01 Oktober 2011

Tips & Trik : Buat Battery Netbook / Notebookmu Bekerja 2 jam atau Lebih



Wah udah lama nggak isi blog, serasa bersalah punya blog tapi gak penah di update (hihihi). Nah untuk menebus kesalan itu, aku mau bagi-bagi tips dan trik nih, tentang merawat salah satu komponen vital dari laptop, yaitu battery. Untuk kamu yang baru beli laptop ataupun beli battery laptop info ini sangat berguna loh, untuk menjaga peforma dari battery laptop anda. Karena penggunaan yang salah, bisa mengakibatkan battery laptop anda hanya bisa bertahan kurang dari 60, 30, 15 atau bahkan 5 menit. Yang ekstrim lagi nih, battery anda bisa konslet dan tidak dapat digunakan (kasus yang terjadi pada saya sendiri hihihihihi). Sebaliknya, jika anda dapat merawat dan menggunakannya dengan baik dan benar, insya Allah Laptopmu bisa bekerja 2 jam atau lebih. Langsung aja nih tips dan triknya:

1. JIka anda baru membeli laptop atau battery laptop, Pasang battery ke laptop anda (dalam kondisi mati), Lalu hidupkan laptop seperti biasa dan lihat indicator battery (biasanya terletak di pojok kanan bawah laptop anda), kemudian amati :


a. Jika indikator menunjukan battery anda masih bermuatan 30 % atau lebih, maka gunakan laptop anda sampai indikator menunjukkan battery tersisa sekitar 10-15 %. Setelah itu matikan laptop dan lakukan pen-chargeran selama 4-8 jam dalam kondisi laptop mati.


b. Jika indikator menunjukan battery anda masih bermuatan lebih rendah dari 30 %, maka anda harus matikan laptop dan lakukan pen-chargeran selama 4-8 jam dalam kondisi laptop mati.

Setelah battery terisi penuh maka anda dapat mengoperasikan laptop dan mengulangi langkah 1 diatas sebanyak 4 sampai 5 kali. Jika langkah-langkah ini anda lakukan dengan baik dan benar Insya Allah di pemakaian selanjutnya battery anda akan bekerja optimal !

2. Untuk penggunaan-penggunaan selanjutnya, segera lakukan penchargeran battery jika indikator telah menunjukkan angka 10 % (dalam kondisi low bat). Proses penchageran dilakukan sampai battery benar-benar penuh. Biasanya ditandai dengan lampu indikator battery laptop yang berubah dari warna kuning menjadi warna hijau. Setelah battery terisi penuh segera lepas charger dari arus listrik PLN.

3. Ada orang yang beranggapan bahwa, selama penggunaan di rumah, battery laptop sebaiknya di lepas dan biarkan laptop mendapat supply langsung dari arus listrik PLN. Ini adalah pemahaman yang salah dan dapat merusak komponen di dalam laptop itu sendir! why ? Jenis arus listik PLN adalah arus bolak-balik (AC) dan beda potesialnya adalah 220 V. Sedangkan mesin dalam laptop (motherboard, fan, dsb) memerlukan arus searah (DC) yang beda potensialnya sekitar 14,7 volt (bisa kurang atau lebih tergantung jenis dan tipe laptop). Tegangan PLN juga dinamis (tidak stabil ) bisa lebih atau kuang dari 220 V. Belum lagi ancaman listrik mati yang dapat membuat laptop anda mati tiba-tiba. Jika hal ini terjadi, bukan hanya mesin laptop yang dapat rusak, data yang tersimpan di harddisk pun bisa hilang.

4. Untuk pengopeasian laptop dalam kondisi charging, usahakan battery tetap terpasang pada laptop. Jika terpaksa harus dilepas, pastikan battery anda telah terisi penuh 100% sebelum dilepas. Batas maksimal pelepasan adalah 1 hari dan harus segera di masukkan ke laptop lagi.

5. Jangan meninggalkan laptop terhubung ke listrik PLN dan tidak terpakai selama lebih dari beberapa jam.


6. Jika anda ingin berpergian dan tidak menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, maka lepaskan battery anda dari laptop.

7. Jika anda memiliki battery cadangan, maka gunakanlah secara bergantian.


8. Pastikan laptop dalam keadaan mati saat anda hendak melepaskan atau mengganti battery.


9. Simpan battery di tempat yang kering dan jauhkan dari sinar matahari secara langsung.

10. Tampilam LCD memakan banyak daya, anda dapat menghemat daya dengan merendahkan level pencahayaan.


Nah buat anda yang ingin beli battery laptop saya sarankan datang aja ke Pusat Battery Laptop yang beralamatkan di Jl. Dr. Sardjito No. 20 (Barat Jembatan Sardjito ) Yogyakarta. Aku juga sempat catat no telp kok (0274) 6688300. Di situ tersedia beraneka macam battery dari yang original sampai yang compatible (alias KW-1, KW-2, de el el dah). Sekedar curhat, kemarin aku beli battery laptop ntuh, emang sih di situ sistemnya indent (kita pesan terus besoknya baru datang barangnya), tapi servicenya mantap benar. Battery ori yang aku beli digaransi selama 10 bulan. Saat pertama aku beli, terus di coba di counternya gak ada masalah. Nah saat aku bawa ke kost, laptopnya gak bisa nyala. Besokya aku kembali ke counter , dan mereka menukarnya dengan yang baru (walaupun prosesnya 2 hari). Sekarang laptopku joss kembali dan masih bergaransi 10 bulan ke depan ! Kalo mau lihat batterynya, nih penampakannya :



Semoga bermanfaat

Sumber : Pengalaman pribadi + diskusi sama mbak penjaga counter battery laptop (Thanks ya mbak udah menjawab seabrek pertanyaanku hihihihihihi)






Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



8 komentar:

Raty Sajaa mengatakan...

makasi bwd info n tips nya yang amat sangat bermanfaat,, .^^.

argo satrio mengatakan...

Senang Bisa membantu !!!!!
maksih udah berkunjung, d tunggu komentar2 lainnya..

nurza mengatakan...

saya baru beli baterai li-ion untuk toshiba saya, tapi kenapa ya saat saya cek di tempat pembelian tadi baterainya kosong (kata orangnya harus di charge terlebih dahulu karena baru), karena saya awam saya bawa saja baterai tersebut (setelah saya bayar tentunya), tapi tadi cek di internet, termasuk di blog mas ini, katanya klu baterai baru itu seharusnya masih ada isi, paling ga 30%, bahkan ada yang bilang bahwa baterai li-ion tidak boleh kosong untuk penyimpanan (terutama penyimpanan lama)..
kira2 gimana itu? apakah kondisi baterai yang saya beli itu bagus atau sudah tidak bagus, saya beli baterai tersebut dengan harga original, di tempat service center merk laptop saya..

kusnendar mengatakan...

Yang guwa praktekin slm ini ketika main game batreinya di copot :-D

achmad solihin Pkhgarut mengatakan...

.
Kalo yang kw berapa harganya gan?

Rosnida Zainab mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Royalewin Indonesia mengatakan...

Makasih Atas Informasinya Sangat Bermanfaat

Agen Bola Terbaik
Agen Bola
Agen Bola Online
Judi Bola
Taruhan Bola
Agen Bola Terpercaya
Taruhan Bola Terpercaya
Bandar Bola Online

BANDARQ mengatakan...

Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


bandarq
Domino 99
Situs Poker Online
Domino Qiu Qiu
Poker88 Indonesia

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....