selanjutnya

Unknown mengatakan...

Terimakasih. D tunggu pelajaran selanjutnya

Unknown mengatakan...

Good posting.. D tunggu yang selanjutnya

Unknown mengatakan...

Good posting.. D tunggu yang selanjutnya

Anonim mengatakan...

Hahaha..lucu, tes grafis sama tes kepribadian itu ga perlu diakalin, masing2 job pnya jobdes tersendiri dan butuh karakter kepribadian tertentu. Lagian pasti ketahuan kok. Mending jadi diri lu sendiri lebih enak dan lebih nyaman, kalo mau ngakalin psikotes, mending yg sifatnya pengetahuan umum atau itungan karena itu bisa lu asah. Jangan lupa upgrade skill, dan kemampuan praktis. Jangan lupa setiap kegiatan yg baik awali dengan doa semoga hasilnya baik.

Anonim mengatakan...

Admin dan temen2 pembaca, saya lulusan psikologi dan saya mempelajari dan mengaplikasikan tes2 ini dalam pekerjaan sehari2. Kalau boleh saya koreksi sedikit, penjelasan yg dipaparkan disini tidak begitu benar. Seandainya pun dg mengikuti tips2 disini dan teman2 dapat lolos tes psikoogi dan akhirnya diterima di perusahaan yg diinginkan, akan sangat disayangkan kalau ternyata beban kerja di perusahaan tsb terlalu berat atau terlalu ringan untuk teman2 yang ujung2nya dapat membuat teman2 kesulitan sendiri. Atau bisa jadi kultur perusahaan yg tidak sesuai dapat membuat teman2 merasa tidak puas atau tidak cocok bekerja di tempat tsb. Hasilnya teman2 akan resign dan perusahaan kehilangan karyawan. Hal tersebut adalah kerugian bagi dua pihak. Tujuan tes psikologi yg sebenarnya adalah mencocokan kepribadian dg kebutuhan perusahaan, bukan masalah pintar atau tidak pintar. Kalau pun tidak lolos di tes psikologi, jangan berkecil hati, kalau bisa bersyukurlah karena teman2 tidak masuk ke perusahaan yang tidak cocok dengan kepribadian teman2 sekalian.
Pesan untuk admin, mohon lain kali sebelum menulis artikel, ditinjau lagi kebenaran tulisan dan manfaat bagi para pembaca. Sungguh disayangkan kalau ternyata hal yang ditulis hanya menguntungkan sesaat (spt lolos tes dan diterima kerja) tapi merugikan untuk jangka panjang (bekerja tidak sesuai kemampuan atau merasa tidak puas atau tidak cocok dg pekerjaan yg dilakukan).
Untuk para pembaca, mohon dilihat lagi keabsahan dari setiap tulisan, siapa yg menulis, apakah ahli atau hanya pendapat, apakah teori atau hanya tips subjektif, jgn mudah terbawa atau tersulut. Semoga penjelasan saya meluruskan.
Salam

patung jamu mengatakan...

Amazing,,
Sangat bermanfaat,,

Unknown mengatakan...

Tks sangat bermanfaat, saya tunggu posting kelanjutannya....salam

Anonim mengatakan...

Jangan pernah berhenti berbagi tentang ilmu dan pengalaman, bisa jadi dari berbagi itu, merubah nasib orang disekitarmu bagai bumi dan langit.

Anonim mengatakan...

blom tentu jg penenpatan sesuai yg diminta persh, bsa jd cuma sbg persyaratan dlm penerimaan peg, bsa sj terjadi syarat tdk ssi dgn penempatan kenyataanya banyak koq, kecuali utk posisi tertentu, jd gpp jg jk info ini dianggap sbg pengenalan semata,

Anonim mengatakan...

Sangat miris melihat info mengenai psikotes tersebut,itu hanya berdasarkan persepsi dari penulis, hati2 memberikan informasi yang menyesatkan bisa membuat oranglain menjadi terjerumus juga. Dalam ilmu.psikologi, psikotes itu bukanlah segalanya, jika anda berusaha memanipulasi, itu artinya anda berusaha menjadi orang lain, bukan diri anda sebenarnya, padahal intinya bekerja itu mencari kenyamanan, kebahagiaan dalam.bekerja, jadilah pribadi dan cerdas.dn bijaksana.. Salam semangat...

Anonim mengatakan...

taukah apa yg anda posting ini sangat bermanfaat?? apakah dengan memberikan penjelasan2 mengenai tes psikologi ini membantu banyak orang? taukah anda dengan dampak sesungguhnya dari postingan anda?

Anonim mengatakan...

Kembali ke etika, smua terkait dengan moral penulis, karena membeberkan sst yg tidak sesuai fakta dn membuat kesesatan dalam ilmu artinya kembali pertanyakan kepada moral penulis.. Karena sst yg ditangani pada orang yang tepat meskipun bukan ahli masih mjd lebih baik, gampangnya gini, kalau anda ingin memeriksakan kesehatan anda apakah anda mau diperiksa oleh orang yg bukan ahli,kerumahsakit tp tidak ditangani dokter, pasti anda masih kurang yakin? Sama juga dalam kesehatan mental, meyakini pemahaman mengenai profil seseorang hanya atas dasar persepsi awam yg pernah dites bukan orang yg pernah belajar, orang yg tidak mempelajari suatu keilmuan secara utuh sesuai keilmuannya, sedangkan pemeriksaan psikologi atau psikotes itu merupakan rangkaian, kalau anda memanipulasi dg bukan menjadi profil pribadi atau aspek kualitas diri sbenarnya akan terjadi ketidaksesuaian terhadap diri anda sendiri, Percayalah atas kemampuan diri sendiri, yakin dn berdoa atas usaha anda sendiri. Bijaksanalah dalam mencari informasi..

Unknown mengatakan...

Sebenarnya admin hanya menjelaskan pengertian secara garis besar nya saja.Semua penjelasan admin bukanlah jawaban untuk test yang sebenarnya. Tapi pada umumnya test ini hanya pedoman umum seorang psikolog saja, hasilnya pun tidak dinilai mentah- mentah dari hasil gambar tersebut. Makanya setelah test ini diberikan, ada pertanyaan- pertanyaan sederhana yang akan diberikan psikolog untuk menggali lebih dalam lagi, untuk menguji kebenaran dari gambar tersebut benar dari imajinasinya atau karena ikut- ikutan saja.

Anonim mengatakan...

Ckckckc.. Kalo yg comment dan yang bikin isi blog ttg alat tes ini adalah anak-anak psikologi, kalian keterlaluan dan menyedihkan.. Bagi yang awam, sekedar menyampaiakan, kalau kalian ingin punya waktu bermanfaat dan mengisi waktu luang kalian ga perlu baca ttg penjelasan alat tes. Semua tes psikologi kuncinya kalian, bukan yang dijelaskan itu. Jadi percuma saja. Semoga anak-anak muda yang mencari pekerjaan bisa lebih memilih jalan dengan menggunakan akal sehatnya yang sehat. :)

warda mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Join mengatakan...

Ngk masuk akal sistem rekrutmen yg dilakukan oleh instansi-instansi yg ada di Indonesia, maknya terjaring kandidat-kandidat yg tidak bermutu, begitu juga dengan team rekrutmen/psikolognya sama juga tidak bermutu, itu semua munafik alias penyontek, ujian psikologi harus netral tidak ada indikator yg menentukan atas penilaian hasil psikotest, ujian psikotes tidak boleh mempelajari tentang materi psikotes, kalau sdh belajar materi psikotes seperti artikel diatas, itu namanya penyontek alias munafik, makanya SDM di negara kita ini TIDAK BERMUTU, semua MUNAFIK.

Join mengatakan...

Ngk masuk akal sistem rekrutmen yg dilakukan oleh instansi-instansi yg ada di Indonesia, maknya terjaring kandidat-kandidat yg tidak bermutu, begitu juga dengan team rekrutmen/psikolognya sama juga tidak bermutu, itu semua munafik alias penyontek, ujian psikologi harus netral tidak ada indikator yg menentukan atas penilaian hasil psikotest, ujian psikotes tidak boleh mempelajari tentang materi psikotes, kalau sdh belajar materi psikotes seperti artikel diatas, itu namanya penyontek alias munafik, makanya SDM di negara kita ini TIDAK BERMUTU, semua MUNAFIK.

Anonim mengatakan...

Salam bagi penulis. Saya mahasiswa s2 psikologi dan saya mempelajari dengan betul terkait tes-tes yang anda sebutkan di atas. Miris sekali ketika anda menjabarkan tips mengerjakan tes dan interpretasinya yang saya lihat banyak sekali yang tidak sesuai. Mohon untuk segera dihapuskan postingan ini dan postingan lain terkait alat tes karena tidak sesuai etika dan dapat menyesatkan orang lain. Jadi lah diri sendiri saat menjalani tes karena hal tersebut menjadi keputusan yang terbaik bagi anda nantinya. Saya tambahkan bahwa sepintar apapun anda mencoba mengakali tes, kami psikolog memiliki cara sendiri untuk mengkonfirmasi kesesuaian antara hasil tes dengan kondisi anda sebenanya. Terimakasih..

Kamar Cerita mengatakan...

Betul...
Setuju dengan Anda.

Kamar Cerita mengatakan...

Psikotes itu bukan masalah Anda akan lolos atau tidak, tapi yg lebih penting untuk melihat potensi seseorang dengan posisi pekerjaan yg dilamar.
Jadi nggak perlu belajar bagaimana caranya Anda lolos psikotes, karena akhirnya nanti akan merugikan Anda sendiri ketika ternyata jobdesk atau beban kerja tidak sesuai dengan kompetensi Anda yg sebenarnya, yang berujung pada hasil kerja Anda sendiri.


Salam

Kamar Cerita mengatakan...

Psikotes itu bukan masalah Anda akan lolos atau tidak, tapi yg lebih penting untuk melihat potensi seseorang dengan posisi pekerjaan yg dilamar.
Jadi nggak perlu belajar bagaimana caranya Anda lolos psikotes, karena akhirnya nanti akan merugikan Anda sendiri ketika ternyata jobdesk atau beban kerja tidak sesuai dengan kompetensi Anda yg sebenarnya, yang berujung pada hasil kerja Anda sendiri.


Salam

Unknown mengatakan...

Yg posting tulisan ini pasti bukan psikolog..sy kasihan pada anda. Anda merasa pintar & merasa sudah mbantu org lain. Tp anda justru menjerumuskan org lain u/ menjadi org lain & tdk mensejahterakan mrk. Tujuan utama dr ilmu psikologi adlh mnsejahterakan klien..artinya menempatkan org sesuai potensi, minat & bakat nya...bukan skekedar lulus/ tdk lulus..tll naif bila bpikir spt itu. Bagi pmbaca jadilah diri sndiri..bila ingin mngenali potensi diri, minat & bakat serta kondisi diri anda..berkonsultasilah dgn ahlinya.. insyaAllah anda akan mndapat info & advis yg tepat sehingga anda bs mnikmati pkerjaan sesuai passion anda.. shg tdk ada lg perasaan tertekan/ tersiksa saat anda mnjalani pekerjaan..

Unknown mengatakan...

Yg posting tulisan ini pasti bukan psikolog..sy kasihan pada anda. Anda merasa pintar & merasa sudah mbantu org lain. Tp anda justru menjerumuskan org lain u/ menjadi org lain & tdk mensejahterakan mrk. Tujuan utama dr ilmu psikologi adlh mnsejahterakan klien..artinya menempatkan org sesuai potensi, minat & bakat nya...bukan skekedar lulus/ tdk lulus..tll naif bila bpikir spt itu. Bagi pmbaca jadilah diri sndiri..bila ingin mngenali potensi diri, minat & bakat serta kondisi diri anda..berkonsultasilah dgn ahlinya.. insyaAllah anda akan mndapat info & advis yg tepat sehingga anda bs mnikmati pkerjaan sesuai passion anda.. shg tdk ada lg perasaan tertekan/ tersiksa saat anda mnjalani pekerjaan..

mcfcstreaming mengatakan...

Saya seorang mahasiswa psikologi di salah satu perguruan tinggi swasta di yogya, saya rasa apa yg anda tuliskan tidak sepenuhnya benar karena cenderung berupa opini anda sendiri saja. Saya hanya bisa berkata buat para pembaca untuk MENJADI DIRI SENDIRI ketika tes psikologi di perusahaan, karena seorang psikolog pasti tahu mana gambar yg dibuat buat dan mana gambar yg asli (sinkron antara tes satu dan lainnya). Semakin anda membuat buat gambar anda, maka semakin kecil peluang akan di terima, jadi gunakanlah kesempatan yg mungkin hanya sekali ini untuk menjadi DIRI ANDA SENDIRI. Itu saran saya semoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

Untuk titik 8
1.gmbr jam
2.bendera
3.tiang listrik
4.lampu untk pnerngan bljr
5.jarum suntik
6.tanda PMI
7.gambr tank
8.parasut terjun payung

Unknown mengatakan...

Mohom maaf sblm nya. Admin yg posting ini saya yakin bukan psikolog dan mhasiswa psikologi. Ttg apa yg disampaikam itu sangat kecil kebenarannya, karena saya jg adalah mhasiswa psikologi. Dalam merekrutmen karyawan tntu bukan hnya hasil psikotes yg menentukan. Ada unsur lain yg menentukan apakah sso layak/tidak diterima. terimkasih utk tidak mencela profesi sso (psikolog) lagi! :)

Unknown mengatakan...

KEREN. SANGAT MEMBANTU

Unknown mengatakan...

trimakasih ini sangat membantu

arya chello mengatakan...

Trims sangat jelas sekali

Unknown mengatakan...

terimaksih sangat membantu

firdauz mengatakan...

Saya tak tau harus komen bagaimana. Tetapi marilah kita hargai coretan penulis. Penulis hanya ingin berbagi pengalaman saja. Sedangkan dengan keabsahannya, kita semua bisa menilai mana yg benar dan dapat kita terapkan (contoh test hitung).

Unknown mengatakan...

infonya sangat brmanfaat makasih yaa kakak:)

Aji mengatakan...

Artikel yang sangat menarik

Goresan Pena mengatakan...

Makasih gan infonya sangat bermanfaat 😊👍

Munzir mengatakan...

Bermanfaat, terima kasih

Manfaat Daging Ayam mengatakan...

Tes psikotes memang menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan pada saat seleksi masuk kerja dan masuk perguruan tinggi. Untuk itu memang membutuhkan cara pembelajaran agar lolos seleksi. Informasi yang membantu.

Unknown mengatakan...

Ingin Berlangganan Artikel Psikologi Di Whatsapp Kamu ? GRATISS..

😎

Gabung Aja 👥 di WHATSAPP BLOG Lapak Psikologi

Ketik : *NAMA#GENDER#No. WHATSAPP 👍👍👍

Kirim LANGSUNG via WHATSAPP ke Nomor : 085731370637

📲
TUNGGU DULU ❗ Masih Ada info MENARIK ❗

Dapatkan juga 😆 FREE 😆 File-File Psikologi pada setiap event yang diadakan Whatsapp Blog 😎

Masih Banyak Mikir untuk Ilmu GRATISS ini ? 😏

Persembahan dari Lapak Psikologi :

📸 Instagram instagr.am/lapak_psikologi

💻 Facebook fb.com/LapakPsikologi

Web www.lapakpsikologi.com

Ganool mengatakan...

bagus artikelnya gan.....

Unknown mengatakan...

Siip.

Unknown mengatakan...

ada yang nyepam perjudian tuh. Agar dihapus orang yang spam perjudian.

Lowongan Kerja Terbaru mengatakan...

Sipp makasihh tips nya

Unknown mengatakan...

Waah sangat bermanfaat! Terima kasih!

sabt123 mengatakan...

Thanks for good and nice site

Agen Poker Terbaik mengatakan...

bagus artikelnya gan.....

Ganool mengatakan...

thanx infonya gan.....

ummayesha mengatakan...

Terima kasih atas info yang sangat bermanfaat :D...semoga berkah

Ganool mengatakan...

bagus artikelnya gan......

Ganool mengatakan...

artikelnya sungguh bagus gan.....

Ganool mengatakan...

Makasih banyak buat infonya mas bro.. jangan lupa kunjung balik ya... Ane tunggu...

Ganool mengatakan...

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^

djoko mengatakan...

Siip Trims ya :)

Poker Online Terpercaya mengatakan...

Poker Online Terpercaya

Agen Poker Online

Agen Poker Terpercaya

bandarq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
fellicia lie mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
dominoqq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Fenny Lim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
klinik nusantara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
911 Play mengatakan...

Situs poker online indonesia
cukup memanjakan member dengan promo dan bonusnya bagi member bonus tiap deposit dan bonus tiap withdrawl juga ada bagi member setia dengan ketentuan yang berlaku seperti nilai TO harus 5x dulu untuk mendapatkan bonus withdraw m

Universitas Psikologi mengatakan...

Belajar atau kuliah online psikologi di Universitas Psikologi . Semoga bermanfaat.

Artikel Psikologi Terbaru:
- Teori Motivasi dan Motivasi Belajar
- Pemecahan Masalah dan Strategi Belajar.


ROVER TRAVELS mengatakan...

I simply want to offer you a huge thumbs
up for your excellent info you have here on this post.
I am coming back to your website for more soon
Warm Regards www.office.com/setup

Kumpulan Berita Terupdate mengatakan...

Bagus artikelnya gan :) di tunggu artikel berikutnya

Situs Bandarq Online
Agen Bandarq Online
Bandarq Online Indonesia

Unknown mengatakan...

Cerita Dewasa
Cerita Seks
Cerita Sex

Film Semi JAV
Semi JAV
Bokep Semi JAV

Cerita Dewasa – Melayani Nafsu Besar Mbak Iin Janda Muda Seksi
Cerita Dewasa – Mencoba Barang Anak SMP Hingga Tembak Dalam
VIDEO SEMI – JAV THE SIX HOLES THAT ARE TOO SMALL ARE THE HOLES OF THE GIRLS WHO ARE COMFORTABLE WITH EACH OTHER

FILM SEMI - DELICIOUS THREE SISTERS (2018)
FILM SEMI - BIG CHESTED SISTERS (2018)
FILM SEMI - AN AFFAIR YOUNG STEPMOTHER ( 2018 )

buy online mengatakan...

نان های صنعتی و غیر صنعتی، لواش تافتون و سنگک و باگت و غیره را می توانید از سایت کماچ با سفارش آنلاین نان تهیه و استفاده کنید. زین پس نیازی به ذخیره ی طولانی مدت نان در فریزر ندارید چراکه می توان به آسانی هر زمان که بخواهید نان تازه خریداری کنید.
سفارش آنلاین نان در شیراز
https://komuch.com

اگر علاقمند به گسترش حوزه ی کسب و کارتان هستید پیشنهاد ما راه اندازی کسب و کار الکترونیک با استفاده از سایت ها فروشگاه های اینترنتی و شبکه های مجازی است.
برای اطلاع بیشتر از تکنیک های افزایش فروش آنلاین در فروشگاه های اینترنتی و روش های افزایش فروش و فالوور در شبکه های اجتماعی مختلف در خبرنامه ی سایت شیرازسان به طور رایگان عضو شوید.
طراحی فروشگاه اینترنتی در شیراز
طراحی سایت در شیراز
https://shirazsun.net

Online shopping has become an unrepeatable part of our lives! There are lots of online stores on web but none of them will offer you as great super high quality goods in reasonable prices like “aixonne” do.
Check out the best online store for newest sells and cheapest deals available in the market!
buy online
https://aixonne.com

استرالیا یکی از کشور های مهاجر پذیر به خصوص برای افراد مختصص است. برای مهاجرت به وکیل مهاجرت نیاز خواهید داشت. برای اطلاع ا آخرین شرایط مورد نیاز برای اخذ پذیرش در دانشگاه های استرالیا و یا مهاجرت از طریق تخصص و یا کارآفرینی با ما در ارتباط باشید. وکیل مهاجرت
http://iranau.com



Best shipping from china
shipping from china service to all over the world
https://topshipping.cn

jolly mengatakan...

wonderfull blog!!
www.office.com/setup

Anonim mengatakan...

We all have to endure hundreds of life incidents, and we want someone to hear about those incidents from us. Sharing your thoughts and experiences with others increases your read more, and you start trusting each other more than before.

Anonim mengatakan...

We all have to endure hundreds of life incidents, and we want someone to hear about those incidents from us. Sharing your thoughts and experiences with others increases your read more, and you start trusting each other more than before.

Anonim mengatakan...

It?s hard to find knowledgeable people on this topic, but you sound like you know what you?re talking about! Thanks ball games

ava mengatakan...

I really happy found this website eventually. Really informative and inoperative, Thanks for the post and effort! Please keep sharing more such blog.
HP Printer Assistant download |
HP Support Assistant download |
HP Printer Support Number |

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 227   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....