03 Oktober 2008

Yuk,, Hindari Virus Komputer !!!


Masalah yang cukup sering melanda computer adalah virus .Virus Komputer emank udah lama merajalela. Virus-virus ini sbenarnya merupakan program atau software yg biasa d bwt para hacker yang usil (sebutan bwt pembuat virus) untuk merusak ataupun menghilangkan data-data. Seperti tujuannya, efek dari computer yang terserang virus adalah mulai dari hilangnya data-data, lambatnya operasional computer, kerusakan software, bahkan dapat meng Crash hardware computer. Terus terang komputerq sendiri udah berkali-kali terserang virus (dulu sich). Pengobatannya dimulai dari menghapus virus tsb dgn anti virus, sampai2 harus mengeluarkan gocek yang tidak dqit. karena harus instal ulang. Jengkel, So Pasti… Saya bukannya ahli computer yg dapat membuat software antivirus. Tapi, Sesuai pepatah bahwa Pengalaman adalah guru yang terbaik. Jadinya sekarang saya hanya dapat memberikan sedikit tips yg biasa saya gunakan untuk menghindar dari virus tsb. Berikut tips dariku :

1. Gunakan anti Virus
Modal utama kita untuk menghindar dari virus adalah software anti virus. Anti virus yang di beli memank lebih ampuh menghalau virus. Biasanya dapat dibeli dalam bentuk cd, lalu di install di computer. Tetapi, bila anda bernasip sama seperti saya yang notabene seorang pelajar berkantung tipis dan hidup di kota kecil ada solusinya. Saat ini banyak anti virus yang mudah dan gratis di download dari internet, seperti avg, ansav, avira, avast dll.

2. Selalu Update anti virus
Masalah yg sering saya jumpai pada teman-teman saya adalah mereka selalu mengoperasikan anti virus yg sudah kadaluarsa alias out of date. Padahal anti virus yang kadaluarsa sudah tidak dpt beropersi secara maksimal. Oleh sebab itu rajinlah mengupdate anti vrus yang anda gunakan. Bagi pengguna computer yang gak langsung terhubung (offline) ke internet. Jangan khawatir, ada anti virus yang dapat di update melalui folder. Caranya ? simpan updatetan di flash disk lalu copy langsung aja ke computer kita.

3. Minimalkan kontak dengan flash disk asing
70% virus yang menyerang komputerku berasal dari flash disk.. Virus local sering menggunakan flashdisk sebagai media penyebaran. Namun, apabila suatu saat kita terpaksa menggunakan flasdisk asing kita dapat meminmalkan penyebaran virus dengan menscannya terlebih dahulu, tentunya dengan antivirus yang telah di update.

4. Gunakan CD untuk menyebarkan data
Bila kita ingin memberikan data atau mengirmkan data kepada orang lain, gunakanlah cd. Menurut pengalamanq, cd jarang terjangkit virus. Bila terjangkit juga dapat digunakan perbandingan 1:1000 cd.

5. Jangan asal download dari internet
Bagi kaum muda seperti saya, yang sering main internet. Saya sarankan untuk tidak asal mendownload mp3 maupun software sembarang dari internet. Tidak jarang para hacker menggunakan download gratisan sebagai media penyebar virusnya. Bila kita ingin mendownload, lihat terlebih dahulu apakah website tersebut banyak di kenal atau dapat di percaya atau tidak.

6. Kenali isi dari computer anda
Cara ini cukup praktis dan sering saya lakukan. Kita hanya tinggal mengexplore computer kita dan melihat-lihat isi computer kita. Satu pesan dari saya bila kita tiba-tiba melihat folder atau file asing yang tiba-tiba muincul dalam computer kita. Jangan langsung membukanya atau mengoperasikannya, tetapi kita harus menscannya dulu dengan ani virus yang kita gunakan.

7. Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Sesempurna apapun rencana yang di buat manusia, namun hanya Allah lah yang menentukannya. Jadi saya hanya sarankan untuk banyak berdoa agar computer kita terhindar dari bahaya virus.

Sekian tips dariku, semoga bermanfaat….


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



4 komentar:

Terapi Ion mengatakan...

Thanks yaa gan buat infonya..
Jangan lupa mampir blok ane gan :D

Peluang Usaha Rumahan
Manfaat Terapi Ion Elektrik
Peluang Usaha Modal Kecil

BANDARQ mengatakan...

Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


bandarq
Domino 99
Situs Poker Online
Domino Qiu Qiu
Poker88 Indonesia

BANDARQ mengatakan...

Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


bandarq
domino99 online terpercaya
dominoqq
domino qiu qiu

Agen Poker mengatakan...

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


bandarq
Agen Poker
poker uang asli

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....