16 Desember 2009

Hikmah Tahun Baru Hijriyah


Tahun baru hijriyah disusun berdasarkan peristiwa penting yaitu, hijrah (pindahnya) Nabi Muhammad SAW dari mekkah ke madinah. Adapun Nabi Muhammad SAW sebelum hijrah ke madinah, telah berdakwah / menyebarkan agama di mekkah selama kurang lebih 13 tahun. Berkat keuletan, kegigihan, kesabaran dan sikap pantang menyerah Nabi, beliau telah mempunyai 13 orang pengikut di mekkah.

Hijrah, atau yang lebih dikenal dengan nama perpindahan dalam bahasa Indonesia yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ini, mempunyai makna keluar dari jalan yang salah, batil, tercela menuju jalan yang benar dan terpuji.

Kita sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT hendaknya menjadikan momentum tahun baru hijriyah ini, sebagai sarana untuk banyak melakukan perbuatan baik (beramal saleh) kepada Allah SWT. Ilmu mempunyai arti mengetahui sesuatu yang layak untuk diketahui. Adapun amalan yang akan diterima oleh Allah SWT, adalah amalan yang dikerjakan dengan ilmu. Karena sesungguhnya Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman , beramal saleh dan memilki ilmu pengetahuan (berilmu) dibanding dengan orang yang beriman dan beramal saleh tetapi tidak berilmu. Hal ini sesuai dengan firman Allah surah Al-Mujadilah, 58 ayat 11.

Beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Muharam adalah :
o Diterimanya taubat Nabi Adam AS oleh Allah SWT, yang telah melanggar peraturan dengan memakan buah khuldi yang terdapat di surga. (khuldi=kekal)
o Keluarnya Nabi Yusup AS dari penjara atas fitnah yang ditujukan kepadanya.
o Peristiwa Nabi Nuh (kapal).
o Tidak terbakarnya Nabi Ibrahim AS saat dibakar api yang begitu dahsyat, atas hukuman yang dideritanya karena telah menghancurkan berhala.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

Terapi Ion mengatakan...

Thanks yaa gan buat infonya..
Jangan lupa mampir blok ane gan :D

Peluang Usaha Rumahan
Manfaat Terapi Ion Elektrik
Peluang Usaha Modal Kecil

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....