06 November 2008

Diciptakan, Virus Ponsel Pertama

Saling berkirim pesan short message service (SMS) tengah populer di kalangan pengguna telepon seluler (ponsel) berbasis GSM saat ini. Selain murah, penerima SMS tetap dapat menerima pesan walaupun ponselnya tengah tidak aktif atau berada di luar jangkauan sinyal operator.

Namun jika Anda menggunakan ponsel Nokia tipe 3310, 3330 dan 6210, berhati-hatilah menerima pesan SMS. Pasalnya, seorang peneliti keamanan komputer di Belanda berhasil menciptakan virus ponsel yang dapat merusak ponsel-ponsel Nokia tersebut via SMS. Demikian diberitakan BBC.co.uk, Jumat (18/1/2001).

Virus ini diciptakan oleh Job de Haas, seorang peneliti pada perusahaan riset keamanan ?ITSX?. Pesan berbahaya ini memanfaatkan bug yang ada pada tiga jenis ponsel itu. Saat diterima, virus itu akan membuat beberapa handset menjadi tidak bisa digunakan sama sekali.

Sejatinya, fasilitas SMS memang dirancang untuk mengaktifkan secara otomatis fungsi-fungsi yang ada dalam sebuah ponsel melalui sebuah script yang dikirimkan oleh operator ponsel.

Pengguna ponsel tersebut tidak dapat membaca script tersebut, namun handset akan menerimanya sebagai perintah untuk mengaktifkan fitur tertentu. Script semacam inilah yang digunakan oleh De Haas untuk menciptakan virus ponsel ini.

Pihak Nokia mengklaim telah memperbaiki bug yang ada pada tiga jenis ponsel tersebut. Namun menurut De Haas, beberapa ponsel lama jenis ini masih memiliki bug yang dapat digunakan oleh virus ciptaannya. (detikcom)

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



2 komentar:

Terapi Ion mengatakan...

Thanks yaa gan buat infonya..
Jangan lupa mampir blok ane gan :D

Peluang Usaha Rumahan
Manfaat Terapi Ion Elektrik
Peluang Usaha Modal Kecil

BANDARQ mengatakan...

Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


bandarq
Domino 99
Situs Poker Online
Domino Qiu Qiu
Poker88 Indonesia

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....