13 Juli 2014

Kraepelin dan Pauli Test : 15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi (Bagian 3)

Cara, Tips & Trik Mengerjakan Soal Psikotes Beserta Contoh untuk fresh graduates dan Profesional (Bagian 3 - pengantar dan tes kemampuan mengerjakan/menghitung Kraepelin Test dan Pauli Test )

#JOB HUNTING PREPARATION

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul 15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi - Bagian 1 (menggambar orang, rumah dan pohon) dan Bagian 2 - (Wartegg Test) . Melihat antusias dari para pembaca/pengunjung blog, saya pun membuat postingan lanjutan tentang tips dan trik ini. Dengan harapan, dapat bermanfaat dan digunakan bagi anda yang akan menghadapi tes psikologi untuk melamar pekerjaan maupun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti pada postingan saya sebelumnya (bila anda belum pernah membacanya,silahkan klik disini ), tes psikologi terdiri dari beberapa tahap. Salah satu tahap yang yang cukup membuat para peserta tes psikologi harus berpikir lebih keras adalah Kraepelin dan Pauli Test. Jika dalam tahap "Tes Kemampuan Menggambar (orang, pohon dan rumah) dan Wartegg Test" para peserta diharuskan menggambar sebuah obyek. Namun saat memasuki tahap Kraepelin dan Pauli Test, peserta harus dapat menghitung deretan angka dalam waktu tertentu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan saya tentang Kraepelin dan Pauli Test sebagai berikut :
Kraepelin dan Pauli test atau yang sering disebut "hitungan koran" adalah tes kemampuan dasar menghitung cepat. Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka dari 1-9 yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur. Pada saat tes anda harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan di setiap lajur dalam waktu tertentu. Adapun cara mengerjakannya adalah dengan menjumlahkan dua buah bilangan, kemudian hasilnya dituliskan disela-sela kedua bilangan yang dijumlahkan. Jika hasil dari penjumlahan berupa bilangan puluhan atau terdiri dari dua digit angka, maka cukup dengan menuliskan digit terakhir atau angka satuannya saja. Sebagai contoh lihatlah gambar 1 berikut :




Gambar 1 : Teknik Penulisan Hasil Penjumlahan

 

Elemen yang akan diukur dalam hasil tes ini adalah konsistensi, produktivitas kerja, sikap terhadap tekanan, daya tahan kerja, pengendalian emosi, kemampuan daya penyesuaian diri, keuletan kerja, sikap kerja, serta ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Lalu apa perbedaan antara Kraepelin dan Pauli test ?

Secara umum,kraepelin dan pauli test dikerjakan dengan cara dan teknik yang hampir sama. Adapun perbedaannya adalah dari segi penulisan hasil penjumlahan (dari atas-bawah atau daribawah-atas), penandaan pergantian waktu, banyaknya lembar kerja, dan waktu pengerjaan.

Dalam pauli test, penjumlahan angka dilakukan dari atas ke kebawah. Kemudian dalam interval waktu tertentu terdapat instruksi atau aba-aba "garis". Saat itu anda harus menggaris batas terakhir hasil kerjaan anda, kemudian dengan segera mungkin melanjutkan proses penjumlahan. Durasi waktu untuk pauli test biasanya sekitar 60 menit, dengan instruksi "garis" disetiap selang waktu beberapa menit. Lembar kerja dalam pauli test berupa kertas selebar koran yang sudah penuh dengan angka-angka bolak-balik disetiap lembarnya. Jika anda telah selesai menjumlahkan diseluruh lembaran kerja (bolak-balik), anda dapat meminta untuk menambah kertas lembar kerja. Sebagai contoh, lihatlah gambar 2 berikut.





Gambar 2 : Teknik Penulisan Hasil Penjumlahan Pauli Test


Sedikit berbeda dengan pauli test, dalam kraepelin test penjumlahan angka dilakukan dari bawah ke atas. Kemudian dalam interval waktu tertentu terdapat instruksi atau aba-aba "pindah". Saat itu anda harus berpindah dari kolom terakhir hasil kerjaan anda, kemudian dengan segera mungkin melanjutkan proses penjumlahan pada kolom berikutnya (sebelah kanan). Durasi waktu untuk kraepelin test biasanya sekitar 10-15 menit, dengan instruksi "pindah" disetiap selang waktu beberapa menit. Lembar kerja dalam kraepelin test berupa kertas seukuran A4 atau F4 yang sudah penuh dengan angka-angka bolak-balik disetiap lembarnya. Dalam tes ini anda tidak dapat menambah kertas lembar kerja. Sebagai contoh, lihatlah gambar 3 berikut.



Gambar 3 : Teknik Penulisan Hasil Penjumlahan Kraepelin Test

2. Psikotes tahap ketiga : Kraepelin dan Pauli Test
Peralatan : lembaran Kerja Kraepelin dan Pauli test , bolpoint, stop watch
lembaran kerja dapat diunduh disini (download via dropbox)
Tenggat waktu : 1 x 15 menit untuk kraepelin test (setiap menit instruksi "pindah"); 1 x 60 menit untuk pauli test (setiap 2 menit instruksi "garis")

PETUNJUK : Pada nomor-nomor berikut ini terdapat kolom dan deret angka-angka. Jumlahkanlah angka-angka tersebut dari bawah ke atas! Tuliskan hasil penjumlahan di sebelah kanan, di antara 2 angka yang dijumlahkan!

lembaran kerja dapat diunduh disini (download via dropbox)

Tips dan Trik :

1. Persiapkan alat tulis berupa pulpen atau pensil biasa yang terbukti lancar digu-nakan/tidak seret. Kalau perlu, sediakan cadangannya. Jangan memakai pensil mekanik. Tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanik membutuhkan reload/pengisian ulang ketika ujung granitnya habis. Mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Seandainya Anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti Anda kehilangan waktu 5-10 detik. 

 2. Pada soal tes Pauli yang sebenarnya, jumlah angka yang diberikan sangat banyak, yaitu sebesar lembar koran. Sehingga tes Pauli ini sering disebut dengan Tes Koran. Silakan anda berlatih mengerjakan soal psikotes jenis ini untuk memberikan pengalaman pada diri anda sendiri. Sehingga nantinya anda dapat mengerjakan soal yang sesungguhnya dengan kondisi mental dan fisik yang lebih matang. 

 Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil. Grafik yang terbentuk akan lebih baik dibandingkan jika Anda memaksakan diri menjumlah seluruh kolom di awal tes, namun sangat kewalahan di pertengahan, hingga akhir tes. Kendalikan diri untuk menghemat tenaga sampai lajur selesai mengingat lajur angka mencapai 45. Jika tes dilakukan secara komputerisasi, Anda tidak bisa mengetahui berapa lajur yang masih akan dijumlahkan. Maka lebih baik Anda berkonsentrasi dan menyimpan tenaga hingga tes benar-benar selesai. 

 3. Buatlah patokan penjumlahan yang benar-benar sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri untuk menggarap per deret hingga selesai di ujung atas, apalagi di deret 1 (pertama). Anda akan merasa sangat terburuburu dan keletihan dilajur berikutnya. Tapi,usahakan mematok lebih dari 11 perhitungan dan teruslah stabil mencapainya pada seluruh lajur. 

 4. Jangan melakukan kecurangan terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan Anda sendiri karena justru akan menghabiskan waktu sekian detik untuk memutuskan. Anda pasti membuang waktu untuk berpikirjumlah berikutnya. Hasilnya akan membuat grafik penjumlahan Anda tidak alami.

5. Hal mendasar untuk menyelesaikan keseluruhan tes Kraeplien/Pauli dengan baik adalah konsentrasi. Terkadang Anda akan merasa blank pada pertengahan tes. Namun Anda harus kembali fokus pada penjumlahan berikutnya. Lebih baik tidak mengingat hasil penjumlahan sebelumnya. Kalaupun Anda akan mengubahnya, Anda harus cermat mengatur waktu supaya grafik pengerjaan tidak terpengaruh.

6. Kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan perut terisi dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi.

to be continued......
Bagaimana, semakin penasaran mempelajari Tips dan Trik Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi ? :D Tunggu ulasan saya selanjutnya ya. Kita bisa belajar bersama :) Bila ada yang ingin didiskusikan, monggo mengisi kolom komentar.

Semoga bisa membantu anda lolos seleksi tahap psikotes.

Salam hangat,

Argo Satrio Wicaksono


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



351 komentar:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 351   Lebih baru›   Terbaru»
Anonim mengatakan...

thaks bang..
Good bnget..
Gua jdi apal intinya..
Thaks banget..

Anonim mengatakan...

Ok bgt

Anonim mengatakan...

terima kasih . . . .

Anonim mengatakan...

Pak kalau untuk mendapatkan soal lengkap berikut jawabannya dan arti dari hasil test tersebut dimana ya? sy dah cape dapat supervisor yang cuma jago bicara tapi otaknya kosong pak. tlg info ya pak ke e-mail delicooljelly@yahoo.com
tks

Anonim mengatakan...

Gan kalo standar test fisik, itu normalnya test apa aja?

Felix Efendi mengatakan...

terima kasih atas informasi dan ilmunya sangat bermanfaat bsk saya ada tes mudah" saya dapat memberikan yang terbaik dan bisa lolos amin :D

Argo Satrio mengatakan...

Terima kasih atas komentar dari semua pengunjung.
Untuk soal lengkap psikotes berikut jawaban dan arti, insyaAlllah jika ada kesempatan akan saya posting di blog ini tahap demi tahap.

Untuk standar tes fisik :
1. Lari aerobik (2400 meter selama 12 menit)
2. Push up (minimal 30 kali per menit)
3. Pull up (minimal 10 kali per menit)
4. Sit up (minimal 30 kali per menit)
5. Lari membentuk angka 8

Argo Satrio mengatakan...

Untuk Felix Efendi, senang bisa berbagi dan membantu. Semoga bisa sukses di psikotesnya. Jangan takut gagal dan teruslah mencoba!!!
Tetap ikhtiar dan tawakal.

shinta Priadi mengatakan...

Trimaksih pak argo bermamfaat skali
Tp yg slanjutnya bgaimna pak tentang arit Mtika dan deret sya blum paham.

Dwi Nursyahfitri mengatakan...

Terimakasih bgt atas infonya bermanfaat bgt buat sya yg bsk mau ikut test.. setidaknya saya jd lebih tau krna sblmnya blm prnh ikut test psikotes.

Anonim mengatakan...

udah berubah mas bro untuk sekarang latihan fisik khususnyalari di ubah jadi 3200m di hitung menitnya tidak ada patokan waktu, untuk nilai sempurna harus 12menit :)

Lukman Ariyuki mengatakan...

Alhamdulillah, mantaaap!
thanks banget Gan.

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih Gan, manfaat banget, tambah ilmu deh.

Cintya Maulani mengatakan...

thanks infonya ya,,,semoga bermanfaat untuk persiapan interview saya :) selalulah berbagi informasi kepada semua orang.

Anonim mengatakan...

Arigatou Gozaimashita .hehe Makasih kang

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah
saya besok akan melakukan tes psikotes. dengan adanya blog ini dapat membantu saya . amiin
Do'a in ya :)

Amir mengatakan...

Amalan buat bapak krn memberikan ilmunya
Alhamdulilah..
Thanks pak..

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak ilmunya pak..
saya baru baca ini jam 7.. nnti jam 9 saya ada tes.. semoga ilmunya bermanfaat,, :)

Agus Wibowo mengatakan...

wow, bang satrio, thanks banget nih, ilmu yg bermanfaat ^^
pas banget besok saya psikotes & interview, ^^
makasih udh di share, :)

semoga sehat selalu buat bang satrio, rezekinya insha allah selalu lancar, aamin :)

Fahrul Yusuf mengatakan...

Download Lagu

Kikky mengatakan...

Terimakasih banyak Kakak :) Mudah-mudahan Allah balas dengan banyak keberkahan dan kebaikan yang melimpah tanpa batas buat kakak <3

Meliza Sopandi mengatakan...

wahh berguna banget ini. Makasih ya mas :)

Argo Satrio mengatakan...

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan kritik, saran dan masukannya. Belakangan, penulis lagi disibukkan dengan beberapa kegiatan. Namun jika ada waktu luang lagi, penulis akan sempatkan untuk berbagi lagi, khususnya tentang aritmatika dan deret bilangan atau materi psikotes lainnya.

Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dan semua doanya. Semoga rangkaian postingan tentang psikotes ini dapat membantu para pengunjung blog semua meraih cita-cita yang diimpikan.

Salam sukses !!!

Argo Satrio mengatakan...

Amin, terimakasih Adikky, atas doanya <3

Adik juga harus tetap semangat dalam latihan dan mencoba serta pantang menyerah :)
Sesungguhnya dibalik hasil yang manis, terdapat usaha yang keras.

Sukses dik !!!

Mhyna Rasyid mengatakan...

terima kasih kk admin ilmux bermanfaat skalli... sy jd mudah faham dengan penjelasannya kakak... pembahasan selanjutnya lg dong kak... :)

achsen mengatakan...

makasih kang

eko pujianto mengatakan...

Sama persis yg sya jalani. Dan itu benar. Jgn lupa berdoa sebelum melaksanakn sesuatu. Biar berkah

money maker mengatakan...

saya fresh graduated jadi belum tau. jadi test krapelin dan pauli itu hanya menjumlahkan dua angka. Saya kira kita harus menjumlahkan semua angka dari atas ke bawah ataupun sebaliknya tanpa alat bantu pensil.

Indah Sartika mengatakan...

Mkshh bnyk kk ilmu nyaa...
Sya mau tanya dunkk...
Mksud garis itu?kita diperintahh apa yaaa
Mksh sbmny

Anonim mengatakan...

Apakah setelah di tambahkan seperti contoh di atas perlu di jumlahkan tiap deret?

Anonim mengatakan...

Sangat bermanfaat terima kasih banyak mas satrio

Novi Indriyani mengatakan...

Ada yg tau soal psikotes seperti ini ngga?

A > B > C, maka A > C
Jawab: Benar (B) Salah (S) tidak pasti (?)

Mohon info maksud dan cara pengerjaannya?

Terima kasih sebelumnya :)

ime karundeng mengatakan...

terima kasih untuk pembelajarannya. sangat brmanfaat

Aulia Adila Azka mengatakan...

Makasih banyak nih, manfaat banget ilmunya mas :))

yasril mengatakan...

Mantappppp

Anonim mengatakan...

terimakasih bang! sangat bermanfaat! :)

Anonim mengatakan...

A lebih besar dari B, sedangkan B lebih besar dari C
Jadi A lebih besar dari C
Jawabnnya benar

silas mengatakan...

Selamat sore Pak. Trimakasih atas infonya

Tapi saya mau bertanya. Saya 3x ikut psikotes. Dua tes soalnya sama dan saya sudah review sebelumnya sehingga merasa bisa mengerjakan. Namun hasilnya nihil. Apakah ada pengaruh bila nilai terlalu baik sehingga tidak diterima? Atau ada faktor lainnya? Paulli saya tambah kertas dan juga teliti. Trimakasih

Anonim mengatakan...

sangat membantu, terimakasihh :)

Anonim mengatakan...

terima kasih pak,,bermanfaat sekali :)

khoiril anam mengatakan...

Ditunggu selanjutnya ������������

erick irawan mengatakan...

diantaranya untuk menghadapi psiko test yang paling penting adalah mental dan kesiapan kita untuk menghadapinya, terimakasih untuk ilmunya..

Anonim mengatakan...

Bang THX , infonya Armi Alpha sudah ad blom < soalnya saya belum terlalu paham. terima kasih

Anonim mengatakan...

terima kasih untuk sharingnya. sungguh bermanfaat :)

Avikceke Gland mengatakan...

Terimaksih infonya sangat membantu.. saya mau nanyak kalo terlalu banyak menjawab tes koran sampe nambah koran lagi itu normal nggak sih?? tlg share

Lili Supriyanto mengatakan...

Suwun pak.

kantorpusat maxs mengatakan...

kunjungan untuk silaturahmi gan...
yuk saling mampir...
CARA MENGOBATI KEPUTIHAN PADA WANITA

Dowe412 mengatakan...

Ok postinganya bagus

rio RICH mengatakan...

Terimakasih banyak atas postingannya, sangat bermanfaat ...

Clara Nelly mengatakan...

Terima kasih atas postingannya...sangat membantu,

Kikky mengatakan...

Ditunggu postingan selanjutnya kakak :*

Amin Wahyudi mengatakan...

Lanjutkan Postinganya Bro... Insya Allah Tuhan memberi keberkahan karena ini termasuk amal yang baik

Prince Wibowo mengatakan...

Mantap gan, terima kasih. Zonanesia

Gyoku Bahri mengatakan...

thank gan buat artikelnya
ane mau blajar , soalnya snen ada test
mnta doanya gan...
amiiin

Anonim mengatakan...

thanks a lot min....

jamur tiram mengatakan...

infonya sangat bermanfaat min

muhammad ifdal ifdal mengatakan...

Oh iya . saya pernah tes ini juga di shop and drive astra otopart dan lulus. Kunci saya hanya menghafal angka karna sangat bermanfaat saat otak kita nge blank. Jangan lupa jaga kondisi fisik

Henry mengatakan...

manpatbps sekali tips yang diberikan, Terima kasih :D ...

Bagus Ardiansyah mengatakan...

Terimakasih

Putri Aurum mengatakan...

Terimakasih.. Artikelnya sangat membantu :))

ISKA PERSADA mengatakan...

makasih iya

EXPO CPNS BUMN mengatakan...

Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN

Anonim mengatakan...

Sangat membantu gan..
Thanks buat masukan nya..

Oktobo mengatakan...

Thanks
Mantap penjelasannya buat tes pauli

Frandika Permana mengatakan...

terimakasih untuk artikelnya... sangat membantu saya dalam mempersiapkan tes psikologi :D
salam kenal yaa ^_^

adyn nas mengatakan...

Terimakasih, sangat bermanfaat sekali.
Untuk segi penilaiannya sendiri seperti apa pak?

Khalim mengatakan...

Thanks banget untuk postingannya, mas Argo Satrio Wicaksono... :D
Sangat bermanfaat... ^_^b

Anonim mengatakan...

thankyou gan sangat bermanfaat (y)

Ilham Hidayat mengatakan...

Sngat membantu tes psikotes SMA saya bsk, trma ksih bnyak kak 😂

menuai hasil mengatakan...

terimakasih banyak bang satrio :)

Priawan Wibisono mengatakan...

Trims sharingnya! :)

agus mengatakan...

Makasih banyak atas infonya

Oyo Sukarya mengatakan...

Cukup melelahkan kalau ikutan tes hitung koran, diperlukan konsistensi dan terus menerus dan jangan berhenti dari setiap aba-aba garis pertama dan selanjutnya seimbang atau lebih baik

Anonim mengatakan...

thanks gan. keren banget blognya!

M sarjan Arisma mengatakan...

Trimakasih atas informasinya.. smoga bsok bgni jnisx.. jd sdah ada bayangan..

Prince Wibowo mengatakan...

Sangat lengkap infonya Lagu bara enak

achmad tirmidzi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
achmad tirmidzi mengatakan...

Semoga mendapatkan pahala yang terus mengalir :D

wulan re99 mengatakan...

Good bngt .. makasih bngt buat ilmu nya ..
Semoga sukses ..

wulan re99 mengatakan...

Good bngt .. makasih bngt buat ilmu nya ..
Semoga sukses ..

Putra Bdt mengatakan...

gaada lanjutannya ni mas?

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas infonya, sngat bermanfaat..
Tapi saya mw tanya, kalau dlm pauli atau krepeli test grafiknya tdk tinggi atau penjumlahan yg dpt dilakukan sedikit tetapi konsisten, apa hasilnya termasuk baik?

A. Solihin mengatakan...

Permasalahan besar yang pernah saya alami, adalah kelelahan fisik terutama tangan yang menulis itu capeeee mas.. mungkin ada tips buat masalah ini...makasih ya..salam sukses.

Unknown mengatakan...

makasih banyak info nya sungguh membantu,
untuk tahap selanjutnya mohon di upload juga mas, hehe

jazakallahu kasiran mas

angga prasetya mengatakan...

terima kasih tipsnya..

hajar dwi mengatakan...

terimakasih tips dan lembar kraepelinnyaa...

Irfan Pinandhityo mengatakan...

terima kasih banget tipsnya, sangat berguna...

Iwan Budiawan mengatakan...

Liar biasa sangat bermanfaat. Tks

Unknown mengatakan...

tes psiko yg lain dmana?

Kodriyah Muhaimin mengatakan...

Trima kasih atas tips nya n ditunggu tips psikotes yg lainya

taufik rohman mengatakan...

Mantap pa mskasih ya

Albashiroh mengatakan...

Terimakasih infonya..sangat membantu..^^

Rahmat Ade mengatakan...

Terima kasih banyak gan info nya sangat membantu ^^

Unknown mengatakan...

Mksh om info nya...sangat bermanfaat..

Andri Susanto mengatakan...

Mksh om info nya...sangat bermanfaat..

Unknown mengatakan...

Dan saya terlambat mempelajari ...hasilnya enol besar di saat tes

koyo konveksi mengatakan...

Mantap mantsp

mita julianis mengatakan...

terima kasih tips nya :)

Unknown mengatakan...

Makasi gan infonya...

Agung Wahyu mengatakan...

Makasih infonya... Beberapa waktu yg lalu ikut pauli test ngerjainnya lama ... Eh tinggal nunggu penguman hasilnya nggak ada 5mnit udah jd padahal ada 25 lbih yg ikut test.
Pertanya q.
Apa ada kucijawaban yg bisa langsung tau benar salah di penjumblahan ...
Apa cuma dihitung berapa jumlah garis yg didapat. (Smakin banyak garis tidak lolos)...
Jd bingung...

surya zuhri mengatakan...

Mas minta document y mas kirim ke suryazuhri@gmail.com yang Tes defrensial ama Tes deret bawah ke atas .

Muhammad Ridwan mengatakan...

Mas saya mau tanya ni .
Kalo hasil kreplin grafik nya naik itu gimana iya mas. Terims

Titin Agustina mengatakan...

Makasih banyak semoga ilmunya bermanfaat amin

Titin Agustina mengatakan...

Makasih banyak semoga ilmunya bermanfaat amin

tiana hidayanti mengatakan...

Mas saya mau tanya kalau misalakan tesnya hanya hasilnya 2 angka lalu ditulis 1 angka itu ada pengaruhnya ga ?

Vhan Hermawan mengatakan...

Mas diantara soal soal physicotes yg menentukan lulus soal apa saja ya?

Metha Sarasita mengatakan...

terimakasih mas sangat membantu ,semoga diberikan pahala kebaikan yg setimpal dari Allah :) ditunggu pos selanjutnya :)

Prince Wibowo mengatakan...

Thanks gan sangat bermanfaat lagu linkin park

Ahmad Yusrifar mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
aditya fahmy mengatakan...

Terima kasih, akan aku coba semoga lolos: )

Unknown mengatakan...

terima kasih sangat membantu

Indah Sipayung mengatakan...

Terima kasih pak argo, sangat membantu...

Indah Sipayung mengatakan...

Terima kasih pak argo, sangat membantu...

Unknown mengatakan...

Terimakasih.. sy nantikan tehnik pelajari psikotest yg lainnya.

Unknown mengatakan...

Thankyou mas ilmunya.. ditunggu mas kelanjutannya..

Unknown mengatakan...

Artikel yg sangat membantu sekali.
Kita tunggu artikel aritmatika,deret dan gambar2 nya..
Agak puyeng kalo soal gambar2 nya.

Gustinur Dewi Putri mengatakan...

Artikel yg sangat membantu sekali.
Kita tunggu artikel aritmatika,deret dan gambar2 nya..
Agak puyeng kalo soal gambar2 nya.

muhamad sutomo mengatakan...

Terimakasih atas berbagi ilmunya, semoga Alloh membalas serta meridhoi hajat dan mengabulkan apa yg menjadi hajat yang dicita citakan....

Anonim mengatakan...

Terimakasih sangat ilmu nya...
Semoga selalu dalam lindungan allah swt....

Kalo boleh minta tlg, mohon selengkapnya semua bahan test +jawabannya dapat dikirim ke email saya irman165@ymail.com

Terimaksih atas bantuannya...

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak gan

Sonia Medina mengatakan...

Asli keren, masih ada orang pintar yang suka berbagi kepintarannya. Salut banget ����

eka yuda mengatakan...

saya pernah mengukuti test ini , dan saya juga pernah mengalaminya saya memaksakan diri untuk menyelesaikan soal satu baris sampe bawah pada saat dewan juri bilang pindah saya blum pindah all hasilnya saya tidak lulus ternyata hasil nya berbentuk kurva .ohhhh baru tau saya

Bramz mengatakan...

terimakasih sekali, inshaaAllah sangat membantu.

Anonim mengatakan...

Maaf pak, sebaiknya posting mengenai lolos psikotes ini dihapuskan segera karena menyalahi kode etik dalam tes psikologi. Jika diteruskan, alat-alat yang bapak tuliskan akan menjadi tidak valid lagi sehingga merugikan perusahaan yang benar-benar mencari karyawan. Terima kasih.

Ariesta Dea mengatakan...

makasih ka sudah berbagi ilmu, sangat membantu banget.... ini blog yang kedua? ditunggu ka yang selanjutya

Unknown mengatakan...

Nice . sangat membantu , Thanks

semi atun mengatakan...

Terima kasih, dengan membaca postingan ini, bermanfaat buat saya. Di tunggu postingan selanjutnya

semi atun mengatakan...

Terima kasih, dengan membaca postingan ini, bermanfaat buat saya. Di tunggu postingan selanjutnya

Anonim mengatakan...

SEHARUSNYA DIJELASKAN LAGI SECARA RINCI, DAN MENGAPA HASIL PENJUMBLAHANNYA JIKA PULUHAN HANYA SATUANNYA YANG DITULIS .APA HASILNYA AKAN SAMA?

Arifin Budi P mengatakan...

Mantap, makasih tipsnya jadi lebih tau tentang trik biar bisa lolos tes Pauli :D

jualsandalmegumi mengatakan...

Sangat Bermanfaat Artikelnya..

Terimakasih Tipsnya untuk tes Pauli.. :)

Ian Awaken mengatakan...

Terimakasih admin.. sangat membantu sekali informasinya 😃

Ian Awaken mengatakan...

Terimakasih admin.. sangat membantu sekali informasinya 😃

nong ika mengatakan...

termakasih. ini sangat membantu :)

nong ika mengatakan...

termakasih. ini sangat membantu :)

Chandra Perdana mengatakan...

terima kasih sharenya gan,mantap..lanjutkan...

calvin yohanes mengatakan...

bermanfaat sekali gan (y)

Citayana Fani Refalta mengatakan...

thanks gan :)

Akang Aulid mengatakan...

makasih gan (y) semoga selalu bermanfaat :)

Gema Gumelar mengatakan...

Mohon maaf sebelum-nya untuk pak Satrio. Terkait postingan Anda mengenai alat tes psikologi, ini sudah menyalahi aturan Kode Etik Psikologi Indonesia yang diatur oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).
Mengapa demikian, karena segala alat tes psikologi digunakan untuk evaluasi kepribadian seseorang, sehingga jika pak Satrio memberitahukan alat tes psikologi & jawaban-nya makan pak Satrio membuat banyak orang menjadi sama kepribadian-nya & akhir-nya menjadi tidak valid hasil-nya.
Psikotes diperlukan untuk memprediksi seseorang apakah sesuai atau tidak dengan tempat dimana ia akan bekerja ataupun bersekolah. Saya ambil contoh: seseorang yang ingin menjadi dokter namun secara potensi inteligensi maupun kepribadian tidak mendukung,yang akhir-nya jika dipaksakan akan berdampak terhadal dirinya sendiri maupun lingkungan luar ataupun institusi, apakah ketika di pertengahan semester perkuliahan dia tidak tahan dengan mata kuliahnya ataupun pada saat sudah bekerja menjadi dokter, ia tidak dapat melakukan pekerjaan sebagaimana mesti-nya. Dan psikotes akan membantu memprediksi untuk mencegah ataupun mengurangi hal-hal seperti itu.
Jadi sangat disayangkan sekali jika pak Satrio menyebarkanluaskan alat tes psikologi ini apalagi dengan jawaban-nya.
Beramal ilmu akan lebih baik & berkah jika disertai dengan logika berpikir yang sehat serta dilandasi keyakinan akan baik-buruk atas konsekuensi yang diberikan. Tentunya dilandasi oleh keimanan kepada Tuhan YME.
Saya harap pak Satrio bisa menghargai profesi psikolog & membantu kebaikan khalayak demi kemajuan bangsa.
Dimulai dari hal ini.
Terima kasih banyak atas perhatian-nya, saya mohon untuk segera ditindaklanjuti.
Mohon maaf jika ada kalimat yang kurang berkenan.
Salam

Anonim mengatakan...

Lah yang nge share kan bukan psikolog jadi gak melanggar kode etik dong, orang mau berbagi pengalaman saja kok dinyinyirin lagian menurut ane ini cuma buat pengenalan test kok..

Anonim mengatakan...

Gan mau Tanya nih untuk soal Pauli Dan kraepelin apakah Ada syarat minimal brp Baris yang harus di lengkapi dalam waktu yang ditentukan

cinta allah mengatakan...

sangat bermanfa'at.,,,. di tunggu secepatnya yang berikutnya....

eka yuli mengatakan...

thx infonya, sangat membantu :)

Fahrul mengatakan...

thx sangat membantu bro..

Freelagump3 mengatakan...

Makasih sngt membantu

Gratislagu mengatakan...

Mksih sangat bermanfaat

Agen Poker Online mengatakan...

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya Gan...!!

KONTES SEO July 2016
Poker Online
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya
Poker uang Asli

Agen poker Online mengatakan...

Makasih gan infonya.. sangat membantu nih

THIS IS REZKI mengatakan...

Keren

BandarQ Online mengatakan...

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya ya Kak ..!!

KONTES SEO Juni 2016
Bandarq Online
Poker Online
Dewapokerqq

noor rohmat mengatakan...

ini apa ya?
Download video lucu

Anonim mengatakan...

Menurut saya psikotest itu salah datu penyumbang banyaknya pengangguran,karena menilai kepribadian,karakter org lain hanya dengan logika2 dan penalaran yang di ada adakan.mungkin seseorang tdk lulus ujian krna kurang istirahat,dsb,tetapi hasil tes menunjukan org tsb tipe pembangkang?wahai psikolog kalian menghambat rezeki org lain,menghambat jalan nafkah org lain dengan segala penalaran,logika,dan tes tes psikologi yg sangat tdk teraplikasi di dunia kerja dan dunia nyata! kalian hanya sekelompok orang sok tahu.wassalam

yoi mengatakan...

mantap infonya

Yosuve

dewa poker mengatakan...

thanx infonya gan......

Download lagu mengatakan...

Makasih dek

ShareLaguGratis mengatakan...

artikel yang bagus gan

Agus Setiawan mengatakan...

Freelagump3
Gratislagu
Musike
Gratislagu
Wapmp3
Stafaband
Gudanglagu
Downloadlagu

poker online terpercaya mengatakan...

thanx infonya gan.....

Nana Mathnew mengatakan...

wow this theme a very amazing success for your site, thanks a
obat keloid bismilah http://acemaxs31.com/obat-keloid/

Agen Poker Online mengatakan...

Nice Artikel Gan , Thanks Info ^^


Agen Poker

Poker Uang Asli

Sandri Caparlo mengatakan...

Terima Kasih Banget Bang Sudah Membuat Artikel ini , Sangat-Sangat Membantu.

Good Job.

Agus Setiawan mengatakan...

Wapvid
Wapvideo
Wapvid

Agus Setiawan mengatakan...

Vidme
Videome
Wapvid

Poker Online Terpercaya mengatakan...

Terima kasih atas infonya min. sangat berguna semoga ttp update terus bloggernya bagus

ane mau titip ini ya min siapa tau ada yang tertarik untuk mengikuti kontes SEO gabung aja gratis
KONTES SEO 2016

Agen Poker mengatakan...

Artikel Ini sangat bermanfaat

Nonton Movie mengatakan...

Artikel Ini sangat membantu

Poker Online mengatakan...

Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

Nonton Film mengatakan...

Saya senang membaca Artikel ini sangat berguna

govisitizen mengatakan...

Materi berbobot, padat dan akurat dikemas dalam bentuk aplikasi berbayar.paling di cari peserta seleksi penerimaan TNI/POLRI

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andromo.dev557549.app518853

Judi Poker mengatakan...

Terima kasih gan atas infonya

Judi Poker mengatakan...

Terima kasih gan atas infonya

Judi Poker mengatakan...

Update Terus Dan sukses selalu

Nonton Film Online mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

fzry ok mengatakan...

Berkah Semoga hidup ente om admin...memberikan manfaat utk orng lain...
thx infonya...

Agen Poker Terpercaya mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

Film Semi mengatakan...

Update Terus Dan sukses selalu

Agen Poker Online mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

Bioskop Online mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

Taruhan Bola Terpercaya mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya

Taruhan Casino Terpercaya mengatakan...

Update terus dan sukses selalu

Poker Online Terpercaya mengatakan...

Update Terus Dan sukses selalu

Poker Online Terpercaya mengatakan...

Update Terus Dan sukses selalu

Nonton Online mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

Dewa Poker mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

Ganool mengatakan...

Update Terus Dan sukses selalu

Taruhan Togel Terpercaya mengatakan...

Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

Betting Bola Online mengatakan...

Thank's for information

Agen Domino mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

Nonton Film Online mengatakan...

Update Terus Dan sukses selalu

Bandar Judi Bola mengatakan...

Thank's for information

Agen Domino mengatakan...

Nonton Movie

Nonton Movie mengatakan...

Artikel Ini sangat bermanfaat

Situs Poker mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

KALAH POKER mengatakan...

Update Terus Dan sukses selalu

dewa poker mengatakan...

thanx infonya gan......

Bandar Judi Casino mengatakan...

Update terus gan dan sukses selalu

Agen Domino mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

Bioskop Online mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

Ganool mengatakan...

Update terus gan dan sukses selalu

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 351   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....