19 Oktober 2011

Over Expose, Batu Sandungan buat Artist Instant?

7 komentar
Sebenarnya sih aku bukan orang yang suka nonton infotaiment. Tapi apa mau di kata, akhir-akhir ini beberapa warta berita di sejumlah televisi swasta juga ikut-ikutan memperbincangkan tentang fenomena artis instant. So, sebagai seorang mahasiswa yang dituntut untuk selalu peka terhadap perkembangan, aku coba buat postingan ini (kayaknya berlebihan deh, hihihi, sekali-kali ngeksis gak papa kan?).

Oke baik kita lanjutkan, anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan lagu-lagu seperti keong racun, udin sedunia, atau chaiya-chaiya. Teman-teman di kampusku juga akhir-akhir ini sering mendendangkan larik lagu “kemana, kemana, kemana ?”. Sudah pada tahu kan siapa penyanyi-penyanyi yang mempopulerkan semua lagu itu. Beberapa lagu tersebut memang dulu sempat “booming” di situs jejaring sosial, forum-forum bahkan lewat youtube. Yang menjadi pertanyaan sekarang, dimana mereka sekarang ?



Sedikit me-review, mungkin saya akan sedikit cerita tentang kisah hidup mereka, berdasarkan referensi yang saya peroleh :

S-J, Kisah 2 Keong Racun




Pada awalnya mereka hanyalah mahasiswa biasa. Namun setelah mereka membuat video lipsing dan mengunggahnya ke youtube, kehidupan mereka berubah drastis. Bak selebriti, di hampir semua stasiun TV , selalu menyajikan berita tentang mereka. Tak terkecuali infotaiment yang suka nge-gosip sampai berita-berita formil. Bahakan kabarnya sih, mereka dapat beasiswa dari perguruan tinggi mereka.
Setiap hari wajah mereka selalu menghiasi layar kaca. Pesona mereka ternyata mampu menarik Charlie (eks-ST12) untuk memproduseri video klip baru mereka. Semenjak saat itu, nama mereka semakin di kenal orang. Tapi, beberapa bulan kemudian, pesona mereka mulai memudar. Bahkan sempat vakum beberapa bulan, kisah mereka seperti hilang di telan bumi.

Beberapa bulan lalu, mereka sempat merilis video lipsing kedua mereka. Aku sendiri juga lupa nama judul lagu itu. Kalo gak salah sih “hamil duluan”. Masyarakat cukup antusias dengan video kedua mereka ini. Tapi kelihatannya jumlahnya gak sebanyak video pertama mereka. Ada juga hal unik yang sempat aku catat. Video lipsing mereka sempat menimbulakan pro dan kontra, menurut beberapa orang sih, lirik pada video lipsing itu dapat meningkatkan kasus (maaf) hamil di luar nikah. Entah benar atau salah, yang pasti sekali lagi sekarang kisah mereka bak hilang di telan bumi.


Ada Udin di Mana-mana



Pemuda ini berasal dari daerah NTB. Sifatnya yang kocak + jenaka sangat mendukungnya dalam menarik perhatian masyarakat. Sedikit berbeda dengan duo keong racun, video karyanya yang beredar di internet, menggunakan suara aslinya. Semenjak booming di internet, pemuda berperawakan tinggi kurus ini kebanjiran job. Bahkan sempat lama menjadi host di acara musik dan menjadi pemain sinetron di stasiun tv yang sama. Namun, sama halnya dengan duo keong racun, saat ini batang hidungnya sudah jarang muncul di tv.


Goyang chaiya-chaiya ala Brimob





Ini dia, pak polisi yang memilki suara merdu dan pandai bergoyang. Sama dengan kisah sebelumnya, dia mulai terkenal semenjak video lipsingnya di unggah di youtube. Sejak saat itu, setiap hari wajahnya selalu muncul di layar kaca. Bahkan KASAT Brimob polda gorontalo yang selama ini menjadi atasannya, selalu mendampinginya saat berada di Jakarta. Namun apa yang terjadi sekarang ? Saat ini wajahnya memang masih sering terlihat di TV. Tetapi bukan lagi karena karya-karyanya. Melainkan karena sikap kontroversinya yang hendak keluar dari kesatuan POLRI. Masyarakat kelihatannya sudah mulai melupakan goyangannya chaiya-chaiyanya.

Dari ketiga kisah di atas, hikmah apa yang anda dapat petik ?
Orang-orang diatas mungkin memiliki perjalanan hidup yang hampir sama. Menjadi terkenal karena videonya yang di unggah di youtube, kebanjiran job + hampir setiap hari tampil di layar kaca, dan akhirnya nulai di lupakan orang.

Konsumen, dalam hal ini masyarakat memang memilki rasa kejenuhan pada tingkat tertentu. Pada awalnya, saat idolanya tampil, rasa senang atau bahagia memang selalu dirasakannya. Tertapi apa jadinya jika setiap hari dia selalu melihat artis idolanya? Rasa bosan tentu akan menghampirinya. Belum lagi dengan persaingan gossip-gosip yang terkesan alay di dunia infotaiment . Entah mengapa bisa menjadi trending topic yang menjadi buah bibir ibu-ibu, mbak-mbak, tante-tante atau bahkan teman-temanku.

Akhir-akhir ini juga fenomena ay* ting-tong sempat berekembang pesat di kalangan masyarakat. Paransnya pun selalu bisa di jumpai di hampir semua stasiun tv swasta. Memang perjalanannya sedikit berbeda dengan 3 kisah di atas yang dikenal banyak orang via youtube. Denger-denger sih, dia sudah merintis karir di dunia music dangdut semsenjak usianya masih belia. Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah akhir kisahnya akan sama dengan mereka? Kita lihat saja nanti ….

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
Baca Selengkapnya....

16 Oktober 2011

M*RPATI vs P*RTAMINA, siapa yang dirugikan ?

7 komentar
Pagi-pagi tadi aku sudah bangun, setelah menunaikan ibadah shalat shubuh iseng-iseng nonton berita di tv . Itung-itung usir sepi + rasa bosan atau sekedar hunting informasi biar selalu update (hehehe) . Kebetulan siaran berita yang aku tonton adalah seput*r Indonesia yang disiarkan di salah satu TV swasta. Ada hal yang cukup unik yang saya temui, siaran berita itu memfokuskan permasalahan transportasi di Indonesia. Ya, selain berita pengangkatan wakil menteri yang menjadi trending topic, beberapa hari ini memang media lagi gencar-gencarnya menyoroti salah satu BUMN maskapai penerbangan lokal di Indonesia. Anda pasti tahu kan ? Yup, M*RPATI. Kabarnya sih, maskapai tersebut berhutang pada salah satu BUMN yang selama ini bertindak sebagai penyedia bahan bakar avtur yang digunakan oleh pesawat-pesawat mereka.



Menurut sumber yang saya peroleh , jumlah hutang maskapai ini menembus angka 2,7 M. Wow angka yang begitu fantastis bagi mahasiswa semester V seperti saya. Akibat hutang ini, pihak P*rtamina untuk sementara memberhentikan supply bahan bakar avtur di beberapa bandara untuk maskapai penerbangan ini. Dan salah satunya di Bandara Sultan Hasanudin Makasar. Terang saja, hal ini tentunya akan berdampak besar bagi bagi semua pihak. Sebagai mahasiswa teknofisika nuklir, mungkin saya kurang begitu berkompeten menjelaskan tentang dampak atau permaslahan di bidang transportasi yang muncul akibat peristiwa ini. Tetapi bersama anda, akan saya coba menganalisanya. Mari kita telaah satu persatu :

1. Akibat peristiwa ini tentunya akan memberi kesan pada masayarakat, bahwa antar BUMN di Indonesia terkesan saling berkompetisi dalam mengejar laba /keuntungan. Memang sepengatahuanku , masing-masing BUMN memiliki target untuk memperoleh laba/keuntungan setiap tahunnya. Laba inilah yang mungkin digunakan untuk menggaji para karyawan atau pekerja di BUMN tersebut yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan. Tetapi alangkah baiknya jika antar BUMN saling bekerja sama untuk memberikan pelayanan terbaik bagi semua rakyat (dalam hal ini konsumen) di Negeri ini.

2. Sejumlah penerbangan akan di batalkan khususnya yang masuk maupun keluar dari Bandara Sultan Hasnudin (ujung-pandang). Hal ini tentu saja akan merugikan para calon penumpang dan pihak maskapai penerbangan. Calon penumpang dirugikan dari segi waktu, tenaga, pikiran bahkan materi. Kabarnya sih, para calon penumpang yang mengalami penundaan penerbangan belum jelas nasibnya. Kapan mereka akan diterbangkan atau kejelasan penerimaan kompensasi. Bagi maskapai penerbangan, penundaan ini jelas akan semakin membuat mereka terpuruk. Pendapatan mereka akan berkuarang drastis. Ujung-ujungnya utang belum bisa dibayarkan juga.

3. Bandara Frans Kaisiepo (biak-papua) akan sepi. Mengapa saya bisa bilang begitu ? hehe, kebetualan penulis lahir dan dibesarkan di Biak-Papua. Sehingga tahu betul kondisi di kabupaten ini. Begini, untuk penerbangan domestik dari luar papua, di bandara Frans kaisiepo hanya dilayani oleh 2 maskapai yaitu M*rpati dan G*ruda. Penerbangan dari bandara sultan hasanudin – bandara frans kaisiepo atau sebaliknya merupakan salah satu penerbangan yang banyak diminati baik masyarakat ujung pandang maupun biak. Dengan penundaan penerbangan dari dan ke bandara sultan hasnudin , otomatis kegiatan di bandara frans kaisiepo akan menurun drastis dan hanya satu maskapai saja yang melayani penerbangan dari luar papua khususnya dari dan ke bandara sultan hasanudin (ujung pandang).

Mungkin itu 3 dari beberapa dampak yang terjadi dari peristiwa ini. Kedua belah pihak juga tidak dapat disalahkan sepenuhnya. Selama ini juga mereka sudah bekerja semaksimal mungkin untuk melayani para konsumenny a masing-masing (give applause). Pihak p*rtamina sudah berupaya untuk dapat menyediakan bahan bakar untuk menunjang kehidupan di Negeri ini. Pihak M*rpati juga selama ini sudah berupaya semaksimal mungkin bertindak sebagai jembatan penghubung antar kota dan kabupanten di negeri 1000 pulau ini.
Hanya saja ada beberapa PR yang harus dikerjakan oleh kedua belah pihak. Untuk menajemen M*rpati harus lebih jeli dalam mengatur keuangan, khususnya keseimbangan antara pendapatan dan penegeluaran. Pihak P*rtamina juga harus lebih peka sebelum mengamibil kepeutusan. Jangan sampai kepeutusan yang di ambil merugukan konsumen, dalam hal ini pihak ke tiga yang sebenarnya gak begitu paham atas permasalahan yang terjadi. Kuncinya satu sih K.O.M.U.N.I.K.A.S.I

Dan saya berharap permasalahan seperti ini tidak perlu lagi terjadi. Masyarakat sudah bosan dengan carut marutnya sistem transportasi di Indonesia. Mulai dari serangkaian kecelakaan samapai mogok kerja para karyawan, yang kesemuanya itu akan sangat merugika konsumen dalam hal ini saya, anda dan seluruh masyarakat Indonesia….



Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
Baca Selengkapnya....

10 Oktober 2011

Rangkaian Acara Dies Natalis 4# Einsten.Com

7 komentar

kalo kurang jelas bisa di liat disini
http://www.flickr.com/photos/blackwashere/6216407335/sizes/l/in/photostream/

kalo mau donlod disini
http://www.mediafire.com/?wkeicg1czm0gew5

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
Baca Selengkapnya....

Ikhlas Bagi Anda, Halal Bagi Kami.

9 komentar



"Ikhlas Bagi Anda, Halal Bagi Kami...!" Kalimat itulah yang sering keluar dari bibirku. Wajar saja, kemarin organisasi kemahasiswaan yang aku pimpin mengadakan penggalangan dana untuk acara bakti sosial yang rencananya sih akan di adakan di SLB C Wiyata Dharma Tempel - Sleman. Sekolah Luar Biasa untuk teman-teman yang mengalami keterbelakangan dalam berpikir (memiliki IQ rendah).


Untuk aku, ini memang pengalaman yang pertama. Mengajak bapak-bapak, ibu-ibu, mas-mas dan mbak-mbak yang sedang menikmati hari minggunya untuk ikut serta memberikan sedikit rizkinya pada teman-teman di SLB C Wiyata Dharma. Istilah kasarnya sih kami "Mengamen" (hihihi). Tapi ini 100 % untuk kegiatan sosial loh! Karena tujuan mulia inilah, dengan ikhlas saya bersama teman-teman Himpunan Mahasiswa Elektronika Instrumentasi STTN BATAN, sedikit mengurangi rasa malunya dengan bernyanyi bersama, mengharap rasa iba dari mereka para donatur .

Suasana di pagi itu, cukup ramai. Banyak pedagang-pedagang yang mencoba peruntungannya dengan menjajakan dagangannya. Dari makanan, penak-pernik, sampai promosi seminar pun bisa saya temui. Memang lokasinya cukup strategis, yaitu di Sunday Morning (sunmor)UGM Yogyakarta. Bagi anda mahasiswa atau orang asli jogja, mungkin sudah tidak asing lagi dengan lokasi ini.

Kalo di perhatikan lebih lanjut, selain kelompokku, banyak juga loh para seniman jalanan yang ikut ngamen di tempat ini. Ada yang memakai gitar, saxophone (sejenis terompet) sampai harmonika. Kelompokku sendiri sampai di lokasi sunmor kira-kira pukul 08.00 wib. Awalnya sih kami terbagi menjadi 4 kelompok. Soalnya di r0mbongan kami ada 4 maestro gitar akustik (hihihi). Sisanya menjadi penyanyi. Berhubung aku tidak begitu mahir memetik dawai gitar, aku hanya bisa menjual kata-kata. Jadi kayak pidato gitu. Maklumlah calon orator ? (hahahahaha). Adapun sasaran kelompok kami adalah para pengunjung di warung-warung lesehan. Dari hasil penerimaan, cukup beragam sih. Ada yang memberi Rp. 10.000,- ; Rp. 5.000,- ; Rp. 2000,- ; Rp . 1000,- bahkan Rp. 200,- (Alhamdulillah..........) Jumlah totalnya sih sekitar Rp. 221.700,- (sekali lagi alhamdulillah).

Oh ya ada satu kejadian unik lagi nih! Kemarin kan aku boncengan, dalam perjalanan sunmor kelompok kami motong jalan - lewatin selokan mataram gitu. Nah, di sepanjang selokan mataram itu, jalannya berlubang + banyak polisi tidurnya. Akibat lewatin jalan begituan, helm partner boncenganku sempat terbentur beberapa kali di gitar bawaanya. (Maaap ya, bener2 gak sengaja,hehehehe).

Akhir kata, saya mengucapakan banyak terimaksih kepada teman-teman yang ikut serta dalam penggalanngan dana. Saya juga mengucapakan banyak terimakasih kepada para pengunjung sunmor yang telah mau membagi sedikit rizkinya buat teman-teman di SLB C Wiyata Darma Tempel-Sleman. Semoga saja amal / sodakaoh anda dibalas lebih baik oleh Allah SWT. (amin).

Ikhlas Bagi Anda, Halal Bagi Kami.... V(^o^)b

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
Baca Selengkapnya....

01 Oktober 2011

Tips & Trik : Buat Battery Netbook / Notebookmu Bekerja 2 jam atau Lebih

11 komentar


Wah udah lama nggak isi blog, serasa bersalah punya blog tapi gak penah di update (hihihi). Nah untuk menebus kesalan itu, aku mau bagi-bagi tips dan trik nih, tentang merawat salah satu komponen vital dari laptop, yaitu battery. Untuk kamu yang baru beli laptop ataupun beli battery laptop info ini sangat berguna loh, untuk menjaga peforma dari battery laptop anda. Karena penggunaan yang salah, bisa mengakibatkan battery laptop anda hanya bisa bertahan kurang dari 60, 30, 15 atau bahkan 5 menit. Yang ekstrim lagi nih, battery anda bisa konslet dan tidak dapat digunakan (kasus yang terjadi pada saya sendiri hihihihihi). Sebaliknya, jika anda dapat merawat dan menggunakannya dengan baik dan benar, insya Allah Laptopmu bisa bekerja 2 jam atau lebih. Langsung aja nih tips dan triknya:

1. JIka anda baru membeli laptop atau battery laptop, Pasang battery ke laptop anda (dalam kondisi mati), Lalu hidupkan laptop seperti biasa dan lihat indicator battery (biasanya terletak di pojok kanan bawah laptop anda), kemudian amati :


a. Jika indikator menunjukan battery anda masih bermuatan 30 % atau lebih, maka gunakan laptop anda sampai indikator menunjukkan battery tersisa sekitar 10-15 %. Setelah itu matikan laptop dan lakukan pen-chargeran selama 4-8 jam dalam kondisi laptop mati.


b. Jika indikator menunjukan battery anda masih bermuatan lebih rendah dari 30 %, maka anda harus matikan laptop dan lakukan pen-chargeran selama 4-8 jam dalam kondisi laptop mati.

Setelah battery terisi penuh maka anda dapat mengoperasikan laptop dan mengulangi langkah 1 diatas sebanyak 4 sampai 5 kali. Jika langkah-langkah ini anda lakukan dengan baik dan benar Insya Allah di pemakaian selanjutnya battery anda akan bekerja optimal !

2. Untuk penggunaan-penggunaan selanjutnya, segera lakukan penchargeran battery jika indikator telah menunjukkan angka 10 % (dalam kondisi low bat). Proses penchageran dilakukan sampai battery benar-benar penuh. Biasanya ditandai dengan lampu indikator battery laptop yang berubah dari warna kuning menjadi warna hijau. Setelah battery terisi penuh segera lepas charger dari arus listrik PLN.

3. Ada orang yang beranggapan bahwa, selama penggunaan di rumah, battery laptop sebaiknya di lepas dan biarkan laptop mendapat supply langsung dari arus listrik PLN. Ini adalah pemahaman yang salah dan dapat merusak komponen di dalam laptop itu sendir! why ? Jenis arus listik PLN adalah arus bolak-balik (AC) dan beda potesialnya adalah 220 V. Sedangkan mesin dalam laptop (motherboard, fan, dsb) memerlukan arus searah (DC) yang beda potensialnya sekitar 14,7 volt (bisa kurang atau lebih tergantung jenis dan tipe laptop). Tegangan PLN juga dinamis (tidak stabil ) bisa lebih atau kuang dari 220 V. Belum lagi ancaman listrik mati yang dapat membuat laptop anda mati tiba-tiba. Jika hal ini terjadi, bukan hanya mesin laptop yang dapat rusak, data yang tersimpan di harddisk pun bisa hilang.

4. Untuk pengopeasian laptop dalam kondisi charging, usahakan battery tetap terpasang pada laptop. Jika terpaksa harus dilepas, pastikan battery anda telah terisi penuh 100% sebelum dilepas. Batas maksimal pelepasan adalah 1 hari dan harus segera di masukkan ke laptop lagi.

5. Jangan meninggalkan laptop terhubung ke listrik PLN dan tidak terpakai selama lebih dari beberapa jam.


6. Jika anda ingin berpergian dan tidak menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, maka lepaskan battery anda dari laptop.

7. Jika anda memiliki battery cadangan, maka gunakanlah secara bergantian.


8. Pastikan laptop dalam keadaan mati saat anda hendak melepaskan atau mengganti battery.


9. Simpan battery di tempat yang kering dan jauhkan dari sinar matahari secara langsung.

10. Tampilam LCD memakan banyak daya, anda dapat menghemat daya dengan merendahkan level pencahayaan.


Nah buat anda yang ingin beli battery laptop saya sarankan datang aja ke Pusat Battery Laptop yang beralamatkan di Jl. Dr. Sardjito No. 20 (Barat Jembatan Sardjito ) Yogyakarta. Aku juga sempat catat no telp kok (0274) 6688300. Di situ tersedia beraneka macam battery dari yang original sampai yang compatible (alias KW-1, KW-2, de el el dah). Sekedar curhat, kemarin aku beli battery laptop ntuh, emang sih di situ sistemnya indent (kita pesan terus besoknya baru datang barangnya), tapi servicenya mantap benar. Battery ori yang aku beli digaransi selama 10 bulan. Saat pertama aku beli, terus di coba di counternya gak ada masalah. Nah saat aku bawa ke kost, laptopnya gak bisa nyala. Besokya aku kembali ke counter , dan mereka menukarnya dengan yang baru (walaupun prosesnya 2 hari). Sekarang laptopku joss kembali dan masih bergaransi 10 bulan ke depan ! Kalo mau lihat batterynya, nih penampakannya :



Semoga bermanfaat

Sumber : Pengalaman pribadi + diskusi sama mbak penjaga counter battery laptop (Thanks ya mbak udah menjawab seabrek pertanyaanku hihihihihihi)






Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
Baca Selengkapnya....