Ilustrasi gambar http://digitalthree.wordpress.com
Seperti biasa, tadi sore (menjelang isya sih sebenarnya) aku pergi mencari tempat pembelian makanan langgananku di tambakbayan. Tambakbayan sendiri sebenarya adalah kawasan kos-kosan mahasiswa, yang dijadikan juga tempat jual-beli keperluan mahasiswa. Dikawasan ini banyak berdiri warung, warnet, rental computer, rental motor, sampe fotokopian. Wajar saja kawasan ini diapit beberapa kampus gede, kampus III nya UPN dan Atmajaya yogyakarta di jalan babarsari. Nah, kebetulan tadi jupie merahku juga lagi kehausan, alias minta di isikan bensin. Karena itu, sebelum mancari makan, aku sempatkan mampir ke SPBU babarsari. Mugkin karena malam, banyak banget pengendara-pengendara yang juga mengisi bensin di kendaraannya masing-masing.
Entah kebetulan atau gak, saya juga sering mengisi bensin untuk si jupie merah pada malam hari. Tapi bukan tanpa alasan saya melakukan itu. Sebagai anak teknofisika nuklir (sedikit narsis hehehe) + sebagai anak kost yang memegang prinsip “hemat beb” trik ini memang sudah lama saya gunakan. Mengisi Bensin di Malam Hari Lebih Efisien Dibanding di Siang Hari !!!! dan JANGAN Mengisi Bensin dalam Keadaan Full Tank !!!! Lha kok bisa? Bisa donkz…
Gini penjelasannya, menurut ilmu fisika, suatu materi yang mengalami kenaikan suhu (pemanasan), pada umumnya volumenya akan memuai. Sebaliknya, saat mengalami penurunan suhu (pendinginan), akan menyusut.
Ilustrasi gambar http://justwinda.wordpress.com
Jika dianalogikan (Don’t try this at home) , saat temanmu lagi patah hati di putusin ma doinya, trus kamu manas-manasi bahwa si A lah yang menyebabkan keretakan hubungan mereka. Otomatis temanmu yang patah hati itu akan meluap-luap emosinya, kepalanya memerah, kelima jarinya mengepal, seakan ingin memberi ‘bogem mentah’ untuk si A. Lain halnya jika kamu mendinginkan suasana hatinya, dengan berkata ; “sudahlah, loe emang gak cocok untuk dia. Masa depanmu suram, gak ada harapan !!! Lebih baik loe bunuh diri aja !”.
ANALAOGI YANG SALAH, (hihihihi, JUST KIDING !!!! and Don’t try this at home!!!!).
Pokoknya gitu dah ! Balik ke masalah bensin, Di indonesia bahkan di seluruh dunia, pembelian BBM (bahan bakar minyak) untuk konsumsi publik, di sesuaikan dengan volume. Misalkan harga premium Rp. 4.500/ liternya. Nah, saat kamu mengisi bensin di malam hari, suhu lingkungan SPBU cenderung rendah. Bensin juga mengalami penyusutan volume. Bisa di bayangkan keuntungannya? Yup, kamu membayar bensin saat bensin mengalami penyusutan volume terkecil. Otomatis kamu membayarnya dengan harga cenderung murah. Kemudian, saat kamu beraktifitas di pagi atau siang harinya, bensin dalam tanki motor / mobilmu akan mengalami pemuaian, dan kendaraanmu akan mengonsumsi bensin saat bensin mengalami pemuaian volume terbesar. Dengan kata lain, kamu membayar bensin saat volume bensin masih kecil (saat pembelian bensin murah), tetapi beraktifitas ketika volume bensin di motormu menjadi besar (saat pembelian bensin mahal).
Sebaliknya, saat kamu mengisi bensin di siang hari, suhu lingkungan SPBU cenderung tinggi. Bensin juga mengalami pemuaian volume. Berarti, kamu membayarnya dengan harga yang cenderung lebih mahal. Lebih rugi lagi, kalo hanya beraktifitas di malam hari. Bisa saja bensin 2 liter yang kamu beli di siang hari berubah menjadi 1,9 liter di malam hari. Memang sepele kelihatanya, tapi kalo kita coba hitung. Misalkan kamu mengisi bensin 2 liter untuk 2 hari. Dalam sebulan kamu berarti 15 kali mengisi bensin. Jika setiap kali mengisi bensin kamu kehilangan 0,1 liter, maka :
Selama satu bulan :
15*0,1 liter = 1,5 liter/ bulan.
Selama setahun :
1,5 liter/bulan * 12 bulan = 18 liter / tahun.
Jika di Indonesia ini ada 1.000 orang yang melakukan hal yang sama denganmu :
1.000 * 18 liter/ tahun = 18.000 liter/tahun.
(Data ini cuma perkiraan dan analisa penulis, bukan hasil penelitian Lembaga-lembaga survey ternama di Indonesia, hihihihi )
Nah, hal ini juga sama dengan Kasus , “Mengapa kita tidak boleh mengisi bensin sampai 100 % penuh”. Kebiasaan buruk orang Indonesia, karena malas bolak-balik SPBU, mereka mengisinya secara full-tank, sampai meluber di bibir tanki. Terkadang sampai harus di goyang-goyang, biar tambah yakin kalo tanki benar-benar terisi penuh. Padahal petugas pengisi (yang biasa berseragam serba merah) udah gak mau mengisi bensin ke tanki motor kita. (Jangan nyengir-nyengir kalo anda pernah melakukan hal ini). Hal ini sebenarnya sangat berbahaya (karena tidak sesuai dengan prinsip anak kost, yang biasanya Cuma mampu ngisi bensin seharga 5000-10.000! eh salah , maksudku prinsip anak teknofisika, hehehe).
Begini ceritanya,saat beroperasi, mesin motor akan menghasilkan panas. Gak percaya? Coba aja sentuh knalpot motor yang baru di pake perjalanan 100 Km. Dijamin jari anda jempolan semua (pada bengkak masudnya). Panas dari mesin ini, walaupun kecil akan merembet ke tanki motor (peristiwa konduksi). Otomatis bensin akan memuai. Jika bensin anda benar-benar penuh, sampai tidak ada lagi ruang kosong, maka tekanan di tanki bensin akan semakin besar. Sehingga uap-uap bensin akan bocor melalui celah-celah. Jika di saat bersamaan, ada percikan api yang langsung menyambar uap bensin tersebut, BOOM meledaklah tanki motor anda…….!
Begitu ceritanya.
So mulai dari sekarang,
Isilah Bensin di Malam Hari dan JANGAN Mengisi Bensin dalam Keadaan Full Tank !!!!
Tambahan iklan layanan masyarakat :
BUDAYAKAN MENGGUNAKAN PERTAMAX, BBM bersubsidi hanya untuk masyarakat yang gak mampu.
(iklan ini tidak ditujukan untuk anak kost, hehehe)
Semoga Bermanfaat!
15 komentar:
Bener juga, logikanya dapet hehe anak kos emang harus [egang prinsip "hemat beb" ahhaha keren..! Mampir juga ke blog aku ya anak teknofisikia! He
http://id.mautahugak.co.cc/2011/07/kebebasan-berekspresi-berbuah-prestasi.html
mantab tu gan untung saya gan britahu(bukan bri tahu acara tv)hemat banyak sebulan gan,buat:(jajan).
Senang bisa membantu Gan !
tapi mas kan isi bbm full tank untuk mencegah timbulnya karat pada tanki bbm...
kalo ga full dkawatirkan bagian yg kosong akan ditempeli air hasil kondensasi uap air dari bensin atau dari luar...
banyak orang yang membuktikan kalo tanki full terus, niscaya bebas karat...
iya juga ya, nice info Gan !!!!!
Semua cara pada dasarnya punya dampak positif dan negatif. tinggal kita yang harus pandai-panadai memilih. Cara mana yang memiliki keuntungan lebih banyak.
wiyh bagus ituh mas, apah lagi motor qu 'si koodok' matic jadi tak isi pertamax... :)
nice info mas :)
Senang bisa membantu,
Tetapi, setelah diskusi dengan teman-teman yang lebih berkompeten, keliatannya tulisan ini perlu sedikit di revisi, di tunggu aja ya update-anya...
^.^
sebagai anak fisika,, ane juga setuju tuh.. kalo masalah hemat2an..hehe.., lagian juga kalo ngisi full mesti bayarnya hasil pembulatan,, wkwkwk..
Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..
mantab gan.
Beberapa Fakta Unik Mohamed Salah
Ibunda Pelatih Manchester United Meninggal Dunia
Posting Komentar
Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....