22 April 2011

Menuntut Ilmu di Samping KARTINI

Kamis 21 april 2011. Ada yang spesial hari ini ! Mendadak banyak dijumpai wanita-wanita yang mengunakan kebaya, sanggul dan lain sebagainya. Sehari sebelumnya, di tempat kursus bahasa inggrisku juga diadakan lomba penulisan essay yang bertema tentang wanita. Yup anda benar, kemarin adalah hari kartini. Menurut guru kewarganegaraanku dulu, hari tersebut di pilih karena merupakan hari kelahiran salah satu tokoh pahlawan Indonesia. Raden Ajeng Kartini namanya ! Beliaulah yang membawa angin perubahan besar yang bertemakan "EMANSIPASI WANITA". Kata guruku yang tadi sih, dulu wanita gak boleh mengenyam pendidikan (bersekolah). Nah kartinilah yang mencetuskan teori bahwa wanita sama dengan pria dan berhak bersekolah. Kalo gak ada kartini, belum tentu ibu, bulek , tante, mbak atau nenek anda bisa bersekolah loh...

Dalam postingan kali ini, aku gak akan menuliskan tentang biografi beliau. Karena saya lihat di blog-blog lain udah banyak yang menjelaskan mengenai hal itu. Disini saya akan menjelaskan tentang reaktor nuklir, karya anak bangsa yang di beri nama K A R T I N I. Lokasi reaktor itu sendiri berada satu kompleks dengan kampusku (STTN-BATAN) di lingkungan PTAPB (Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan) BATAN Yogyakarta. Mahasiswa STTN juga, pada semester atas sering menggunakan reaktor ini untuk praktikum. Nah untuk lebih jelasnya simak ulasan saya berikut :


Reaktor Kartini memiliki daya 100 kW dan terletak di kawasan nuklir Yogyakarta dengan luas lahan sekitar 8,5 ha. Di samping Reaktor Kartini, kawasan ini juga memiliki fasilitas perangkat subkritik, laboratorium penelitian bahan murni, akselerator, laboratorium penelitian D2O, laboratorium fisika dan kimia nuklir, fasilitas keselamatan kerja dan kesehatan, perpustakaan, fasilitas laboratorium untuk pendidikan, Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan, serta Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN).


Kenapa kartini?

Dari sekian banyak nama yang keren. Dipilihlah kartini sebagai nama dari reakator tersebut. why? Usut punya usut, reaktor ini dulunya dibangun pada tahun 80-an, dengan kerja keras anak-anak terbaik bangsa ini loh. Kata pak dosenku sih, yang berjasa dalam pembangunan reaktor ini adalah senior-senior dari teknik nuklir UGM. Karena merupakan kawasan nuklir, otomatis daerah sekitar reaktor di jaga ketat. Di sekeliling reaktor di pasang CCTV. Tidak sembarang orang boleh masuk ke reaktor kartini. Termasuk saya sendiri yang merupakan mahasiswa STTN-BATAN. Sekedar sharing, untuk dapat masuk ke rekator, para mahasiswa harus menggunakan seragam + badge (semacam kartu pengenal) khusus. Tidak sampai di situ, setiap keluar-masuk kawasan PTAPB mahasiswa STTN harus mengisi buku tamu (semacam buku tamu di acara nikahan). Bedanya, kalo di acara nikahan, selesai mengisi buku tamu kita langsung memberi amplop atau bingkisan atau mempelai. Nah, kalo disini, setelah mengisi buku tamu, kita harus menitipkan tas atau barang-barang yang sekiranya tidak diperlukan selama berada di kawasan nuklir.

Supaya gak penasaran, nih aku kasih beberapa foto yang sempat aku ambil saat berada di reaktor nuklir kartini.


Berpose bareng aji, di depan reaktor nuklir kartini


narsis abis, hihihhihi


Bareng pak peneliti, berpose di gedung reaktor




Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



7 komentar:

Rosnida Zainab mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Royalewin Indonesia mengatakan...

Terima Kasih Gan Sudah Berikan Masukan Lewat Artikel Ini.. Lanjutkan Gan

Agen Bola Terbaik
Agen Bola
Agen Bola Online
Judi Bola
Taruhan Bola
Agen Bola Terpercaya
Taruhan Bola Terpercaya
Bandar Bola Online

nikki mengatakan...

Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


bandarq
Domino 99
Situs Poker Online
Domino Qiu Qiu
Poker88 Indonesia

lanny mengatakan...

Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


bandarq
domino99 online terpercaya
dominoqq
domino qiu qiu

Agen Poker mengatakan...

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


bandarq
Agen Poker
Poker Uang Asli

dominoqq mengatakan...

Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk update selanjutnya gan


bandarq
domino99 online terpercaya
dominoqq
domino qiu qiu

Agen Poker mengatakan...

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^



Agen poker
Agen poker online

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....