13 Februari 2014

Membuat Rangkaian Catu Daya Tegangan Tinggi DC (High Voltage DC Regulator)

Dalam perkembangan sistem elektronika, HVDC atau yang lebih sering dikenal dengan Catu Daya Tegangan Tinggi DC belakangan menjadi lebih sering digunakan. Untuk kalangan peneliti, HVDC bisa digunakan untuk mencatu detektor nuklir agar dapat terjadi ionisasi, yang pada akhirnya dapat mendeteksi dan mengukur besarnya zarah radiasi nuklir. Penerapan yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada raket pembasmi nyamuk. Tegangan yang berasal dari battery 5 volt digandakan berpuluh bahkan beratus kali lipat sampai dapat menghasilkan keluaran 1500-2000 Volt DC. Jangan heran, bila serangga seperti nyamuk dapat langsung terpanggang diatas raket. :D


Lalu, apakah ini juga berbahaya bagi manusia ? Jawabannya adalah tidak ! Mungkin anda hanya akan terkejut. Pelipatan yang terjadi dalam rangkaian HVDC ini hanya terbatas pada pelipatan tegangan, tidak untuk arus. Arus yang dihasilkan dalam rangkaian HVDC cenderung kecil, bahkan mengalami penurunan dibanding arus masukan. Hal ini tentunya telah disesuaikan dengan penggunaannya pada detektor nuklir atau pada raket nyamuk yang cukup membutuhkan arus yang kecil. Oke, sebelum anda mencoba membuatnya, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu prinsip kerja HVDC berikut :


Blok diagram catu daya tegangan tinggi DC, seperti ditunjukkan pada Gambar berikut :



Untuk mendapatkan tegangan tinggi diperoleh dengan cara DC to DC converter dari 5 volt DC menjadi 1000 volt DC. Dalam pengunaanya, seperti untuk mencatu tegangan kerja detektor nuklir, keluaran dari HVDC harus bersifat variabel atau dapat diatur. Sedangkan untuk penggunaan pada raket nyamuk, besarnya keluaran selalu tetap. Pengaturan tegangan keluaran HVDC (0-1000 volt) ini dapat dilakukan dengan mengatur besarnya tegangan referensi (0-5 volt).

Rangkaian DC to DC converter terdiri dari osilator gelombang kotak, trafo penaik tegangan/step up dan dioda penyearah. Prinsip kerjanya osilator gelombang kotak membangkitkan 2 pulsa gelombang kotak dengan polaritas berbeda 180° selanjutnya masuk ke penguat push pull untuk dikuatkan tinggi pulsanya dan kemudian kedua pulsa dengan polaritas berbeda 180° tersebut diumpankan ke tap tepi trafo step up lilitan primer, sementara tegangan referensi dimasukkan ke tap tengah trafo lilitan primer dengan tegangan yang dapat diatur. Kemudian pada output trafo/lilitan sekunder akan keluar tegangan tinggi yang masih merupakan gelombang AC untuk selanjutnya disearahkan dengan dioda penyearah dan difilter tegangan riaknya. Maka akan keluar tegangan tinggi yang dapat diatur dari 0 sampai 1000 volt.

Ribet ya bahasanya ? :D Emang iya ! Apalagi rangkaian elektroniknya . Berhubung saya bukan tipe orang yang suka dengan keribetan, kali ini kita akan belajar elektronika bersama, dengan membuat Rangkaian Catu Daya Tengangan Tinggi DC (HVDC)yang lebih sederhana, namun tetap menggunakan prinsip DC to DC converter. Let's check it out !




Dari gambar di atas, masukan tegangan referensi yang dapat diatur 0-4 volt akan mengalir melewati LED. LED berfungsi sebagai indikator apabila ada tegangan yang melewatinya, sehingga pada saat rangkaian tegangan tinggi dihubungkan dengan sumber tegangan maka LED akan menyala. Transistor sebagai sebagai osilator bekerja seperti saklar yang akan membuka dan menutup agar terbentuk tegangan bolak-balik dan dihubungkan pada tap tengah trafo. Tegangan keluaran dari resistor 220 ohm melewati transformator jenis step up sehingga tegangannya naik. Untuk mendapatkan tegangan kerja bagi detektor sekitar 600 - 1000 Volt, maka tegangan tersebut perlu dinaikkan lagi. Rangkaian pelipat tegangan akan melipatkan tegangan yang melewatinya. Rangkaian yang terdiri dari kapasitor dan dioda yang di paralel tersebut akan melipatkan tegangan hingga tegangan keluaran menjadi 1040 Volt. Pemasangan rangkaian dioda zener 56 volt sebanyak 20 buah yang disusun seri bertujuan sebagai buffer dari tegangan keluaran agar ketika dipasang beban detektor tegangan keluaran dari catu daya tegangan tinggi DC tidak mengalami penurunan tegangan.

Bagaimana, cukup mudah bukan ? Sekian tulisan tentang pembuatan Rangkaian Catu Daya Tegangan Tinggi DC (HVDC) kali ini. Bagi anda yang ingin berdiskusi, monggo mengisi kolom komentar :)

Salam,

Argo Satrio Wicaksono

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



55 komentar:

purwanto//dayeuhluhur mengatakan...

aduh ane sbg jurusan TI mmpelajari ini mumet gann,,,

Mencoba Mengisi Waktu Luang... mengatakan...

Saya awalnya juga merasa sulit untuk mempelajarinya. Tetapi karena suatu keharusan, setelah memahaminya bagian per bagian akhirnya bisa juga :)

AHMAD mengatakan...

rangkaian dari agan masuk akal karena terdapat trafo step up yang berlawanan prinsip dengan catu daya biasa, pertanyaan saya: jika ada tegangan 5 volt DC lalu akan dinaikkan jadi 10 volt DC apakah butuh trafo step up? trims jawabnya ya gan :)

Mencoba Mengisi Waktu Luang... mengatakan...

untuk rangkaian 5 to 10 DC converter anda tidak perlu menggunakan trafo. Setahu saya, ada rangkaian menggunakan beberapa transistor yang disusun menjadi astable multivibrator (transistor BC 547) dan dapat menaikkan tegangan DC dan tidak terlalu signifikan (5-10 volt DC)

Unknown mengatakan...

Wah.. Mantep nih blognya
referensi buat bikin HVDC / DC Chopper, tapi saya masih binggung kalo pingin bikin stepup dari 5V ke 220V komponen mana aja yg harus dirubah, apa dioda zener nya juga harus dikurangi ? dan jenis trafo apa yg dipakai

Unknown mengatakan...

salam kenal mas argo... mas catu daya 1000 volt DC ini keluaran arusnya berapa ya mas???
apakah arus yang dikeluarkan rangkaian ini bisa kita tingkatkan sampai 1 atau 2 amper lebih ngga??
sama satu lagi apakah rangkaian ini bisa di atur tidak keluaarannya semisal kan dari 0-1000 volt DC menggunakan mikro??
saya minta email mas argo boleh???
saya mau konsultasi sama mas untuk pengerjaan project tugas akhir saya..
sebelumnya terimakasih mas..

Mencoba Mengisi Waktu Luang... mengatakan...

Salam kenal Andi Agustian,
Untuk rangkaian tegangan tinggi DC seperti yang di blog saya hanya memiliki keluaran arus dalam orde mili ampere. Saya sendiri belum mengetahui bagaimana agar tegangan tinggi DC yang dihasilkan dapat dinaikkan menjadi 1-2 ampere lebih. Karena spesifikasi tegangan tinggi DC yang saya perlukan dari alat itu, adalah untuk mencatu tegangan detektor nuklir yang tidak memerlukan arus yang besar (hanya perlu arus dalam orde mili ampere).

Untuk membuat/mengatur output tegangan tinggi DC dari mikro sendiri, kita bisa menggunakan mode PWM dari mikrokontroler. Namun rangkaiaanya tentu berbeda dengan rangkaian yang saya posting di blog. Untuk lebih jelasnya saya lampirkan makalah mengenai hal itu. Makalah dapat diunduh pada link berikut : http://papers.sttn-batan.ac.id/prosiding/2012/34.pdf


Semoga bermanfaat.

Regards,

Argo Satrio Wicaksono

Mencoba Mengisi Waktu Luang... mengatakan...

Kepada Bonni Al Amin

Untuk mengurangi tegangan menjadi hanya 220 Volt DC, dapat digunakan dengan cara menghilangkan rangkaian pelipat tegangan (dioda dan kapasitor) atau menggunakan trafo dengan kemampuan pelipat tegangan yang rendah.

Pemasangan rangkaian dioda zener 56 volt sebanyak 20 buah yang disusun seri bertujuan sebagai buffer dari tegangan keluaran agar ketika dipasang beban detektor tegangan keluaran dari catu daya tegangan tinggi DC tidak mengalami penurunan tegangan. Jika anda hanya menginginkan tegangan keluaran sebesar 220 volt, maka jumlah dioda zener yang dibutuhkan adalah Z = 220 volt / 56 volt zener = 4 dioda zener (56 volt)

Unknown mengatakan...

malam mas, saya mau nanya. beli komponennya dimana ya? soalnya saya nyari komponennya dipekanbaru susah nyarinya bahkan gak ada

Unknown mengatakan...

gan,brapa lilit jumblah lilitan primernya,,,,

Unknown mengatakan...

Mas....mau tanya....

itu R2 nilainya bener 10K? atau mungkin kebalik nilainya dengan R1?

terimakasih

Sebar Copas mengatakan...

lumayan buat nyetrum nyamuk nakal

dwi h mengatakan...

Mas kalo 12 volt dc ke 48 volt dc arus output 20 A gimana rangkaiannya ? makasih sebelumnya ...

Unknown mengatakan...

Mohon maaf cuma pengen ikutan memberikan komentar, jika diperhatikan dari skema rangkaian yang ada pada postingan diatas maka bisa saya pastikan rangkaian tidak akan bekerja sama sekali kenapa " Dari simbol transistor yg digunakan, maka transistor akan switch jika mendapat tegangan basis positif sedangkan pada skema tidak, biasanya kaki emitor dihubung ke ground (-) sedangkan kaki basis triger lewat sebuah tahanan, kaki kolektor masuk ke kumparan.

Anonim mengatakan...

rangkaian transistor diatas salah.....kenapa dibiarkan? antara colektor & emiiter terhubung singkat lewat coil.....juga basis terhubung singkat ke ground? gmn bisa terjadi osilasi?? mohon dikoreksi :)

Anonim mengatakan...

Mas Argo..agak ribet yo...mas bisa minta tolong ga rangkai kan rangkaian nya..jadi tinggal pasang batrey..udah bisa dapat arus yg besar...kira kira berapa biaya nya mas argo...kalau ga repot mas..bisa balas komentar saya di email.saya..--alundevai21@gmail.com

INDEPENDENCE GROUP mengatakan...

Mas.ada skema rangkaian sederhana dc 12v ke 48v 2A

INDEPENDENCE GROUP mengatakan...

Mas.ada skema rangkaian sederhana dc 12v ke 48v 2A

pujangga pinggir kota mengatakan...

maaf gan tu TR1 jumlah lilitanya berapa?

Unknown mengatakan...

sya sdh sdkit fham tntang proses prubahan tgangan bterai yg 0-5 v mnjadi 1000an v. tp yg blum fham bgaimana proses chargernya. ddlm rngkaian raket nyamuk kan bs dices dgn lgsung colok listrik PLN.

Anonim mengatakan...

Rangkaian menyesatkan,saya liat banyak sekali blog yg copy paste gmbr ini,coba dijajal kasih tegangan,kalo itu rangkaian bisa kerja gue mau sembah orangnya yg bikin

Unknown mengatakan...

mas, mau tanya, misal dari psu atx, output nya kan 12v, pngn saya naikan jadi 50-60v itu gmn ya?

Ganool mengatakan...

artikelnya bagus gan.....

Agen Poker online mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat, thanks gan :)

Agen Poker online mengatakan...

artikelnya mantap dan bermanfaat ya sobat :D

bandarq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
dominoqq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Tante Siska mengatakan...

Artikel kamu sangat menarik, dan ijinkan saya untuk memberikan komentar dibawah!!

Daftar situs poker terbaik sepanjang massa
Situs Judi Terpercaya
Kumpulan Situs Poker
Cara Main Poker
Panduan Poker Online
Situs Judi Online Terbaik

Agen Bola
Bandar Bola
Agen Poker
Bandar Poker
Bandar Togel
Agen Casino
Agen Piala Dunia

911 Play mengatakan...

Situs poker online indonesia
cukup memanjakan member dengan promo dan bonusnya bagi member bonus tiap deposit dan bonus tiap withdrawl juga ada bagi member setia dengan ketentuan yang berlaku seperti nilai TO harus 5x dulu untuk mendapatkan bonus withdraw m

Tante Siska mengatakan...

It’s remarkable to pay a quick visit this web page and reading the views of all colleagues on the topic
of this piece of writing, while I am also keen of getting experience.
Poker Uang Asli
Daftar Situs Poker Online
Situs Judi Online Terpercaya
Situs BandarQ
Situs Domino QQ
http://www.daftarsituspkr.com

Della mengatakan...

Judi Bola Online - Warungplay

Pasang taruhan bola online di warungplay saat ini juga, dapatkan bonus deposit hingga 30% banyaknya
Bagi Anda yang suka bermainan Judi Bola Online, Kami menyediakan permainan Mix Parlay yang bisa dimainkan hanya dengan 2 tim saja
terdapat juga permainan lain, seperi Live Casino, Tangkasnet, Slot Machine, Poker Online, Togel Online

Bandar Bola Online
Situs Judi Indonesia
Tempat Taruhan Online
Cara Main Taruhan Bola
Situs Parlay 2 tim
Situs Taruhan Judi
Daftar Bandar Bola Online Terpercaya
Bandar Judi Bola Online
Bonus Deposit member baru
Judi Bola Online
Situs Judi Online
Poker Online

Kumpulan Berita Terupdate mengatakan...

Bagus artikelnya gan :) di tunggu artikel berikutnya

Situs Bandarq Online
Agen Bandarq Online
Bandarq Online Indonesia

situs poker mengatakan...

agen poker

Unknown mengatakan...

Cerita Dewasa
Cerita Seks
Cerita Sex

Film Semi JAV
Semi JAV
Bokep Semi JAV

Cerita Dewasa – Melayani Nafsu Besar Mbak Iin Janda Muda Seksi
Cerita Dewasa – Mencoba Barang Anak SMP Hingga Tembak Dalam
VIDEO SEMI – JAV THE SIX HOLES THAT ARE TOO SMALL ARE THE HOLES OF THE GIRLS WHO ARE COMFORTABLE WITH EACH OTHER

FILM SEMI - DELICIOUS THREE SISTERS (2018)
FILM SEMI - BIG CHESTED SISTERS (2018)
FILM SEMI - AN AFFAIR YOUNG STEPMOTHER ( 2018 )

Unknown mengatakan...

Salam kenal....saya ingin tanya...kalau saya punya dc motor 180 volt dan saya menghidupkan pakai 2 aki (24 volt) bagaimana membuat rangkaiannya ya? Teeima kasih

Overwight88 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
vendyshou mengatakan...

Baca juga Artikel Menarik dari saya ini


Berita Bola Terbaru









Angela Tania mengatakan...

Terima kasih kak, ARTIKEL sangat menarik dan bermanfaat

Sen mengatakan...

Terima kasih untuk artikelnya

David Luiz Memberi Saran Kepada Anak-anak Muda

Sen mengatakan...

Penguasaan Bola Lebih Besar, Liverpool Menang Tipis Laga Dengan Bournemouth

Sen mengatakan...

Cristiano Ronaldo Dengan Fans Imajinasinya

Sen mengatakan...

Tottenham Hotspurs Diberi Harapan Lewat Kesembuhan Harry Kane

Sen mengatakan...

Formasi Klopp Sesungguhnya Telah Terungkap

Sen mengatakan...

Pertandingan Liga Eropa Sevilla Vs As Roma Batal di Gelar

Sen mengatakan...

Virus Corona Juga Jadi Penyebab Di Stop Nya Ligue 1 Prancis

Sen mengatakan...

Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik Liverpool Dalam 10 Tahun Terakhir

Sen mengatakan...

Cristiano Ronaldo Jadikan Hotel Miliknya Jadi Rumah Sakit Untuk Penderita Virus Corona

Sen mengatakan...

Jose Mourinho Mengirimkan Makanan Kepada Orang Tua Di London

Sen mengatakan...

Beberapa Fakta Menarik Cristiano Ronaldo

Sen mengatakan...

Pesona Selebrasi Sukhasana Membuat Juventus Tertarik Kepadanya

Sen mengatakan...

Salah Satu Pemain Barcelona Menjadi Idola Lionel Messi

Sen mengatakan...

Presiden Bayern Munchen berbagi kegembiraannya dengan kontrak baru Thomas Muller

BELLA DEVIANTI mengatakan...

Hai.
Terima kasih ya infonya sangat berguna sekali.
Semoga artikelnya bermanfaat bagi semua orang ya
Salam BELLA ^^
BELLA DEVIANTI

PKV Games Agen Poker Online mengatakan...

id vip pkv games
akun hoki id vip
id pro vip
daftar id vip
situs id vip
akun hoki vip
id vip hoki
id vip pkv
hoki id vip
id hoki vip

Unknown mengatakan...

pake dc converter step up

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....