01 Februari 2013

LAPORAN KERJA PRAKTEK DI PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk. PABRIK TUBAN

LAPORAN KERJA PRAKTEK
DI PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk. PABRIK TUBAN
(SEKSI PEMELIHARAAN SISTEM KONTROL)
PERIODE 1 AGUSTUS-31 AGUSTUS 2012


INTISARI

PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. sebagai salah satu BUMN yang bergerak dibidang pembuatan semen merupakan salah satu perusahaan yang dalam aktifitas produksinya sudah menerapkan kecanggihan dari teknologi sistem kontrol dan informasi yang berbasis komputer. Sehingga kuantitas produksi dapat meningkat dan melahirkan produk-produk semen dengan kualitas yang terkomputerisasi. Namun dalam penggunaanya, pemeliharaan sistem kontrol harus dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan untuk menjamin kelancaran proses produksi.

Tujuan dari analisis sistem kontrol dalam proses produksi semen adalah untuk mengetahui sistem kontrol yang sedang berjalan secara detil dan terperinci di PT. Semen Gresik (Persero) pabrik tuban dan untuk memberikan kemudahan
dalam melakukan proses pemeliharaan sistem kontrol.



Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis meliputi studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan meliputi wawancara dan pengamatan. Studi pustaka dilakukan dengan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah yang dihadapi penulis.

Berdasarkan hasil analisis terhadap sistem kontrol yang telah berjalan di PT. Semen Gresik (Persero) pabrik tuban, semua perhitungan mengenai kontrol di plant dilakukan oleh kontroler. Sebagai otak pengaturan dari Distributed Control System (DCS), kontroler berfungsi melakukan pengontrolan regulatory,sequence, atau batch. Konfigurasi Distributed Control System (DCS) terdiri dari tiga bagian, yaitu Field Instrument, Controller, dan Human Machine Interface (HMI). Komunikasi antara kontroler dan instrumen dihubungkan melalui kabel biasa pada modul I/O pada Programmable Logic Controller (PLC) sesuai pengalamatan masing-masing komponen instrument tersebut dengan program yang dibuat.


Kata Kunci : sistem kontrol, pemeliharaan, DCS, PLC

Bagi anda yang ingin mendownload laporan kerja praktek ini secara lengkap, silahkan klik disini.






Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



13 komentar:

dadan mengatakan...

terima kasih artikel laporan kerja praktek nya (y)

poker uang asli mengatakan...

artikelnya bagus gan.....

Ganool mengatakan...

terimakasih infonya gan.....

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Poker Online mengatakan...

Salam kenal, sangat bermanfaat sekali infonya :)

bandarq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
dominoqq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Cerita Dewasa
Cerita Seks
Cerita Sex

Film Semi JAV
Semi JAV
Bokep Semi JAV

Cerita Dewasa – Melayani Nafsu Besar Mbak Iin Janda Muda Seksi
Cerita Dewasa – Mencoba Barang Anak SMP Hingga Tembak Dalam
VIDEO SEMI – JAV THE SIX HOLES THAT ARE TOO SMALL ARE THE HOLES OF THE GIRLS WHO ARE COMFORTABLE WITH EACH OTHER

FILM SEMI - DELICIOUS THREE SISTERS (2018)
FILM SEMI - BIG CHESTED SISTERS (2018)
FILM SEMI - AN AFFAIR YOUNG STEPMOTHER ( 2018 )

Sen mengatakan...

Sangat menarik sekali artikelnya......

Indonews - Lautaro Martinez Kini Menjadi Sasaran Utama Klub Barcelona

Sen mengatakan...

Kronologi Alisson Mendapatkan Kartu Merah

Sen mengatakan...

Para Mantan Pemain Manchester United Yang Terlupakan Di Old Trafford

Sen mengatakan...

Ibrahimovic akan kembali ke Inggris,pensiun dari Milan?

BELLA DEVIANTI mengatakan...

Hai.
Terima kasih ya infonya sangat berguna sekali.
Semoga artikelnya bermanfaat bagi semua orang ya
Salam BELLA ^^
BELLA DEVIANTI

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....