13 Februari 2014

Membuat Rangkaian Catu Daya Tegangan Tinggi DC (High Voltage DC Regulator)

Dalam perkembangan sistem elektronika, HVDC atau yang lebih sering dikenal dengan Catu Daya Tegangan Tinggi DC belakangan menjadi lebih sering digunakan. Untuk kalangan peneliti, HVDC bisa digunakan untuk mencatu detektor nuklir agar dapat terjadi ionisasi, yang pada akhirnya dapat mendeteksi dan mengukur besarnya zarah radiasi nuklir. Penerapan yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada raket pembasmi nyamuk. Tegangan yang berasal dari battery 5 volt digandakan berpuluh bahkan beratus kali lipat sampai dapat menghasilkan keluaran 1500-2000 Volt DC. Jangan heran, bila serangga seperti nyamuk dapat langsung terpanggang diatas raket. :D


Lalu, apakah ini juga berbahaya bagi manusia ? Jawabannya adalah tidak ! Mungkin anda hanya akan terkejut. Pelipatan yang terjadi dalam rangkaian HVDC ini hanya terbatas pada pelipatan tegangan, tidak untuk arus. Arus yang dihasilkan dalam rangkaian HVDC cenderung kecil, bahkan mengalami penurunan dibanding arus masukan. Hal ini tentunya telah disesuaikan dengan penggunaannya pada detektor nuklir atau pada raket nyamuk yang cukup membutuhkan arus yang kecil. Oke, sebelum anda mencoba membuatnya, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu prinsip kerja HVDC berikut :


Blok diagram catu daya tegangan tinggi DC, seperti ditunjukkan pada Gambar berikut :



Untuk mendapatkan tegangan tinggi diperoleh dengan cara DC to DC converter dari 5 volt DC menjadi 1000 volt DC. Dalam pengunaanya, seperti untuk mencatu tegangan kerja detektor nuklir, keluaran dari HVDC harus bersifat variabel atau dapat diatur. Sedangkan untuk penggunaan pada raket nyamuk, besarnya keluaran selalu tetap. Pengaturan tegangan keluaran HVDC (0-1000 volt) ini dapat dilakukan dengan mengatur besarnya tegangan referensi (0-5 volt).

Rangkaian DC to DC converter terdiri dari osilator gelombang kotak, trafo penaik tegangan/step up dan dioda penyearah. Prinsip kerjanya osilator gelombang kotak membangkitkan 2 pulsa gelombang kotak dengan polaritas berbeda 180° selanjutnya masuk ke penguat push pull untuk dikuatkan tinggi pulsanya dan kemudian kedua pulsa dengan polaritas berbeda 180° tersebut diumpankan ke tap tepi trafo step up lilitan primer, sementara tegangan referensi dimasukkan ke tap tengah trafo lilitan primer dengan tegangan yang dapat diatur. Kemudian pada output trafo/lilitan sekunder akan keluar tegangan tinggi yang masih merupakan gelombang AC untuk selanjutnya disearahkan dengan dioda penyearah dan difilter tegangan riaknya. Maka akan keluar tegangan tinggi yang dapat diatur dari 0 sampai 1000 volt.

Ribet ya bahasanya ? :D Emang iya ! Apalagi rangkaian elektroniknya . Berhubung saya bukan tipe orang yang suka dengan keribetan, kali ini kita akan belajar elektronika bersama, dengan membuat Rangkaian Catu Daya Tengangan Tinggi DC (HVDC)yang lebih sederhana, namun tetap menggunakan prinsip DC to DC converter. Let's check it out !




Dari gambar di atas, masukan tegangan referensi yang dapat diatur 0-4 volt akan mengalir melewati LED. LED berfungsi sebagai indikator apabila ada tegangan yang melewatinya, sehingga pada saat rangkaian tegangan tinggi dihubungkan dengan sumber tegangan maka LED akan menyala. Transistor sebagai sebagai osilator bekerja seperti saklar yang akan membuka dan menutup agar terbentuk tegangan bolak-balik dan dihubungkan pada tap tengah trafo. Tegangan keluaran dari resistor 220 ohm melewati transformator jenis step up sehingga tegangannya naik. Untuk mendapatkan tegangan kerja bagi detektor sekitar 600 - 1000 Volt, maka tegangan tersebut perlu dinaikkan lagi. Rangkaian pelipat tegangan akan melipatkan tegangan yang melewatinya. Rangkaian yang terdiri dari kapasitor dan dioda yang di paralel tersebut akan melipatkan tegangan hingga tegangan keluaran menjadi 1040 Volt. Pemasangan rangkaian dioda zener 56 volt sebanyak 20 buah yang disusun seri bertujuan sebagai buffer dari tegangan keluaran agar ketika dipasang beban detektor tegangan keluaran dari catu daya tegangan tinggi DC tidak mengalami penurunan tegangan.

Bagaimana, cukup mudah bukan ? Sekian tulisan tentang pembuatan Rangkaian Catu Daya Tegangan Tinggi DC (HVDC) kali ini. Bagi anda yang ingin berdiskusi, monggo mengisi kolom komentar :)

Salam,

Argo Satrio Wicaksono

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



34 komentar:

purwanto//dayeuhluhur mengatakan...

aduh ane sbg jurusan TI mmpelajari ini mumet gann,,,

Argo Satrio mengatakan...

Saya awalnya juga merasa sulit untuk mempelajarinya. Tetapi karena suatu keharusan, setelah memahaminya bagian per bagian akhirnya bisa juga :)

MEKATRONiKA mengatakan...

rangkaian dari agan masuk akal karena terdapat trafo step up yang berlawanan prinsip dengan catu daya biasa, pertanyaan saya: jika ada tegangan 5 volt DC lalu akan dinaikkan jadi 10 volt DC apakah butuh trafo step up? trims jawabnya ya gan :)

Argo Satrio mengatakan...

untuk rangkaian 5 to 10 DC converter anda tidak perlu menggunakan trafo. Setahu saya, ada rangkaian menggunakan beberapa transistor yang disusun menjadi astable multivibrator (transistor BC 547) dan dapat menaikkan tegangan DC dan tidak terlalu signifikan (5-10 volt DC)

Bonni Al Amin mengatakan...

Wah.. Mantep nih blognya
referensi buat bikin HVDC / DC Chopper, tapi saya masih binggung kalo pingin bikin stepup dari 5V ke 220V komponen mana aja yg harus dirubah, apa dioda zener nya juga harus dikurangi ? dan jenis trafo apa yg dipakai

Andi Agustian mengatakan...

salam kenal mas argo... mas catu daya 1000 volt DC ini keluaran arusnya berapa ya mas???
apakah arus yang dikeluarkan rangkaian ini bisa kita tingkatkan sampai 1 atau 2 amper lebih ngga??
sama satu lagi apakah rangkaian ini bisa di atur tidak keluaarannya semisal kan dari 0-1000 volt DC menggunakan mikro??
saya minta email mas argo boleh???
saya mau konsultasi sama mas untuk pengerjaan project tugas akhir saya..
sebelumnya terimakasih mas..

Argo Satrio mengatakan...

Salam kenal Andi Agustian,
Untuk rangkaian tegangan tinggi DC seperti yang di blog saya hanya memiliki keluaran arus dalam orde mili ampere. Saya sendiri belum mengetahui bagaimana agar tegangan tinggi DC yang dihasilkan dapat dinaikkan menjadi 1-2 ampere lebih. Karena spesifikasi tegangan tinggi DC yang saya perlukan dari alat itu, adalah untuk mencatu tegangan detektor nuklir yang tidak memerlukan arus yang besar (hanya perlu arus dalam orde mili ampere).

Untuk membuat/mengatur output tegangan tinggi DC dari mikro sendiri, kita bisa menggunakan mode PWM dari mikrokontroler. Namun rangkaiaanya tentu berbeda dengan rangkaian yang saya posting di blog. Untuk lebih jelasnya saya lampirkan makalah mengenai hal itu. Makalah dapat diunduh pada link berikut : http://papers.sttn-batan.ac.id/prosiding/2012/34.pdf


Semoga bermanfaat.

Regards,

Argo Satrio Wicaksono

Argo Satrio mengatakan...

Kepada Bonni Al Amin

Untuk mengurangi tegangan menjadi hanya 220 Volt DC, dapat digunakan dengan cara menghilangkan rangkaian pelipat tegangan (dioda dan kapasitor) atau menggunakan trafo dengan kemampuan pelipat tegangan yang rendah.

Pemasangan rangkaian dioda zener 56 volt sebanyak 20 buah yang disusun seri bertujuan sebagai buffer dari tegangan keluaran agar ketika dipasang beban detektor tegangan keluaran dari catu daya tegangan tinggi DC tidak mengalami penurunan tegangan. Jika anda hanya menginginkan tegangan keluaran sebesar 220 volt, maka jumlah dioda zener yang dibutuhkan adalah Z = 220 volt / 56 volt zener = 4 dioda zener (56 volt)

aisyah yoserizal mengatakan...

malam mas, saya mau nanya. beli komponennya dimana ya? soalnya saya nyari komponennya dipekanbaru susah nyarinya bahkan gak ada

Kuwek Nengah mengatakan...

gan,brapa lilit jumblah lilitan primernya,,,,

bayu waa mengatakan...

Mas....mau tanya....

itu R2 nilainya bener 10K? atau mungkin kebalik nilainya dengan R1?

terimakasih

Sebar Copas mengatakan...

lumayan buat nyetrum nyamuk nakal

Dwi Handayanto mengatakan...

Mas kalo 12 volt dc ke 48 volt dc arus output 20 A gimana rangkaiannya ? makasih sebelumnya ...

Bang Jefri mengatakan...

Mohon maaf cuma pengen ikutan memberikan komentar, jika diperhatikan dari skema rangkaian yang ada pada postingan diatas maka bisa saya pastikan rangkaian tidak akan bekerja sama sekali kenapa " Dari simbol transistor yg digunakan, maka transistor akan switch jika mendapat tegangan basis positif sedangkan pada skema tidak, biasanya kaki emitor dihubung ke ground (-) sedangkan kaki basis triger lewat sebuah tahanan, kaki kolektor masuk ke kumparan.

CV. Aneka Usaha mengatakan...

Sentra alat penjernih air, paket depo air minum isi ulang, AMDK, system air minum untuk karyawan, dll. http://airminumisiulang.890m.com/.

Anonim mengatakan...

rangkaian transistor diatas salah.....kenapa dibiarkan? antara colektor & emiiter terhubung singkat lewat coil.....juga basis terhubung singkat ke ground? gmn bisa terjadi osilasi?? mohon dikoreksi :)

alun devai mengatakan...

Mas Argo..agak ribet yo...mas bisa minta tolong ga rangkai kan rangkaian nya..jadi tinggal pasang batrey..udah bisa dapat arus yg besar...kira kira berapa biaya nya mas argo...kalau ga repot mas..bisa balas komentar saya di email.saya..--alundevai21@gmail.com

Krisma Adaptor Super Lengkap mengatakan...

Mas.ada skema rangkaian sederhana dc 12v ke 48v 2A

Krisma Adaptor Super Lengkap mengatakan...

Mas.ada skema rangkaian sederhana dc 12v ke 48v 2A

pujangga pinggir kota mengatakan...

maaf gan tu TR1 jumlah lilitanya berapa?

Agung Chow mengatakan...

sya sdh sdkit fham tntang proses prubahan tgangan bterai yg 0-5 v mnjadi 1000an v. tp yg blum fham bgaimana proses chargernya. ddlm rngkaian raket nyamuk kan bs dices dgn lgsung colok listrik PLN.

Anonim mengatakan...

Rangkaian menyesatkan,saya liat banyak sekali blog yg copy paste gmbr ini,coba dijajal kasih tegangan,kalo itu rangkaian bisa kerja gue mau sembah orangnya yg bikin

Hitbreaker mengatakan...

mas, mau tanya, misal dari psu atx, output nya kan 12v, pngn saya naikan jadi 50-60v itu gmn ya?

dewa poker mengatakan...

Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat.!! Terima kasih Infonya kak

KONTES SEO Juni 2016
Bandarq Online
Poker Online

Ganool mengatakan...

artikelnya bagus gan.....

Agen Poker online mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat, thanks gan :)

Agen Poker online mengatakan...

artikelnya mantap dan bermanfaat ya sobat :D

Agen Poker Online mengatakan...

Informasi yang sangat bagus, ditunggu untuk postingan berikutnya terimakasih gan.

Poker Uang Asli
Domino kiu Kiu
Agen QQ

bandarq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
dominoqq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Tante Siska mengatakan...

Artikel kamu sangat menarik, dan ijinkan saya untuk memberikan komentar dibawah!!

Daftar situs poker terbaik sepanjang massa
Situs Judi Terpercaya
Kumpulan Situs Poker
Cara Main Poker
Panduan Poker Online
Situs Judi Online Terbaik

Agen Bola
Bandar Bola
Agen Poker
Bandar Poker
Bandar Togel
Agen Casino
Agen Piala Dunia

situsjudionline mengatakan...

DOMPETCASINO SITUS JUDI ONLINE CASINO ONLINE DAN SABUNG AYAM

Situs judi online saat ini sudah menjadi hal yang sangat banyak di jumpai di dunia internet. Salah satu permainan judi online yang paling digemari saat ini adalah poker online dan casino online. Oleh sebab itu kini hadir situs judi poker dan dominoqq online yang bernama Dompetcasino. Kami kini ikut hadir untuk membantu memenuhi permintaan para pejudi online. Dompetcasino sendiri juga menyediakan 7 jenis games yang bisa anda mainkan cukup dengan 1 User ID saja. Game tersebut adalah sabung ayam, baccarat, sicbo, rulette, dragon tiger, slot game dan casino online. Permainan yang kami sediakan tentunya cukup lengkap dong ya.

PELAYANAN TERBAIK SITUS JUDI ONLINE DOMPETCASINO

Untuk menjadi sebuah situs judi online yang berkualitas, tentunya pelayanan yang kita berikan juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Karena kami Dompetcasino selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk member kami. Jika tanpa member setia yang bermain Bersama kami, kami tidak ada apa apanya. Karena itu, bagi kami setiap member adalah raja bagi kami. Oleh sebab itu kami menyediakan layanan livechat dan CS 24jam nonstop. CS yang kami sediakan juga siap melayani semua keluhan atau pun saran anda. Mulai dari persoalan transaksi,games mulai dari poker online hingga casino online. Intinya adalah CS kami bersedia membantu anda kapan pun dan apa pun permasalahan yang anda hadapi.

PENAWARAN BONUS JUDI ONLINE CASINO ONLINE DAN SABUNG AYAM

Kami juga memberikan beberapa jenis bonus untuk member kami. Hal tersebut tentu saja sebagai komitmen buat member kami yang sudah sangat setia bermain Bersama kami. Bonus tersebut seperti bonus cashback 2%. Kami juga menawarkan bonus referral sebesar 2%. Bonus referral bisa di dapatkan dengan mengajak teman anda bermain di situs judi online Dompetcasino. Bonus referral akan masuk secara otomatis ke akun anda setiap teman anda bermain. Jadi apalagi yang anda tunggu? Ayo coba peruntungan anda hari ini dan menang sebanyak-banyaknya di Dompetcasino. Mari daftar sekarang dengan menekan tombol daftar di atas atau menguhubungi livechat kami. Dompetcasino situs judi online, casino online dan casino online terbaik di Indonesia.

casino online
situs judi
judi online terpecaya
sabung ayam online
dompetcasino
situs poker
poker online

situsjudionline mengatakan...

Poker online | Poker Uang Asli | Situs Poker | Agen Poker
Dompetpoker Adalah Situs Agen Judi Poker Online Uang Asli Dengan Server Terbaik,Permainan Poker 7 game Dalam 1 Website Bermain Poker Uang Asli Dengan Kualitas Server Terbaik Serta Tampilan Terbaru Hanya Di DompetPoker. Agen Poker Yang Memberikan Jaminan Keamanan Dalam Bermain Poker Online Tanpa Bot, Admin Serta Kami Selalu Memberikan Pelayanan Terbaik Selama 24 Jam Setiap Harinya, Kini Semua Member Dapat Bermain Agen Poker Online | Domino QQ | Ceme Keliling | Live Poker | Capsa Susun Kapan Pun Dan Di manapun Karena Kami Menyediakan Aplikasi Android Dan Iphone Sehingga Anda Dapat Bermain Dewa Poker Di SmartPhone Anda.
dompetpoker tbk adalah site/situs agen judi poker online uang asli dengan server terbaik di dukung oleh customer service yang sopan dan ramah
DOMPET POKER ADALAH SITUS POKER ONLINE TERPERCAYA DAN TERBAIK DI INDONESIA ID-ID YANG MENYAJIKAN 6 PERMAINAN DALAM 1 WEBSITE. – POKER UANG ASLI – LIVE POKER – CEME – CEME KELILING – DOMINO QQ – CAPSA SUSUN.
Proses Deposit withdraw Mudah dan cepat, tidak bertele – tele (wd tidak ada batas). Segera daftarkan diri di Dompetpoker.com dan ajak kerabat bermain bersama kami & ada bonus referal. Kami Melakukan Dengan Transaksi Cepat, Mudah, Aman & Terpercaya. Agen DOMPET POKER bermain 100% FAIRPLAY dan Tidak Ada BOT, Jika Ada, Uang Kami Kembalikan Full
poker online
agen poker
agen poker terbaik
agen poker terpercaya
poker uang asli
situs poker

nawan mengatakan...

Situs poker online indonesia
cukup memanjakan member dengan promo dan bonusnya bagi member bonus tiap deposit dan bonus tiap withdrawl juga ada bagi member setia dengan ketentuan yang berlaku seperti nilai TO harus 5x dulu untuk mendapatkan bonus withdraw m

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....