17 Mei 2014

Wartegg Test : 15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi (Bagian 2)

Cara, Tips & Trik Mengerjakan Soal Psikotes Beserta Contoh untuk fresh graduates dan Profesional (Bagian 2 - pengantar dan tes kemampuan menggambar Wartegg Test)

#JOB HUNTING PREPARATION

UPDATE 13 Juli 2014 :

Untuk membaca ulasan saya mengenai tips dan trik dalam mengahadapi tes psikologi bagian selanjutnya (Bagian-3), yaitu tentang kraepelin dan pauli test, dan bagian-bagian lainnya dalam psikotes silahkan klik disini

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul 15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi (Bagian 1). Melihat antusias dari para pembaca/pengunjung blog, saya pun membuat postingan lanjutan tentang tips dan trik ini. Dengan harapan, dapat bermanfaat dan digunakan bagi anda yang akan menghadapi tes psikologi untuk melamar pekerjaan maupun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti pada postingan saya sebelumnya (bila anda belum pernah membacanya,silahkan klik disini ), tes psikologi terdiri dari beberapa tahap. Salah satu tahap yang yang cukup membuat para peserta tes psikologi harus berpikir lebih keras adalah wartegg test. Jika dalam tahap "Tes Kemampuan Menggambar (orang, pohon dan rumah)" para peserta bebas berimajinasi sesuai dengan apa yang dipikirkan atau diinginkan. Namun saat memasuki tahap wartegg test, peserta harus menuangkan imajinasinya dalam melanjutkan bentuk-bentuk gambar sebelumnya sesuai dengan ketentuan-ketentuan tertentu dalam waktu yang singkat.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan saya tentang wartegg test sebagai berikut :


2. Psikotes tahap kedua : Wartegg Test
Peralatan : 1 lembar kertas HVS , pensil HB, stop watch
Tenggat waktu : 1 x 15 menit

Petunjuk :Berikut merupakan bentuk-bentuk gambar dengan pola tertentu yang belum bisa diartikan. Tuangkanlan imajinasi anda untuk membuat bentuk-bentuk tersebut (melanjutkan gambar) menjadi gambar yang berarti. Gambarkan terlebih dahulu bentuk gambar yang paling mudah anda kembangkan (tidak perlu berurutan). Kemudian berilah judul sesuai dengan makna gambar yang Anda buat, dan cantumkan urutan ketika Anda mengerjakan. Sebutkan nomor gambar yang paling anda sukai, yang tidak disukai, yang paling sulit, dan yang paling mudah menurut Anda.




Pembahasan : wartegg test menjadi cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian calon karyawan dilihat dari cara menggambar dan apa yang digambar. Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi 8 (delapan) gambar menjadi gambar-gambar yang memiliki makna. 




Tips dan Trik :
a. Urutan menggambar sebaiknya dikombinasikan antara sesuai nomor/urut dan acak, misalnya 1, 2, 3, 4 kemudian 8, 7, 6, 5. Banyak pendapat awam menyebutkan jika Anda menggambar berdasarkan urutan 1, 3, 4, 5, 6, 7, 8 akan dipandang sebagai orang yang kaku/konservatif. Sebaliknya, apabila Anda menggambar seluruh gambar secara acak misalnya 5, 7, 6, 8, 3, 2, 4, 1 Anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif, dan cenderung tidak peduli pada aturan. Urutan menggambar bisa jadi menggambarkan skala prioritas seseorang dalam kehidupan atau pekerjaan dan kecen-derungan sikap dalam menghadapi situasi tertentu.

b. Jika diperhatikan, bentuk-bentuk pola gambar dasar tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok besar. Empat di antaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan 4 (empat) lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII). Tips dalam menggambar adalah untuk awalan berupa garis lengkung, sebaiknya Anda menggambar benda hidup. Untuk garis lurus, sebaiknya Anda menggambar benda mati. Seperti kita tahu, benda buatan alam lebih menunjukkan bentuk bentuk yang tidak kaku seperti pada buatan manusia.

c. Hindari menempatkan Gambar V untuk digambar dan diberi judul terlebih dahulu. Saat berdiskusi dengan teman sesama peserta tes dahulu, banyak yang berpendapat bahwa orang yang mengutamakan untuk manggambar bentuk Gambar V terlebih dahulu, memiliki orientasi seks yang besar. Saya sendiri sebenarnya juga tidak tahu alasan mengenai hal itu. Jika anda psikolog mungkin bisa paham maksud dari gambar itu. Dalam setiap tes saya selalu menempatkan Gambar V untuk digambar terakhir.

Berikut contoh gambar dari wartegg test yang biasa saya gambarkan :




Keterangan gambar :
Gambar I : Target Panahan
Gambar II : Bebek/Itik
Gambar III : Tiang Listrik
Gambar IV : Jendela
Gambar V : Mobil Balap
Gambar VI : TV
Gambar VII : Sandal
Gambar VIII: Wanita Berkerudung


Sekian Tips & Trik Mengerjakan Soal Psikotes Beserta Contoh untuk fresh graduates dan Profesional Bagian 2 tentang wartegg test. Ini baru sebagian, selanjutnya insyaAllah akan saya bagikan lagi tips dan trik dalam mengahadapi tes psikologi bagian selanjutnya, yaitu tentang Tes Kemampuan Berhitung Cepat (Kraeplien/Pauli) dan bagian-bagian lainnya dalam psikotes. Sebagai gambaran awal tentang Tes Kemampuan Berhitung Cepat (Kraeplien/Pauli) , silahkan lihat gambar berikut :




to be continued......
UPDATE : 13 Juli 2014 Untuk membaca ulasan saya mengenai tips dan trik dalam mengahadapi tes psikologi bagian selanjutnya (Bagian-3), yaitu tentang kraepelin dan pauli test, dan bagian-bagian lainnya dalam psikotes silahkan klik disini

Bagaimana, semakin penasaran mempelajari Tips dan Trik Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi ? :D Tunggu ulasan saya selanjutnya ya. Kita bisa belajar bersama :) Bila ada yang ingin didiskusikan, monggo mengisi kolom komentar.

Semoga bisa membantu anda lolos seleksi tahap psikotes.

Salam hangat,

Argo Satrio Wicaksono


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Artikel Yang Berhubungan



126 komentar:

Diana Maulidia mengatakan...

terima kasih atas infonya, semoga informasi disini dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya

eugene mengatakan...

wah terimakasih info dan tipsnya ya.. semoga bisa membantu saat nanti saya psikotes kerja

Anonim mengatakan...

good :)

Anonim mengatakan...

terimakasih banyak pak....
semoga bermanfaat untuk yang lain juga. saya sangat tertolong.

H Karosila mengatakan...

Makasi atas sharing nya, sungguh bermanfaat dan bisa menambah ilmu,,izin sedot ya gan..

religian igna mengatakan...

Keren, makasih atas penjelasannya (y)

Arvin'z mengatakan...

thx gan.. semoga bisa bermanfaat, kebetulan saya selalu belum lolos di tahap psykotest kerja, semoga setelah saya pelajari terus menerus, bisa lanjut ke tahap berikutnya, share juga dong gan tips agar bisa lolos tes interview

Septiana Ekarini mengatakan...

Bagian 3 mana? terimakasih :)

Sidiq Nightray mengatakan...

Lanjutannya Ga Ada Gan...? padahal bermanfaat banget ni artikel -_-

Indriana indy mengatakan...

:( terusannya kemana dong .. Hikz :'(

Seilviana Fitri Tarigan mengatakan...

15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tingg (bagian 3) sudah meluncur belum ya?

{{haris}} mengatakan...

cara hitung cepat pauli gimana?

Argo Satrio mengatakan...

Pengunjung blogku yang terhormat, maaf dalam waktu dekat saya belum bisa memposting lanjutan dari tulisan ini, dikarenakan kesibukan urusan kantor akhir-akhir ini. Jika ada waktu luang, insyaAllah akan segera saya posting, kelanjutannya. Terima kasih telah berkunjung, salam kompak selalu :)

Argo Satrio mengatakan...

Silahkan tinggalkan alamat email anda di kotak komentar ini, insyaAllah akan saya kirim langsung tulisan selanjutnya sesaat sestelah saya memposting kelanjutannya di blog ini. Terima kasih

Yusuf Gardawie mengatakan...

wah bermanfaat bangt nih artikelnya.. makasih ya kan... terus berkarya gan.. nih emailku: yusufgardawie@gmail.com

Fauzul umam mengatakan...

Sangat bermanfaat sekali artikel nya gan,kebetulan nanti tanggal 8 juli saya mau psikotes.
Kalo boleh saya minta kelanjutan nya dong gan :D
ini email saya :Fauzul_umam86@yahoo.co.id

Terima kasih

Ri Fai mengatakan...

artikelnya sangat membantu sekali, terutama bagi saya yang masih fresh graduate. di tunggu nih tips psikotes yang selanjutnya.... :)

Anonim mengatakan...

kakak terimakasih informasinya berguna sekali
kalo boleh saya minta kelanjutannya gan
rivansatya@gmail.com

Anonim mengatakan...

thanks infonya

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak buat infonya.
kalo boleh saya minta info selanjutnya mas
adityascudetto@yahoo.com

Griselda Sirait mengatakan...

Makasih banyak pak :) Ini sangat membantu saya , Kiranya Tes psikotes yang saya hadapin mendapatkan hasil ya baik :) Sekali lagi makasih banyak ya pak :) Posting lagi ya pak , Sangat berguna postingan nya :) Ini email saya pak kalau bapak bersedia : griseldasirait@gmail.com . Terimakasih pak :)

obat radang sendi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
D_Jung mengatakan...

okehh bang.. ditunggu kelanjutanny..
ini email saya bang, d_w1kh4@rocketmail.com
mksih bang..

Aisyah mengatakan...

Terima kasih infonya, ini sangat membantu (y) ..... Saya tunggu kelanjutannya ^_^
ini email saya Aisyahuyink_93@yahoo.co.id

otsukaresama deshita mengatakan...

update lagi pak ,.,.. udah banyak yang ngantri nih , termasuk saya hihihi :D

Anonim mengatakan...

Terima kasih banyak atas informasinya, min :)

Mega Irdhayati Dara mengatakan...

Kkega1990@yahoo.com makasih yaa kakak

Mega Irdhayati Dara mengatakan...

Terimakasih ya kak sangat membantu bgt, apa lg saya lg ngelamar2 kerja, semoga dibalas dengan kebaikan aamiin

anggi della mengatakan...

Kk mau tnya, kira-kira gmbar tes wartegg apa yg ccok untuk tes kdokteran ? Makasih sebelumnya.. Anggidella26@gmail.com

Dimas Aditya mengatakan...

Terima kasih kk ini sangat membantu :) di tunggu kelanjutannya
Dedefizzie48@gmail.com

Argo Satrio mengatakan...

Postingan terbaru tentang," Kraepelin dan Pauli Test : 15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi (Bagian 3) ", sudah saya kirim via email ke alamat :

yusufgardawie@gmail.com,
rivansatya@gmail.com,
adityascudetto@yahoo.com,
griseldasirait@gmail.com,
d_w1kh4@rocketmail.com,
Aisyahuyink_93@yahoo.co.id,
Kkega1990@yahoo.com,
Anggidella26@gmail.com,
Dedefizzie48@gmail.com,
Fauzul_umam86@yahoo.co.id

Silahkan cek inbox anda. Semoga bermnafaat.
Salam

sukma fizha mengatakan...

maaf saya mau nanya, kenapa ya kalo ikut tes psikotes ad yg gak lulus ??

trimakasih

Argo Satrio mengatakan...

@sukma fizha

Seperti yang sudah say sampaikan pada postingan "15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi (Bagian 1)"

Psikotes sendiri merupakan suatu tahapan yang selalu ada dalam proses seleksi untuk karyawan di perusahaan maupun instansi pemerintah. Tidak jarang, beberapa program beasiswa dan proses perguruan tinggi juga biasanya menagadakan psikotes dalam tahapan seleksinya. Dari hasil psikotes inilah dapat menggambarkan kondisi jiwa dan sesuai atau tidaknya kepribadian calon karyawan dengan jenis pekerjaan dan lingkungan kerja di perusahaannya kelak. Hasil psikotes bersifat kulitatif, artinya laporan hasil tesnya berupa data yang memberikan kesimpulan sesuai atau tidaknya kepribadian anda dengan jenis pekerjaan yang anda lamar. Sebagai contoh, standar hasil psikotes akan berbeda jika anda melamar pekerjaan sebagai engineer di sebuah perusahaan tambang bila dibandingkan dengan saat anda melamar sebagai teller disebuah bank. Bisa saja kulifikasi anda cocok dengan pekerjaan sebagai teller, namun tidak sebagai engineer. Begitu pun sebaliknya.

Semoga bermanfaat

thu thu mengatakan...

terimakasih atas infonya, semoga bermanfaat buasaya amin...

Felix Efendi mengatakan...

terima kasih atas informasi dan ilmunya sangat bermanfaat bsk saya ada tes mudah" saya dapat memberikan yang terbaik dan bisa lolos amin :D

Soal psikotes dan jawabannya mengatakan...

Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya!

dermawan hendarjo mengatakan...

thnkz bget sgt mmbntu lanjutkan n pertahankan

Kikky mengatakan...

Terimakasih banyak Kakak :) Mudah-mudahan Allah balas dengan banyak keberkahan dan kebaikan buat kakak <3

Argo Satrio mengatakan...

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan kritik, saran dan masukannya. Belakangan, penulis lagi disibukkan dengan beberapa kegiatan. Namun jika ada waktu luang lagi, penulis akan sempatkan untuk berbagi lagi.

Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dan semua doanya. Semoga rangkaian postingan tentang psikotes ini dapat membantu para pengunjung blog semua meraih cita-cita yang diimpikan.

Salam sukses !!!

Argo Satrio mengatakan...

Amin, terimakasih Adikky, atas doanya <3

Adik juga harus tetap semangat dalam latihan dan mencoba serta pantang menyerah :)
Sesungguhnya dibalik hasil yang manis, terdapat usaha yang keras.

Sukses dik !!!

cut rizqy mengatakan...

trims infonya pak sangat bermanfaat, pak kira2 boleh saya bertanyak tentang penjelasan gambar mana yang anda sukai dan berikan penjelasannya? kira kira penjelasan apakah mengenai bentuk gambarnya atw kerumitan dari gambarnya yang akan harus dijelaskan alasan menyukai gmbr tsb? trims pohon dijawab

Daspapan Yogya mengatakan...

Psikotes sendiri merupakan suatu tahapan yang selalu ada dalam proses seleksi untuk karyawan di perusahaan maupun instansi pemerintah. Tidak jarang, beberapa program beasiswa dan proses perguruan tinggi juga biasanya menagadakan psikotes dalam tahapan seleksinya. Dari hasil psikotes inilah dapat menggambarkan kondisi jiwa dan sesuai atau tidaknya kepribadian calon karyawan dengan jenis pekerjaan dan lingkungan kerja di perusahaannya kelak. Hasil psikotes bersifat kulitatif, artinya laporan hasil tesnya berupa data yang memberikan kesimpulan sesuai atau tidaknya kepribadian anda dengan jenis pekerjaan yang anda lamar. Sebagai contoh, standar hasil psikotes akan berbeda jika anda melamar pekerjaan sebagai engineer di sebuah perusahaan tambang bila dibandingkan dengan saat anda melamar sebagai teller disebuah bank. Bisa saja kulifikasi anda cocok dengan pekerjaan sebagai teller, namun tidak sebagai engineer. Begitu pun sebaliknya.



Lowongan Magang kerja perusahaan jepang gaji 15-25 juta/Bulan
Lowongan Magang Jepang Non IMM Terbaru
Lowongan Kerja magang ke Jepang Gratis
Magang Jepang Depnakertrans
Loker SMA SMK
Lowongan SMK Terbaru
Properti Murah
Foto dan Video Shooting jakarta
Jasa Fotografer Wedding Jakarta
japanese Intership program
Jual Modem murah harga distributor

Heri Setiawan mengatakan...

maaf cerita penggalaman'aq dulu cuma orang biasa sekiranya tak mampu,dan pinjang uang sana sini,dan udah banyak hutang piutan'aq mulai putus asa tp aq usaha cr orang yg bisa bantu,;lht d internet nama kisongo yg bs bantu orang,awal aq takut penipuan'tp aq beranikan diri tlp no 085283152828 aky songo,aq cr panjang lebar dan yakin ama kisongo'ternyatah aq ikuti arahan beliau aq berhassil nmy ritual gandakan uang melalui bantuan ki songo'bg and mau sprt kmi jgn sungkan tlp aja kisongo atau lht webnya aky www.paranormal-kisongo.blogspot.com .trm ksh ky.in lah kisah kmi .

Nur Khamid mengatakan...

thanx ya...

lumpurhitam mengatakan...

Gan tlg kirim ke email saya cara2 15 Menit Pahami Cara Jitu Lolos Psikotes untuk Seleksi Kerja di perusahaan swasta
Efendiwando@in.com

Nadya Sheila mengatakan...

alhamdulilah sangat membantu.. insya allah semoga test psikotest saya lancar dan dimudahkan.. aamiin..

nurulbrekele mengatakan...

Setelah membaca blog Agan mengenai misteri yg terdapat dalam soal2 psikotes, saya merasa psikotes yg pernah saya ikuti kemarin2 buruk. Tapi saat ini seakan mendapat pencerahan, kebetulan besok pagi saya akan mengikuti psikotes lagi, semoga ilmu yg saya dapat malam ini dapat membantu dan memberikan keajaiban kepada saya besok pagi aamiin. Thanks Agan udah mau sharing ilmu dan pengalamannya, sangat membantu. Ditunggu postingan2 selanjutnya :)

agus cowok virgo mengatakan...

Makasih tips nya pak..
Sangat bermanfaat...

MBAH SUSONG mengatakan...

HANYA SEKEDAR IMPOH..Assalamu’alaikum wr.wb saya sekeluarga mau ucapkan terimah kasih banyak kepada (AMBAH SUSONG) telah membantu kami sekeluarga karna jasa jasa (MBAH SUSONG) membuat kami sukses telah memberikan kami angka yang jebol karna dulunya kami banyak hutang dan saya gadaikan motor untuk masang togel tapi tidak kena juga kami bersukur kepada (MBAH SUSONG) karna bantuan (MBAH) membuat kami lunas lunasi hutang kami sekeluarga alhamdulillah skarang bisa membuka usaha dan toko dan bisa saya tebus kembali motor saya yang dulunya saya gadaikan karna dulunya saya tidak percaya sama angka jin begitu ternyata betul betul jebol dan tidak mengecewakan kalau anda mau membuktikan silahkan hub langsung karna saya sudah membuktikan sendiri silahkan hub (MBAH SUSONG) di nmor (085321191688) silahkan buktikan sendiri…!!!

Kilas Kisfatul Azam mengatakan...

mohon dikirim juga kelanjutannya di email saya ya mas cecepjogja@gmail.com.... makasih yamas sebelumnya,,,

Prince Wibowo mengatakan...

Thanks gan, sangat bermanfaat.

Ical Ulil mengatakan...

terimakasih infonya, bermanfaat InsyaAllah

Ahmad Aqsya Jabarti mengatakan...

Iya sama2 mba Eugene

melawaty hafid mengatakan...

Gan cara menjawab tes koran gimana ya biar lolos ? Saya 3hri lgi akan tes psikotes d bank mohon bntuannya. Mksh

melawaty hafid mengatakan...

Gan cara menjawab tes koran gimana ya biar lolos ? Saya 3hri lgi akan tes psikotes d bank mohon bntuannya. Mksh

melawaty hafid mengatakan...

Gan cara menjawab tes koran gimana ya biar lolos ? Saya 3hri lgi akan tes psikotes d bank mohon bntuannya. Mksh

melawaty hafid mengatakan...

Gan cara menjawab tes koran gimana ya biar lolos ? Saya 3hri lgi akan tes psikotes d bank mohon bntuannya. Mksh

Anonim mengatakan...

Sebagai mahasiswa psikologi, dosen saya selalu menekankan bahwa dalam pengerjaan psikotes tidak diperlukan persiapan apa-apa.. Dalam psikotes tidak mengenal istilah benar maupun salah. Hasil yang keluar nanti akan mencerminkan bagaimana diri saudara, dan jabatan apa yang sesuai untuk saudara. Bukan penentu lulus/tidak lulusnya saudara dalam seleksi-seleksi tersebut.

Semoga menjadi pencerahan dan tidak menjadi salah pengertian bagi rekan-rekan yang akan menjalani psikotes.

Salam.

Tips Lulus Psikotes mengatakan...

Mau tau cara mendapatkan uang menggunakan internet, berikut ini panduan: cara mendapatkan uang dari interntet dengan bisnis affiliasi

Beberpa tips agar lulus psikotes adalah dengan mempelajari contoh-contoh soal psikotes, diantaranya:
Contoh Soal Psikotes Bank-BUMN-Swasta
Contoh Soal Psikotes Gambar
Contoh Soal Psikotes Pauli
Soal Psikotes dan Wawancara Kerja
Contoh soal psikotes spasial
Soal Psikotes Tes IQ Teki Teki

Jika anda ingin segera memperoleh momongan sebaiknya anda memahami Cara cepat hamil dan tips cepat hamil. Anda akan di bantu oleh dokter spesialis kandungan ternama yaitu dr. Rosdiana Ramli SpOG. Beliau telah banyak membimbing orang2 agar segera memperoleh momongan.

Atau jika tertarik ingin meningkatkan pengunjung blog , kami menyediakan sejumlah backlink berkualitas, temukan di link ini: Jual Backlink PR 50 ribu. Ada juga yang gratisan tidak perlu bayar yaitu: Daftar blog dofollow auto approve terbaru.

Selamat mencoba semoga sukses.

ayu mardiani mengatakan...

makasih infonya nih, sangat bermanfaat bagi saya ^^
makasi banyak ya? ^^

EXPO CPNS BUMN mengatakan...

Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN

Burhani Yusuf mengatakan...

Pak bagaimana untuk mengerjakan test seri atau deret..
email yusuf.burhani@yahoo.com
terimakasih

Yasan Nissanpku mengatakan...

Sangat bermanfaat tks bro...yg lain tips nya mana bro....?

EXPO CPNS BUMN mengatakan...

Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN Terbaru

Na2nQ Q'u Loch mengatakan...

Kirimin juga dong cara pahami tes palulin na2nq99@gmail.com

Mentari Cahya Nisa mengatakan...

minta bantuannya pak kirim juga ke mentari.cha@gmail.com. makasiiiiih banyaak

limulan14 mengatakan...

Kalau dalam wartegg test tidak semua pola diteruskan menjadi gambar karena keterbatasan waktu apakah hal itu akan berpengaruh pada penilaian? Barangkali butuh email saya: oktika14@gmail.com. Terima kasih atas jawabannya :)

Putra Bdt mengatakan...

Sangat bermanfaat,thanks

Putri Yuliasari mengatakan...

trimakasih atas infonya :) sangat bermanfaat ! lanjutkan!!

Prince Wibowo mengatakan...

Thanks gan infonya lyrics by song

Vhan Hermawan mengatakan...

Mas Terima kasih banyak sangat membantu, maaf saya bisa dikirimkan soal-soalnya karena sy tdk bisa download vhan_hermawan@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Psikotes itu intinya jadilah diri sendiri��

Anonim mengatakan...

Mohon maaf buat admin, semua paparan mengenai alat tes psikologi yang anda jelaskan sama sekali tidak sesuai dengan apa yang telah saya pahami bertahun2 mengenai psikotes, sebaiknya jangan anda teruskan, karena akan malah membuat kesesatan dalam pemahaman seseorang awam mengenai psikotes, semua penjelasan itu malah bertolakbelakang dengan harafiah tesnya.. Sebaiknya sesuai tagline anda, sebaiknya memberikan ilmu atau tulisan yang bermanfaat berisi untuk mengisi waktu luang yang bermanfaat, jangan menjadi banyak menjerumuskan.. maaf sekali lagi, hal ini bukan ingin menyerang admin, hanya sekedar mengingatkan atas dasar prngetahuan dan keilmuan, demi kemajuan bersama.. sukses buat anda semua:)

Kiky mirawati al arqom mengatakan...

Sangat bermanfaat .
Ditunggu tahap yg ke 3 ya kak .
kikymirawati@gmail.com

Unknown mengatakan...

Untuk test koran,
Karna sudah tau jarak waktu yg diberikan dalam mengerjakannya, saya coba melakukan penjumlahan dua baris sekaligus pada tahap selanjutnya setelah perintah garis pertama.
Mengingat cara ini lebih menghemat waktu karna harus bolak balik dari atas kebawah.
Tetapi akhir dari sesi ini selalu sulit untuk saya tebak sehingga saya asik saja mengerjakan sekaligus dalam dua baris ke bawah. Akhirnya ketika pada aba" garis terakhir biasanya petugasnya memberikan wktu beberapa detik utk melanjutkan testnya dan memberikan aba" berhenti. Lalu yang jadi masalah adalah pada akhir pengerjaan saya terlihat dua baris sekaligus yang kosong ke bawah. Sementara untuk setiap garis sudah saya optimalkan membentuk grafik yang bagus.

Pertanyaan saya apakah ini mempengaruhi hasil penilaiannya bang. Mohon pencerahannya bang. Terimakasih

Drajat sukamto azat Azat mengatakan...

Tanks min kebetulan bsk saya ada tes psikotes ini sangat bermanfaat bagi saya

Septi Sara mengatakan...

leonardoseptian99@yahoo.co.id

Septi Sara mengatakan...

leonardoseptian99@yahoo.co.id

afis mengatakan...

kalo bisa jangan dipisah-pisah min, jadi gak pake part
btw thanks infonya

Agen Poker Online mengatakan...

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya Gan...!!

KONTES SEO July 2016
Poker Online
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya
Poker uang Asli

Agen poker Online mengatakan...

Thanks y gan buat sharingnya

BandarQ Online mengatakan...

KONTES SEO Juni 2016
Bandarq Online
Poker Online
Dewapokerqq

Agen Poker online mengatakan...

bagus artikelnya gan...

Wiwin mengatakan...

Bagus artikel.a tolong aq d kirimin kelanjutan.a yah
Terima kasih sebelum.a mas

Wiwin mengatakan...

Oh iya email ku
Wiwinwina997@gmail.com
D tunggu yah terima kasih

Wiwin mengatakan...

Oh iya email ku
Wiwinwina997@gmail.com
D tunggu yah terima kasih

Wiwin mengatakan...

Bagus artikel.a tolong aq d kirimin kelanjutan.a yah
Terima kasih sebelum.a mas

agen poker mengatakan...

bagus artikelnya gan.....

Poker Online mengatakan...

bagus artikelnya gan....

agen poker mengatakan...

thanx infonya gan......

Agen Casino Sbobet mengatakan...

Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

eri widodo mengatakan...

bagus, rinci karena aa keterangannya. saya simpen buat saya pelajari. Makasih.

Judi Togel mengatakan...

Update terus gan dan sukses selalu

Poker Uang Asli mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

Bioskop Online mengatakan...

Terima kasih Atas Informasinya

fadli kurniawan mengatakan...

izin admin mau bertanya,cara menggambarnya boleh diarsir yaa?terima kasi sebelumnya

yunita farmasisatua mengatakan...

Telat liat Ni blog 😂, kemarin dapet soal persis banget 😂btw thanks yak

yunita farmasisatua mengatakan...

Telat liat Ni blog 😂, kemarin dapet soal persis banget 😂btw thanks yak

Dewi Aja mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

poker uang asli mengatakan...

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya Gan...!!

Poker Online
Agen Poker Online
PokerV
Poker uang Asli

agen poker online mengatakan...

The information is very useful and useful, awaited your next article

Domino 99
Bandarq Online
Agen poker online
Agen poker terbaik

marwan mengatakan...

agen bola terpercaya
judi bola online
pasang bola
pasang bola

pokervqq mengatakan...

The information is very useful and useful, awaited your next article

Domino 99
Bandarq Online
Agen poker online
Agen poker terbaik

Prediksi Togel mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
bandarq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Black Current mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
pokervqq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
winda putri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
dominoqq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Nonton Bokep Terbaru mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
winda putri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
sonia putri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Supriadi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Judi Togel mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
agen poker online mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Dewa Poker mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
nawan mengatakan...

Banyak orang menganggap bahwa mereka tidak mendapatkan kesempatan atau pun peluang untuk maju dan sukses. Namun sebenarnya bila Anda sadari, peluang adalah sesuatu yang datangnya dari diri Anda sendiri. Jangan menunggu peluang datang pada Anda, tapi katakan dan yakinkan diri Anda untuk menciptakan peluang tersebut prediksi bola malam ini m

Jaguarqq mengatakan...

JaguarQQ Agen Judi Poker online dan Agen Domino 99 Terpercaya di Indonesia
Kini hadir permainan Real Money yang bisa memberikan anda kemenangan
Hanya dengan 1 USER ID anda dapat memainkan 8 permainan yang kami sediakan , diantaranya :
- Poker
- Bandar Poker
- DominoQQ
- AduQ
- Capsa Susun
- BandarQ
- Sakong
- Bandar66 (new)

Promo yang sedang berlaku saat ini :
- Bonus Cashback sebesar 0,5% (dibagikan setiap hari jumat)
- Bonus Refferal sebesar 20% (seumur hidup)

Hanya dengan Minimal Deposit & Withdraw sebesar Rp.15.000,-
Anda sudah memiliki kesempatan untuk menang hingga jutaan rupiah
Mari daftar dan bergabung bersama kami situs judi Terpercaya dan Tanpa Robot (100% Player VS player)

Untuk info lebih lanjut bisa hubungi kami langsung melalui
Live chat jaguarqq : https://www.jaguar99.com/
Pin BBM : 2AE76E22
Telepon / WA : 081319506846
LINE : Csjaguarqq
YM : Cs.jaguarqq
Link Alternatif :
www.jaguar99.com
www.jaguar99.net
www.jaguar99.org
www.jaguar99.info

nawan mengatakan...

selamat menyaksihkan club club dunia bermain di piala dunia 2018 ini ini bakal menjadi yang sangat menyenangkan buat semuah parah pecinta dunia sepak bola.dadu online m

nawan mengatakan...

PROSES DEPO & WD TERCEPAT,dan kami juga memiliki semuah bank lokal indonesia jadi anda tidak perlu takut lagi min;D piala dunia m

daftar agen poker mengatakan...

Daftar Situs Domino
Daftar Akun PRO
ENJOYDOMINO.COM AGEN BANDARQ,

DOMINO99, DOMINOQQ, POKER ONLINE, BANDARQ ONLINE TERPERCAYA

Situs Poker Online Terpercaya 2018

Situs BandarQ

Online Terpercaya 2018

Situs Poker Bank online 24jam

Daftar Situs Judi Poker Gampang Menang

Situs Poker Online Indonesia Terpopuler Tahun 2018

shelly liu mengatakan...

agen bandarq
situs bandarq
situs domino99
situs judi poker
Daftar Situs Domino
kumpulan situs poker
Kumpulan Situs Poker
Nonton movie online
Nonton Bokep Online
Cerita Dewasa

Universitas Psikologi mengatakan...

Belajar atau kuliah online psikologi di Universitas Psikologi . Semoga bermanfaat.

Artikel Psikologi Terbaru:
- Teori Motivasi dan Motivasi Belajar
- Pemecahan Masalah dan Strategi Belajar.


Tante Siska mengatakan...

It’s remarkable to pay a quick visit this web page and reading the views of all colleagues on the topic
of this piece of writing, while I am also keen of getting experience.
Poker Uang Asli
Daftar Situs Poker Online
Situs Judi Online Terpercaya
Situs BandarQ
Situs Domino QQ
http://www.daftarsituspkr.com

Kezia Ratuliu mengatakan...

Cerita Dewasa
Cerita Seks
Cerita Sex

Kumpulan Film Semi
Bokep Terbaru
Semi Jav

Cerita Dewasa – Nafsu Melihat Wanita Berjilbab Yang Berdada Besar
Cerita Dewasa – Bercinta Dengan Mbak Ririn Istri Seorang Pejabat
Cerita Dewasa – Goyang Bareng Istri Dan Adik Ipar Di Dalam Kantor

FILM SEMI – TWO MOTHERS (2017)
FILM SEMI – TUTOR SECRET LESSON ON TASTY SEX (2017)
FILM SEMI – TSUKUSHI’S EROTIC STORY (2012)

Posting Komentar

Pengunjung blogku yang terhormat,
Sebagai pengunjung yang baik, tidak salahnya anda memberikan kritik, saran maupun opini yang bersifat membangun, untuk kebaikan di masa yang akan datang.
atas perhatiannya dan komentarnya saya ucapkan, terima kasih....